Beranda Uncategorized 18 Fakta Tidak Umum Tentang Jepang yang Bikin Dunia Heran

18 Fakta Tidak Umum Tentang Jepang yang Bikin Dunia Heran

Jepang sering disebut-sebut sebagai salah salah satu negara paling menakjubkan di dunia. Selain kemajuan di bidang teknologinya, tradisi dan budayanya yang unik juga sering menjadi sorotan publik dari berbagai belahan dunia.

Sedikit menambah wawasan dan sekaligus memuaskan dahaga penasaran kita akan Jepang. Berikut ini Jegulo sajikan dalam liputan 18 Fakta tidak umum Jepang yang Bikin terheran-heran banyak orang:

Tokyo adalah kota metropolis teraman di dunia

Pusat penelitian Economist Intelligence Unit menerbitkan daftar peringkat kota teraman di dunia yang memasukkan kategori seperti informasi dan keamanan pribadi, perawatan kesehatan serta infrastruktur. Hasilnya, Tokyo berhasil menduduki peringkat pertama, Singapura kedua, dan posisi ketiga diambil oleh kota Jepang lainnya, Osaka.

Panduan yang terperinci

Jika berada di Jepang, di sana Anda akan menemukan banyak panduan dan manual yang ditulis secara mendetail yang bahkan orang asing (turis) dapat mengerti dengan mudah lantaran teks-teksnya sering diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan diilustrasikan dengan gambar.

Anak-anak Jepang memiliki hari ulang tahun yang sama

15 November adalah perayaan besar untuk semua anak yang berusia 3, 5, dan 7 tahun, atau disebut dengan istilah Shiti-Go-San, jika diterjemahkan artinya “Tujuh-Lima-Tiga”. Angka ganjil dianggap ajaib di Jepang, dan di usia ini dianggap sebagai tahap-tahap penting dalam pertumbuhan anak.

Latihan pagi umum

Olahraga umum Jepang

Siswa-siswi sekolah dan karyawan dari sebagian besar perusahaan senantiasa memulai harinya dengan latihan pagi secara umum. Tradisi ini telah ada sejak 1928 dan didukung secara luas karena tidak hanya membuat orang lebih sehat tetapi juga mendorong mereka untuk menjadi lebih dekat, dimana hal itu sangat penting di negara komunal seperti Jepang.

Jumat Premium

Bukan rahasia lagi bahwa sebagian besar pekerja di Jepang menderita kelelahan karena terlalu banyak waktu bekerja setiap hari. Untuk mengatasi ini, pemerintah menyetujui sebuah program yang disebut Jumat Premium atau Premium Fridays. Dengan begitu, karyawan dapat pulang kerja beberapa jam lebih awal pada hari Jumat terakhir setiap bulannya. Orang pertama yang menggagas ide ini, yang kemudian mendorong banyak orang lain juga mengikutinya adalah Menteri Ekonomi Hiroshige Seko, lantaran ia sering pergi bermain curling setelah bekerja, terlebih di hari Jumat.

Perusahaan yang yang Memliki sejarah ribuan tahun

Hak properti sangat dijaga ketat di Jepang, dan itulah sebabnya ada perusahaan kuno seperti Hoshi Ryokan (hotel tradisional Jepang) yang masih ada hingga kini. Perusahaan tersebut telah ada sejak tahun 718 dan dikelola oleh keluarga yang sama selama 46 generasi.

Suaka margasatwa yang menakjubkan

Di antaranya adalah Zao Fox Village yang terletak di Prefektur Miyagi di pulau Honshu. Tempat tersebut adalah sebuah desa yang penuh dengan rubah liar, dan semua orang kecuali anak kecil dapat mengunjungi dan memberi makan hewan-hewan tersebut.

Perbaikan jalan secepat kilat

Perbaikan jalan secepat kilat di Jepang

Pada tahun 2014, sebuah lubang besar sedalam 45 kaki atau sekitar 14 meteran muncul di jalan di Fukuoka. Tanah amblas tersebut kemungkinan imbas dari pembangunan kereta bawah tanah, tetapi, untungnya, tidak ada korban yang terluka. Luar biasanya, lubang itu diperbaiki hanya dalam tempo 48 jam, hingga mengejutkan pengguna internet di seluruh dunia.

