Beranda Sejarah 10 Orang Paling Berpengaruh yang Telah Mengubah Sejarah Dunia

10 Orang Paling Berpengaruh yang Telah Mengubah Sejarah Dunia

Sejarah adalah pembelajaran tentang masa lalu, terkait dengan orang-orang, masyarakat, peristiwa dan masalah-masalah yang pernah terjadi di masa lalu. Beberapa sejarah tersebut bahkan dampaknya masih terus kita rasakan hingga masa kini.

Sejarah mengajarkan kepada kita apa artinya menjadi manusia, menyoroti pencapaian besar maupun kesalahan besar yang dilakukan oleh umat manusia.

Meski mereka telah lama tiada, beberapa orang di bawah ini namanya masih sering kita dengar dalam kehidupan saat ini. Mereka adalah orang-orang paling berpengaruh yang telah mengubah sejarah dunia. Berikut kami rangkum 10 diantaranya:

10. Adolf Hitler: 1889-1945

Adolf Hitler
Adolf Hitler

Hitler adalah seorang veteran Perang Dunia I yang merasa sangat dikecewakan oleh para pemimpin negaranya yang, menurut pendapat banyak orang di kalangan tentara Jerman, mereka telah menerima perjanjian gencatan senjata yang (menurutnya) sangat memalukan pada tahun 1918. Akibatnya, Jerman menjadi terbebani dengan biaya perbaikan yang tidak mungkin mereka bayarkan, sebesar 269 Reichmarks atau 11 miliar poundsterling.

Menjelang akhir perang, gelombang pemogokan buruh melumpuhkan pabrik amunisi di seluruh pelosok negeri. Dalam pikiran Hitler, aksi pemogokan ini bisa jadi kesempatan untuk merebut kekalahan yang pernah mereka alami. Kemarahannya tidak ditujukan pada pekerja secara umum, tetapi Sosialis Yahudi Marxis, yang ia yakini paling bertanggung jawab atas kekalahan Jerman.

Setelah Perjanjian Versailles terlihat Jerman justru semakin terjerumus ke dalam depresi ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya, hiperinflasi menghantam ekonomi Jerman secara keseluruhan. Weimar yang menjadi pusat pemerintahan Jerman pada waktu itu lemah, banyak termasuk partai Nazi yang masih muda, Hitler, mencoba menggulingkan pemerintahannya.

Karena aksinya itu, Hitler dijebloskan ke penjara, dan selama masa penahanannya, kebenciannya terhadap orang Yahudi dan Bolshevik semakin menggebu-gebu. Dia percaya bahwa para bankir Yahudi bertanggung jawab atas meningkatnya kekuatan kapitalis, melalui peminjaman uang dan pembebanan bunga yang tidak masuk akal.

Akhirnya, Hitler menjadi terobsesi dengan gagasan pemikiran untuk mengembalikan semua kehidupan di bumi ke semacam tatanan alam yang seharusnya. Dia berusaha menciptakan kembali ras manusia yang seharusnya memiliki rambut pirang dan mata biru. Gagasan mengerikan ini memicu perang global kedua yang merangsang kemajuan teknologi modern, terutama energi nuklir dan teknologi roket.

Jadi secara tidak langsung kita bisa bayangkan bahwa perang global Hitler telah membantu mempercepat permulaan perlombaan antariksa, dan juga pengembangan komputer canggih, ditambah pertanian industri yang turut serta mengubah dunia. Jadi, meskipun terkenal sangat kejam, Hitler sebenarnya ikut ambil bagian dalam mengubah sejarah dunia.

9. Karl Marx: 1818-1883

Karl Marx
Karl Marx

Karl Marx, filsuf Jerman Yahudi dan ahli teori ekonomi, menulis Manifesto yang sangat terkenal pada masa ketika pemberontakan beruntun melumpuhkan Eropa selama pertengahan abad ke-19. Penyebabnya jelas bagi Marx; dia menyatakan bahwa sejarah manusia adalah serangkaian perjuangan terus-menerus antara kaya dan miskin.

