Beranda Hobi 20 Ide Kreatif Manfaatkan Botol Bekas, Hiasan Hingga Barang Berguna

20 Ide Kreatif Manfaatkan Botol Bekas, Hiasan Hingga Barang Berguna

Saat ini sampah plastik telah menjadi salah satu masalah paling krusial di dunia, jumlahnya kian meningkat pesat dari tahun ke tahun dan terus demikian tanpa henti.

Untuk mengurangi dampak lingkungan yang ditimbulkannya, banyak orang kini mulai mendaur ulang produk plastiknya sendiri menjadi barang-barang berguna yang bisa dimanfaatkan kembali.

Berikut ini telah kami kumpulkan beberapa ide kreatif cara memoles botol bekas pakai agar menjadi barang lain yang lebih bermanfaat dan bahkan memiliki nilai jual tersendiri.

Tempat Pakan Burung

Tempat pakan burung dari botol plastik
Tempat pakan burung dari botol plastik

Botol plastik bekas air minum dapat kita ubah menjadi wadah atau tempat pakan burung yang cantik. Cukup potong lubang di sisi botol dan isi dengan makanan burung (seperti yang terlihat pada gambar).

Jika Anda punya ide yang lebih menarik lagi, boleh dikembangkan lagi. Misalnya botol plastik tersebut dikasih polesan cat warna bergambar bunga dan lain sebagainya sesuai selera.

Vas Bunga Cantik

Vas bunga cantik dari botol bekas
Vas bunga cantik dari botol bekas

Dengan sedikit kreativitas, botol bekas air mineral dapat diubah menjadi wadah atau vas bunga yang cantik. Anda bisa melihat contoh gambar untuk mengembangkan ide-ide lain yang lebih menarik.

Mobil Mainan

Mobil mainan dari botol bekas
Mobil mainan dari botol bekas

Selain bagus untuk merangsang kreativitas anak, membuat mobil mainan dari botol bekas juga memiliki keunikan tersendiri. Artinya mainan semacam ini mungkin belum ada yang menyamai, sehingga akan tampak unik dan berbeda. Ingin tahu langkah demi langkah cara buatnya?. Tonton saja videonya di bawah ini:

Lonceng Natal

Lonceng Natal dari botol bekas
Lonceng Natal dari botol bekas

Natal telah tiba, saatnya menjadi yang paling beda sendiri. Kita bisa mendaur ulang botol air mineral menjadi dekorasi Natal yang lucu dan tentunya hemat biaya. Contoh kasus: lonceng Natal DIY ini terbuat dari bagian atas botol plastik. Bagaimana, terlihat menarik bukan?.

Ornamen Natal

Ornamen Natal dari botol bekas
Ornamen Natal dari botol bekas

Ornamen Natal yang terbuat dari botol air daur ulang bisa dibuat dengan biaya murah namun hasilnya tidak bisa dianggap murahan. Karena tampilannya bisa terlihat sama bagusnya dengan yang dijual di toko yang harganya mahal. Contoh ornamen Natal yang sudah jadi bisa Anda lihat pada gambar.

Tempat dan Pengukur Spaghetti

Tempat spaghetti dari botol bekas
Tempat spaghetti dari botol bekas

Botol air kosong adalah wadah penyimpanan yang sempurna untuk spageti. Selain itu, botol air mineral juga bisa digunakan sebagai penakar jumlah spaghetti. Menurut Lifehacker, jumlah mie yang bisa kita masukkan ke bagian lubang botol hanya sekitar satu porsi. Jadi, jika ingin membuat satu porsi spaghetti, setumpuk yang keluar dari lubang botol itu sudah cukup.

Penyimpanan Sepatu

Tempat penyimpanan sepatu dari botol bekas
Tempat penyimpanan sepatu dari botol bekas

Belum punya wadah atau tempat penyimpanan sepatu yang rapi? Tidak masalah! Cukup kumpulkan botol plastik berukuran besar sebanyak 8 hingga 12 buah. Yang harus dilakukan adalah potong bagian atas masing-masing wadah, rekatkan bersamaan, dan jreng-reng.., tempat penyimpanan sepatunya sudah jadi.

Sapu Unik

Sapu unik dari botol bekas
Sapu unik dari botol bekas

Bahkan kita juga bisa mengubah botol plastik bekas menjadi sapu yang memiliki fungsi penuh untuk membersihkan sampah dan kotoran layaknya sapu biasa. Ingin tahu bagaimana cara membuatnya seperti yang ditunjukkan pada gambar? Simak baik-baik video tutorialnya di bawah ini:

Tempat Pensil

Tempat pensil dari botol bekas
Tempat pensil dari botol bekas

Tampil beda dengan wadah pensil yang unik dan lain daripada yang lain. Untuk membuat tempat pensil dari botol bekas, caranya cukup gunakan setengah bagian bawah botol sebagai alas, sisanya bisa diberi hiasan warna atau gambar sesuai kreativitas masing-masing.