Pekerja pemeliharaan yang peduli

Pekerja yang peduli

Pada gambar di atas, terlihat para pekerja jalan ini telah menutupi mobil seseorang dengan selembar kanvas guna melindunginya dari kotoran selama pekerjaan mereka berlangsung.

Baca juga: 10 Fakta Unik Sekaligus Mengejutkan Tentang Jepang

Kenyamanan maksimal dengan ruang minimum

Orang Jepang biasanya tinggal di apartemen kecil, namun, semua bangunan baru memiliki wastafel di balkonnya untuk memudahkan merawat bunga.

Perhatian terhadap detail

Karya seni penutup got

Bahkan untuk urusan lubang got saja, beberapa penutupnya bisa menyaingi pameran museum. Ukiran buah, tersebar luas di Jepang. Setiap daerah memiliki tema mukimono sendiri. Ada pisau ukiran khusus (awalnya digunakan untuk mengukir makanan laut) dan stensil khusus.

Kereta peluru

Kereta Shinkansen berkecepatan tinggi yang disebut Bullet Trains atau kereta peluru bukan tanpa alasan. Hal tersebut kecepatannya yang bisa mencapai 200 mph agar penumpang tiba tepat waktu baik untuk bekerja atau sekolah. Bukan rahasia lagi bahwa keterlambatan adalah pelanggaran hukum di Jepang, baik secara umum maupun personal.

Baca juga: 5 Fakta Aneh Kehidupan di Jepang yang Bikin Geleng Kepala

Sistem peringatan pada semua ponsel

Selain dari sistem nasional J-Alert yang memungkinkan pemerintah untuk memperingatkan warganya melalui media dan pengeras suara, ada juga sistem peringatan SMS. Sistem ini telah ditanam di setiap ponsel modern dan dalam keadaan darurat memungkinkan pihak berwenang setempat untuk memperingatkan semua orang di wilayah ini dalam 4-20 detik.

Menu makannya yang begitu variatif

Anda dapat menemukan apa pun di Jepang, mulai dari pancake Okonomiyaki tradisional hingga permen coklat rasa sakura. Selain itu, sebuah kafe untuk penggemar Lego ajuga ada, tempat Anda dapat mencoba makanan yang terlihat seperti balok-balok Lego. Namun, jangan khawatir, karena semuanya dapat dimakan dengan aman.

Sayuran yang terlihat seperti karya seni

Seni mukimono Jepang

Ada satu praktik Jepang kuno yang dikenal sebagai mukimono, berfokus pada seni mengukir sayuran menjadi bentuk yang tidak biasa. Ukiran yang indah pada sayuran sering menginspirasi orang menjadi lahap untuk makan sayuran. Siapa yang tidak ingin memakan brokoli ketika terlihat seperti itu?.

Pasta gigi yang membantu menyembuhkan gigi berlubang

Ilmuwan Jepang Kazue Yamagashi menemukan pasta gigi yang dapat mengembalikan penyok dan celah kecil pada gigi dengan cepat dan tanpa rasa sakit. Pertama, zat yang terkandung dalam pasta sedikit mencairkan permukaan enamel retak. Setelah 3 menit, pasta mengkristal, dan materi artifisial dengan kuat masuk ke dalam struktur enamel alami. Hebat ya temuannya?

Penemuan aneh

Jepang terkenal di dunia karena penemuannya yang aneh-aneh namun menarik untuk penggunaan umum. Pelebar mulut untuk bibir sensual, aksesoris smartphone untuk untuk mencium pasangan dari jarak jauh, bantal dalam bentuk lutut wanita adalah beberapa dari sejumlah besar hal-hal aneh yang ada di Jepang. Anda akan lebih heran lagi saat berkunjung dan melihat langsung ke sana.

Sekolah Jepang

Sekolah Jepang mungkin adalah sekolah paling progresif di dunia. Misalnya, di sana tidak dipergunakan nilai sebagai patokannya. Sebagai gantinya, guru menentukan sampai sejauh mana siswanya dipersiapkan untuk pelajaran. Dilarang menggunakan telepon seluler di sekolah. Jika siswa ketahuan menggunakan ponselnya, mereka hanya boleh mengambilnya kembali dengan orang tuanya. Sekolah-sekolah Jepang juga tidak memiliki staf kebersihan karena semua pembersihan dilakukan oleh siswanya sendiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here