Sebagai hasil dari industrialisasi, pergulatan tersebut terjadi antara pengusaha kapitalis yang tamak dan pekerja pabrik yang miskin. Namun ideologi kapitalis yang mendorong pertumbuhan Eropa dan Amerika pada masa itu justru tengah terhuyung-huyung di tepi kehancuran. Marx dengan yakin menyatakan bahwa kapitalisme hampir runtuh, akibatnya akan menelurkan perkembangan tatanan sosial baru di seluruh dunia, sebuah dunia di mana massa dipandang setara dan memberikan semua kebebasan yang sama dengan elit.

Manifesto Komunis Marx mengilhami para pemimpin revolusioner di seluruh dunia, dari Lenin ke Mao hingga Castro, dan tentu saja menyebabkan berbagai pergolakan ideologis antara peradaban modern. Bahkan hari ini, semua debat yang kita lihat dan dengar yang berhubungan dengan globalisasi, kemiskinan, ketimpangan, kerusakan lingkungan, obsesi dengan konsumerisme semuanya mengarah langsung dari pertempuran ide yang berasal dari Karl Marx.

Di satu sisi Anda memiliki jiwa kapitalis yang masih terus mengejar untung secara membabi buta, dengan hanya sedikit memperhatikan kebrutalan dan moralitas yang ada. Di lain sisi, Anda masih memiliki pertimbangan atau penganjur dari sebagian gagasan yang awalnya ditetapkan oleh Karl Marx.

8. Charles Darwin: 1809-1882

Charles Darwin
Charles Darwin di usia 45 tahun

Charles Darwin, salah satu nama paling kesohor dalam sains, juga merupakan seorang pria yang selamanya mengubah cara kita memandang diri sendiri dan semua kehidupan lain di Bumi. Pada sebagian besar sejarah manusia, ketika mencoba menjelaskan sejarah dunia, kita kebanyakan akan merujuk pada teks-teks agama yang memberi tahu kita dengan jelas bahwa manusia diciptakan oleh beberapa makhluk gaib (dari luar bumi) dan dihidupkan di dunia kita saat ini. Tidak jauh berbeda, Darwin pun sebenarnya juga merupakan orang yang sangat taat dengan agamanya (Kristen).

Tetapi kepercayaan itu kemudian mulai berangsur-angsur pudar tatkala ia melakukan pelayaran yang umum dikenal dengan voyage in the Beagle. Dia mengamati fosil-fosil sloth tanah mati yang ada di sepanjang Amerika Selatan. Upaya ini kemudian menghilangkan mitos bahwa tidak ada binatang yang punah secara alami.

Dia juga mengamati adanya burung-burung yang tak bisa terbang, mempelajari berbagai variasi bulu dan perilaku yang tidak biasa sesuai dengan tempat tinggal mereka. Bagian paling terkenal dari pelayarannya adalah singgahnya di Kepulauan Galapagos, di mana ia mengamati ada segerombolan burung Finch yang luar biasa, masing-masing memiliki paruh berbeda yang cocok untuk tugas yang berbeda pula.

Butuh waktu sekitar dua puluh tahun bagi Darwin sebelum dia cukup percaya diri untuk menerbitkan ide-idenya, dan itupun awalnya didorong oleh berita bahwa temannya Alfred Russell Wallace secara kebetulan menemukan ide yang sama seperti Darwin ketika berada di hutan Asia. Teori evolusi melalui seleksi alam menyatakan bahwa spesies sering punah, dan juga memberikan bukti yang hampir tidak terbantahkan bahwa Bumi telah berusia miliaran tahun.

Termasuk teori bahwa setiap makhluk hidup diturunkan dari nenek moyang yang sama. Mungkin, yang paling mengejutkan bagi masyarakat Victoria pada waktu itu adalah terkait gagasan bahwa manusia memiliki nenek moyang yang sama dengan simpanse, sehingga menghilangkan mitos bahwa manusia entah bagaimana telah melenceng dari prosesi alam.