Penyiram Bunga atau Tanaman

Penyiram tanaman dari botol bekas
Penyiram tanaman dari botol bekas

Caranya cukup mudah untuk mengubah botol plastik bekas air mineral menjadi penyiram bunga yang unik. Yang dibutuhkan selain botol kosong adalah pita solasi listrik dan obeng. Cukup dengan melihat gambar, pasti Anda tahu sendiri bagaimana dan apa yang harus dilakukan.

Mainan Anjing

Mainan anjing dari botol bekas
Mainan anjing dari botol bekas

Mainan anjing itu mahal, dan harganya pun tidak sebanding dengan jangka masa pakainya, karena kebanyakan anak anjing biasanya akan langsung menghancurkan mainan tersebut dalam waktu 24 jam. Lebih baik gunakan botol bekas daripada tidak terpakai.

Anehnya, anjing ternyata suka bermain dengan botol plastik kosong tanpa penutupnya. Karena kalau tutup botolnya tidak dibuang, takutnya akan tertelan oleh anjing. American Kennel Club (AKC) mencatat bahwa ini bisa menjadi alternatif yang murah daripada mainan mahal yang ada di pasaran.

Perangkap Serangga

Perangkap serangga dari botol bekas
Perangkap serangga dari botol bekas

Botol plastik bekas juga bisa dijadikan perangkap untuk kutu tawon atau lalat buah yang mengganggu. Meskipun spesifiknya bisa berbeda tergantung pada serangga, intinya jenis perangkapnya tetaplah sama: ada botol plastik bekas dan semacam cairan pemikat. Lebih lengkap bisa dibaca artikel: Cara Membuat Jebakan Lalat dari Botol Bekas, Murah dan Ampuh.

Celengan Lucu

Celengan lucu dari botol bekas
Celengan lucu dari botol bekas

Mengajari anak menabung sedari dini berarti sama halnya dengan mengajari anak berbisnis dan berinvestasi untuk masa depannya. Alih-alih membeli celengan mahal, baiknya ajak anak agar terasah kreativitasnya dengan membuat celengan sendiri yang lucu dari botol bekas.

Rak Pisau

Tempat pisau dari botol bekas
Tempat pisau dari botol bekas

Buat sendiri wadah pisau yang cantik dengan memanfaatkan botol plastik yang sudah tidak terpakai. Yang dilakukan adalah mengisi dua pertiga bagian bawah botol kosong dengan biji-bijian misalnya makanan burung atau beras juga bisa. Setelah tidak digunakan, pisau bisa ditancapkan ke wadahnya dengan aman.

Kincir Angin

Kincir angin dari botol bekas
Kincir angin dari botol bekas

Kincir angin adalah mainan yang menyenangkan untuk anak-anak dan bisa juga jadi hiasan depan rumah. Anda bisa melihat contoh pada gambar untuk membuatnya sendiri di rumah.

Tempat Bunga Succulent

Wadah bunga dari botol bekas
Wadah bunga dari botol bekas

Botol plastik bekas juga bisa jadi hiasan yang menarik untuk wadah bunga sukulen. Cukup hiasi setengah bagian bawahnya sesuai selera, isi dengan tanah, dan bunganya bisa langsung diletakkan di bagian atasnya.

Bunga Plastik

Hiasan bunga dari botol bekas
Hiasan bunga dari botol bekas

Dengan sedikit kemauan dan kreativitas, botol-botol plastik bekas bisa diolah menjadi bunga-bunga imitasi aneka warna yang cukup elok dipandang mata. Gunting kecil-kecil botol menyerupai bunga, kemudian kasih warna-warni yang mencolok. Bisa ditaruh di ruangan kamar atau di teras sebagai hiasan rumah.

Gantungan Spiral

Gantungan spiral
Gantungan spiral

Rumah jadi tampak lebih indah dan berwarna dengan hiasan gantungan spiral warna-warni. Siapkan beberapa botol bekas, lalu gunting secara memutar dari bawah hingga ke atas tutup botol.

Patung Anjing Lucu

Patung anjing dari botol bekas
Patung anjing dari botol bekas

Ingin menambahkan dekorasi menggemaskan berbentuk patung anjing yang lucu di taman? Cukup manfaatkan botol plastik bekas yang ada. Yang Anda butuhkan adalah beberapa botol air kosong, lem panas, dan cat untuk membuat desain anjingnya agar tampak lebih hidup. Lebih lengkapnya bisa dilihat pada video di bawah ini:

Lampu Luar Ruangan

Pelindung lampu dari botol bekas
Pelindung lampu dari botol bekas

Lampu listrik biasa juga bisa dihiasi dengan botol plastik bekas agar nampak lebih unik dan berbeda. Selain untuk hiasan, adanya pelindung plastik tersebut juga bisa membuat umur lampu lebih awet karena terlindung dari hujan dan hantaman-hantaman benda dari luar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here