Beranda Kesehatan 13 Hal Aneh Menandakan Tubuh Sehat, Salah Satunya Warna Urine

13 Hal Aneh Menandakan Tubuh Sehat, Salah Satunya Warna Urine

Tubuh sehat dan bahagia
Tubuh sehat dan bahagia

Kesehatan adalah hal terpenting yang harus selalu kita perhatikan. Makan makanan yang tepat, olahraga, kebiasaan positif sehari-hari adalah beberapa hal yang bisa dilakukan demi kehidupan lebih baik. Jika ada sesuatu yang salah, tubuh kita akan mengirimkan beberapa tanda atau sinyal baik secara fisik maupun non fisik.

Termasuk jika kondisi tubuh dalam keadaan sehat, beberapa tanda juga bisa kita dirasakan. Berikut adalah 13 gejala tidak biasa dan agak aneh, yang menandakan tubuh kita sehat.

Urine berwarna kuning pucat

Jika kamu buang air kecil beberapa kali sehari dan warnanya kuning pucat, berarti tubuh dalam keadaan sehat dan juga tidak kekurangan air (terhidrasi). Urine yang tidak berwarna menunjukkan adanya hidrasi yang berlebihan. Semakin gelap urine, semakin terkonsentrasi. Urine yang gelap biasanya disebabkan oleh dehidrasi.

Buang air besar lancar

Sudah berapa kali saat ini kamu ke toilet?. Jika buang air besar kamu lancar, hal ini berarti menandakan pencernaan sedang bekerja dengan baik dan sehat. Sering kali, BAB yang tidak lancar seperti sembelit atau diare disebabkan karena pola makan salah atau daya tahan tubuh sedang lemah.

Penyembuhan luka dan memar yang cepat

Proses penyembuhan tubuh yang cepat adalah tanda kesehatan yang baik dan sehat. Jika misalnya tergores luka dan sembuhnya lama, kemungkinan penyakit tersembunyi yang bersemayam dalam tubuh.

Produksi kotoran telinga yang stabil

Keluarnya cairan minyak (kotoran) telinga yang konstan juga bisa menandakan kondisi tubuh sedang dalam keadaan sehat.

Seorang ahli kesehatan dan kebugaran terkenal di Maple Holistics, mengatakan, “Selain sebagai pagar pelindung yang efektif terhadap partikel asing, kotoran telinga juga memiliki sifat antimikroba untuk mencegah infeksi. Sekresi kental ini juga berfungsi sebagai penghalang suara dan pelindung gendang telinga”

Bangun segar dan tidak lelah

Bangun dalam keadaan segar dan bugar berarti siklus tidur kita konsisten dan juga mendapatkan jumlah tidur yang cukup setiap hari. Saat ini, jarang orang dewasa yang memeroleh tidur cukup karena kesibukan aktivitas sehari-hari atau beban pikiran yang memicu susah tidur atau insomnia.

Sering buang gas (kentut)

Gas yang ada di dalam perut juga perlu dikeluarkan secara teratur untuk menjaga tubuh kita tetap sehat. “Kentut seringkali dianggap memalukan, tetapi sebenarnya merupakan bagian penting dari kesehatan usus,” Dr. Sonja Kukuljian, pakar kesehatan usus.

Gigi, gusi, kuku, dan rambut yang kuat

Rambut dan kuku rapuh yang mudah patah, berarti ada sesuatu yang salah dengan tubuh. Bisa jadi karena stres berlebihan yang merupakan pertanda tidak sehat.

Bibir tidak kering atau pecah-pecah

Jika bibir kamu mengalami bibir kering dan pecah-pecah membuatmu merasa tidak nyaman, itu berarti kamu mengalami dehidrasi dan bisa jadi menderita kekurangan vitamin.

Berat badan stabil

Jika kamu tidak mengalami penambahan atau penurunan berat badan selama beberapa hari, itu juga bisa menjadi tanda tubuh yang sehat. Berat badan tiba-tiba turun atau tiba-tiba naik bisa menjadi pertanda adanya suatu masalah kesehatan.

Menstruasi lancar dan teratur pada wanita

Jika siklus haid kamu terbilang cukup teratur, itu juga bisa menjadi tanda tubuh yang sehat. Haid yang terlalu menyakitkan atau siklusnya yang berubah-ubah menandakan ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuh.

Jarang terkena pilek, flu dan infeksi lainnya

Dengan perubahan cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini, mudah bagi seseorang terserang flu. Tetapi jika kamu jarang terkena penyakit umum seperti kebanyakan orang pada umumnya, itu berarti kamu memiliki sistem kekebalan tubuh yang hebat.

Kulit terkelupas

Kulit yang terkelupas biasanya adalah kulit yang sudah tua atau mati, dan digantikan dengan kulit yang baru. Jadi, tidak perlu khawatir jika kulitmu tiba-tiba mengelupas dengan sendirinya, itu berarti tubuh sedang melakukan perbaikan. Ada juga kulit terkelupas karena disebabkan suatu penyakit, ketahui perbedaannya.

Merasa bahagia

Merasa bahagia juga merupakan tanda terbesar dari tubuh dan pikiran yang sehat. Seringkali orang yang sakit baik fisik maupun non fisik akan sulit merasakan kebahagiaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here