7. Friedrich Wohler: 1800-1882

Friedrich Wohler
Friedrich Wohler

Pada tahun 1828, sesuatu yang sangat luar biasa terjadi. Seorang ilmuwan Jerman bernama Friedrich Wohler menemukan bahwa bahan kimia yang dihasilkan oleh kehidupan itu sendiri dapat diciptakan kembali secara buatan di laboratorium. Dia melakukannya sambil mencoba meramu amonia sianat, tetapi secara tidak sengaja dia berhasil mensintesis sesuatu yang lain sepenuhnya.

Sampai saat itu, orang-orang percaya bahwa semacam kekuatan fundamental memisahkan benda hidup dan benda mati. Penciptaan buatan bahan kimia alam, seperti urea, dari zat mati di laboratorium dianggap sama sekali mustahil pada masa itu.

Penemuan Wohler melahirkan front kedua dalam pengetahuan manusia tentang cara menggunakan bahan yang sama dengan alam, tetapi dengan caranya sendiri. Tanah liat pemodelan kehidupan dibangun menggunakan karbon dan hidrogen yang dapat bergabung dengan jejak unsur-unsur lain serta oksigen dalam berbagai rantai, ikal, dan cincin yang hampir tak terbatas untuk menghasilkan beragam benda hidup.

Salah satu sumber terkaya semacam itu adalah minyak mentah. Penemuan Wohler yang menakjubkan tersebut memberikan petunjuk bagi manusia untuk belajar bagaimana membuat model dengan tanah liat kehidupan yang sama. Tentu saja kita belum mampu menciptakan kehidupan yang sebenarnya. Tapi kita saat ini sudah memiliki kemampuan untuk mensintesis bahan-bahan baru, berguna tetapi sama sekali tidak alami.

Penemuan ini akhirnya mengarah pada konsep kimia organik, yang darinya memperoleh hampir segala sesuatu yang memungkinkan adanya dunia modern kita saat ini, mulai dari plastik, obat-obatan sintetis, bahan peledak dan pupuk buatan.

6. Richard Trevithick: 1771-1833

Richard Trevithick
Richard Trevithick

Pada tahun 1801, penemu Cornish, Richard Trevithick, menaikkan tekanan pada mesin uap ‘Puffing Devil’ miliknya, menciptakan uap bertekanan tinggi. Hal ini merupakan momen yang sangat penting dalam sejarah manusia. Untuk pertama kalinya seseorang menciptakan mesin yang tidak bergantung pada kekuatan Bumi sama sekali. Uap tersebut berarti bahwa mesin dapat dipasang miring di trek dan dibuat untuk menarik kereta hanya dengan menggunakan bahan baku yang kaya energi dari bumi itu sendiri (batubara, minyak dan gas alam).

Dengan hanya membakar kayu atau batu bara di atmosfer beroksigen, air dapat dipanaskan dalam ketel bertekanan tinggi untuk menghasilkan sumber daya portabel yang sepenuhnya independen. Sejak saat ini, manusia menjadikan kekuatan sejati alam, bersaing dengan alam itu sendiri untuk sumber daya bumi yang terbatas. Padahal, sementara alam menggunakan sumber daya ini untuk membuat, mempertahankan, mendaur ulang, dan berkembang. Manusia sekarang mengeksploitasinya untuk mempertahankan gaya hidup mereka dan terus meningkatkan jumlahnya jauh di luar batas alami.

5. Hernan Cortes: 1485-1547

Hernan Cortes
Hernan Cortes

Pada musim semi 1519, seorang tentara bayaran dan penakluk Spanyol bernama Hernan Cortes mendarat di Semenanjung Yucatan, Meksiko dengan sebelas kapal, membawa sekitar 110 pelaut, 530 tentara, seorang dokter, seorang tukang kayu, beberapa wanita dan beberapa budak.

