Beranda Kecantikan 10 Manfaat Istimewa Ini Bikin Ketagihan Makan Mangga Setiap Hari

10 Manfaat Istimewa Ini Bikin Ketagihan Makan Mangga Setiap Hari

Buah mangga
Buah mangga

Siapa yang tidak suka mangga? Sepertinya semua orang menyukai buah yang satu ini. Rasanya yang manis khas membuat mangga menjadi buah yang paling banyak diminati. Namun selain rasanya, buah ini juga memiliki begitu banyak manfaat kesehatan.

Dari mulai penurunan berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh hingga manfaat yang berkaitan dengan kecantikan semua ada dalam buah mangga. Mengetahui manfaat sesungguhnya mangga bisa bikin kita ketagihan untuk mengonsumsinya secara tertur setiap hari.

Fakta nutrisi buah mangga

Satu cangkir buah mangga atau sekitar 225 gram, mengandung persentase nutrisi harian tubuh sebagai berikut:

  • 105 kalori
  • 76 persen vitamin C
  • 25 persen vitamin A
  • 11 persen vitamin B6 ditambah vitamin B lainnya
  • 9 persen serat probiotik sehat
  • Copper 9 persen
  • 7 persen kalium
  • 4 persen magnesium

Manfaat Kesehatan Buah Mangga

Meningkatkan Kesehatan Mata

Mangga kaya akan vitamin A, yang dikenal bisa membantu meningkatkan penglihatan secara keseluruhan. Vitamin-A juga membantu meringankan gejala mata kering dan bahkan mengurangi efek peradangan yang ditimbulkannya.

Mengobati Anemia

Daging mangga matang diketahui dapat membantu meningkatkan jumlah hemoglobin, terutama ketika dikonsumsi bersamaan susu manis. Karena itu sangat bermanfaat dalam pengobatan anemia.

Pencegahan Kanker

Mangga kaya akan antioksidan seperti isoquercitrin, quercetin, fisetin, vastragalin, methylgallat dan asam galat. Kesemua zat tersebut dapat membantu melindungi tubuh terhadap risiko kanker payudara, usus besar, leukemia, dan prostat.

Penurunan berat badan

Mangga mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang dapat membantu tubuh merasa lebih kenyang. Juga bisa meningkatkan fungsi pencernaan tubuh, dengan membakar kalori tambahan, sehingga membantu mempercepat penurunan berat badan.

Meningkatkan Kesehatan Gigi & Gusi

Menggunakan kulit pohon mangga sebagai campuran berkumur diyakini bisa membantu mengurangi kerusakan gigi, halitosis dan perdarahan. Anda juga dapat menggiling biji mangga menjadi pasta, dan gosokkan dengan lembut ke gusi Anda untuk mengurangi efek pendarahan.

Menjaga Tingkat Kolesterol Sehat

Tingginya kadar pektin, vitamin C dan serat dalam mangga, membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain juga merupakan sumber kalium, yang dianggap sebagai komponen penting dari sel dan cairan tubuh, membantu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Enzim yang terdapat pada buah mangga bermanfaat dalam membantu memecah protein. Sifatnya yang berserat, juga membantu melancarkan pencernaan dan sistem pembuangan. Mangga penuh akan serat makanan pra-biotik, mineral dan vitamin.

Pembersih kulit

Mangga juga bisa membantu menjaga wajah tetap segar dan tidak tersumbatnya pori-pori. Iris sepotong mangga menjadi potongan-potongan tipis dan tempelkan di wajah selama 10-15 menit. Lalu cuci muka untuk melihat hasilnya.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Kombinasi vitamin A, vitamin C, dan 25 jenis karoten yang berbeda dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat dan kuat.

Sumber Alkali Tubuh

Mangga kaya akan asam malat, asam tartarat dan beberapa asam sitrat yang sebagian besar bermanfaat dalam membantu menjaga cadangan alkali tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here