Dia sebenarnya menolak perintah dari gubernur Spanyol Kuba agar meninggalkan misinya. Gubernur mengetahui ambisi Cortes dan mencoba untuk mencabut komisinya sesaat sebelum ia pergi. Tetapi gagal dan Cortes mendarat di Dunia Baru dengan ambisi penaklukan atas nama Raja Spanyol.

Pada saat kedatangannya, tanah yang sekarang kita sebut Meksiko diperintah oleh Kekaisaran Aztec yang pada periode berikutnya diperintah oleh seorang raja bernama Moctezuma, yang terkenal karena keramahannya. Istana-nya memiliki lebih dari 100 kamar tidur, masing-masing dengan kamar mandi en-suite. Lahannya berisi kebun binatang, kebun raya yang menakjubkan, dan bahkan akuarium.

Hanya dalam 18 bulan setelah kedatangan Cortes, kota besar yang merupakan kunci bagi seluruh Kekaisaran Aztec ada di tangan Spanyol. Meskipun awalnya menyambut orang-orang Spanyol sebagai tamu, Kaisar Aztec segera menyadari dirinya sebagai tawanan di dalam istananya sendiri. Orang Spanyol dengan cepat mulai mengosongkan istana harta dan membantai ratusan, atau mungkin sudah ribuan penduduk setempat.

Cortes sendiri mengambil sedikit bagian dalam perampasan istana, karena ia dipaksa pergi untuk melawan pasukan Spanyol yang dikirim oleh gubernur Kuba untuk menangkapnya karena penentangan sebelumnya. Cortes berhasil membujuk banyak pasukan untuk pindah pihak dengan mengiming-imingi harta kekayaan dan kemewahan. Tetapi di antara pasukan yang menangkapnya adalah seorang budak Afrika yang membawa penyakit cacar.

Penyakit yang sangat menular ini sudah sangat akrab bagi orang Eropa, tetapi tidak ada yang separah yang pernah muncul di Amerika, ditambah penduduk asli Amerika belum memiliki obat yang dibutuhkannya. Tidak mengherankan, dalam satu tahun kemunculannya, lebih dari 40 persen suku Aztec meninggal. Selama berabad-abad berikutnya, penduduk pribumi bahkan sudah berkurang hingga 90 persen dari jumlah 500 juta sebelum kedatangan Columbus. Tindakan Hernan Cortes dan orang-orang sezaman seperti Francisco Pizarro, yang memusnahkan Kekaisaran Inca, menghasilkan penaklukan yang paling dahsyat dalam semua sejarah manusia.

4. Muhammad: 570-632 M

Muhammad SAW
Muhammad SAW

Muhammad adalah salah satu nama yang paling langsung dikenal dalam sejarah dunia. Dia adalah seorang nabi dan pemimpin agama Islam, sebuah agama yang telah membantu mengubah arah sejarah manusia dan alam. Sekitar 1400 tahun yang lalu, pedagang ini yang berasal dari kota Arab Mekah mengalami serangkaian visi di mana ia melihat Malaikat Jibril mengungkapkan kata-kata Tuhan (Allah) yang paling benar dan terakhir. Keluarga dan pengikutnya kemudian menulis wahyu-wahyu ini dalam serangkaian ayat yang disebut Alquran. Saat ini, ada lebih dari satu miliar Muslim di dunia, menjadikannya agama paling populer kedua setelah agama Kristen.

Selama masa hidupnya, Muhammad membangun komunitas pengikut yang setia, meskipun orang-orang Yahudi dengan keras kepala menolak untuk berpisah dengan tradisi dan kitab mereka sendiri. Mereka dengan tetap sangat skeptis menentang akan kemungkinan adanya nabi dari kalangan non-Yahudi.

Meski begitu, Islam justru semakin berkembang dengan sangat pesat luar biasa, dalam satu abad setelah nabi Muhammad wafat, pesannya yang sederhana dan kuat telah menembus kalbu seluruh Timur Tengah. Pada 651 M, Islam telah menjadi agama Kekaisaran Persia Sassaniyah yang sebelumnya kolot dengan kepercayaan lamanya. Tak berapa lama juga telah mencapai bagian utara yang sekarang kita kenal dengan negara Pakistan.

Lebih jauh lagi ke barat, pasukan Muslim menaklukkan Afrika Utara dan Spanyol, namun tidak berhasil menakliukkan Eropa Barat setelah pada 732 M dikalahkan oleh penguasa Frank Charles Martel di Poitiers. Warisan terbesar Islam adalah kebangkitan dan penyebaran kerajaan politik dan perdagangan yang tersebar di sebagian besar wilayah Eurasia yang pada akhirnya membantu menghubungkan budaya Timur dan Barat.

3. Yesus Kristus: 2 SM- 36 M

Lukisan Yesus Kristus
Lukisan Yesus Kristus

Dari satu raksasa agama ke raksasa lainnya; Yesus Kristus adalah putra seorang tukang kayu Yahudi, yang atas kuasa-kuasa ajaibnya membantu meyakinkan para pengikutnya bahwa ia adalah putra Allah. Dia adalah orang sangat karismatik yang menyampaikan setiap pesannya dengan sederhana dan penuh cinta damai. Cintailah sesamamu seperti dirimu sendiri.

Jika seseorang memukul pipi Anda, janganlah balas memukul tetapi tawarkan solusi lain yang lebih cinta damai. Jangan menyembah berhala palsu seperti uang atau harta benda, dan di atas semua itu, rendah hatilah karena suatu hari orang yang lemah lembut akan mewarisi kekayaan Bumi. Hebatnya, Yesus hanya diketahui pernah kehilangan emosinya sekali, di Kuil Yerusalem, di waktu pasar didirikan bagi para pedagang untuk mendapatkan keuntungan.

Para pengikutnya melihat dia melakukan mukjizat yang tidak dapat dipercaya dan dengan cepat menganggapnya sebagai inkarnasi Tuhan di bumi, yang telah dinubuatkan oleh Yesaya dan yang lainnya dalam Torah Yahudi. Namun, ini segera menimbulkan kekhawatiran di kalangan orang Yahudi sendiri karena diyakini bahwa hanya orang Israel lah yang berhak sebagai umat Allah. Namun, di sini ada seorang lelaki, yang para pengikutnya sudah menyatakan bahwa dia adalah Raja orang Yahudi. Di sini ada seorang pria yang menawarkan keselamatan kekal kepada siapa pun dan semua orang tanpa memandang warna kulit, keyakinan atau ras mereka.

Akhirnya Yesus diserahkan kepada gubernur Romawi Pontius Pilatus sebagai seorang bidat yang mengutuknya mati dengan cara disalibkan seperti penjahat biasa. Namun, tindakan menyalibkan Yesus hanya berfungsi untuk menguatkan pesan dan gambarnya. Tiga hari kemudian, tubuhnya menghilang secara misterius dari kuburan tempat ia dipenjara. Para pengikutnya menulis tentang peristiwa ini, menyebutnya sebagai Kebangkitan dan percaya itu adalah rencana ilahi untuk menyebarkan kabar baik tentang putra Tuhan yang turun ke Bumi. Wafat di kayu salib sehingga semua orang yang percaya kepadanya bisa memiliki kehidupan abadi.

Warisan Yesus Kristus adalah pengembangan agama Kristen sebagai agama terbesar di dunia, dengan lebih dari dua miliar mengaku mempraktikkannya. Penyebarannya tidak secepat Islam, tetapi dalam tiga abad setelah sepeninggalnya, Kekaisaran Romawi telah mengadopsinya sebagai sebuah kredo negara.

2. Ashoka: 304-232 SM

Patung Ashoka
Patung Ashoka

Ashoka, Raja India yang agung memulai pemerintahannya sebagai penguasa yang bengis dan kejam, mengendalikan Kekaisarannya melalui ancaman kekuatan. Memang dari namanya sendiri sebenarnya berarti ‘tanpa kesedihan’ dalam bahasa Sansekerta. Tetapi setelah salah satu perang paling berdarah pada saat itu, ia kemudian mengalami penyesalan dan pertobatan yang mendalam.

Perang Kalinga berakhir dengan Pertempuran Kalinga yang begitu terkenal sampai menewaskan lebih dari 100.000 orang di medan perang. Sehari kemudian, Ashoka berjalan melintasi kota di mana, sejauh matanya bisa melihat, satu-satunya pemandangan hanya ada rumah yang terbakar, kuda mati dan bangkai manusia berserakan. Pada saat itu, dia menjerit, berkata, “Apa yang telah saya lakukan?” Berkali-kali.

Sejak saat itu, Ashoka mengabdikan hidupnya dan pemerintahannya dengan tanpa kekerasan. Dia menjadi penganut agama Buddha yang taat dan selama dua puluh tahun ke depan mengabdikan dirinya untuk menyebarkan pesan agamanya.

Tahanan dibebaskan dan diberikan tanah mereka kembali, pembantaian hewan yang tidak perlu dilarang seperti berburu sebagai olahraga. Merek binatang juga dilarang dan vegetarian didorong sebagai kebijakan resmi. Ashoka membangun rumah peristirahatan untuk pelancong dan peziarah, universitas sehingga orang bisa menjadi lebih berpendidikan dan rumah sakit untuk orang serta hewan di seluruh India. Ashoka adalah penguasa pertama dalam sejarah yang menempatkan hewan dan hak asasi manusia setara.

1. Hammurabi: 1810-1750 SM

Kode hukum Babel dibuat oleh Hammurabi pada tablet tanah liat
Kode hukum Babel dibuat oleh Hammurabi pada tablet tanah liat

Hammurabi, Raja Babel yang terkenal menetapkan kode hukum yang membantu mengubah dan menstabilkan kotanya menjadi yang paling kuat dari semua Mesopotamia. Salinan kode 282 hukumnya secara jelas ditampilkan pada lempengan batu setinggi delapan kaki di pusat kota, sehingga semua orang bisa melihatnya, ketidaktahuan akan hukum tidak pernah diterima sebagai alasan, prinsip ini tetap hidup di kebanyakan masyarakat saat ini. Hammurabi membuat hukum dipahat menjadi batu sehingga tidak dapat diubah dan dibolak-balikkan.

Hukum Hammurabi disalin oleh peradaban lain dan mereka menetapkan beberapa prinsip penting yang masih menjadi landasan keadilan di banyak bagian dunia. Misalnya, mereka menetapkan prinsip bahwa seseorang tidak bersalah sampai benar-benar terbukti bersalah. Tetapi untuk menjaga tata tertib yang benar, undang-undang ini harus keras, misalnya: “Jika seseorang memata-matai orang lain, matanya juga harus dimasukkan”. Salah satu undang-undangnya yang bikin keder para dokter adalah sebagai berikut: ‘Jika seorang pasien meninggal dalam atau setelah operasi, tangan dokter akan terputus’.

Tentu saja, hukum tidaklah berguna jika tidak ada yang bisa membacanya. Jadi agar aturan tersebut mendapatkan efektivitas, penekanan kuat diberikan pada pendidikan. Sebagian besar kota Mesopotamia memiliki perpustakaan umum. Baik pria maupun wanita didorong untuk belajar membaca dan menulis. Namun, zaman keemasan Babel tidak bertahan lama, orang-orang segera mengetahui bahwa menjalani kehidupan di tempat yang tetap tidak berkelanjutan.

Setelah beberapa generasi bercocok tanam intensif, tanah menjadi semakin kurang subur, sampai akhirnya semua makanan habis. Pada tahun 2000 SM, tanah di sekitar mulut Sungai Eufrat dan Tigris menjadi seperti sekarang ini, gurun tandus. Kota Ur dan Uruk yang dulunya luar biasa megah, terus mengalami penurunan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here