10 Hewan dengan Usia Terpanjang di Bumi, Ada yang Abadi

Hewan liar jarang hidup sampai usia maksimumnya karena kematian dini sering terjadi misalnya akibat dari serangan predator atau mungkin habitatnya yang sudah mulai rusak. Dalam kondisi ideal, artinya jika mereka dibiarkan hidup sampai mati dengan sendirinya, berikut ini adalah 10 hewan dengan usia terpanjang di bumi. Bahkan ada yang bisa hidup abadi alias tidak bisa mati karena cara kerja tubuhnya yang unik.

10. Landak Laut Merah

Landak laut merah bahkan dikatakan berusia hampir abadi. Mereka biasa ditemukan di perairan dangkal Samudra Pasifik di sepanjang Tepi Barat Amerika Utara. Makhluk kecil dan berduri ini diketahui dapat hidup selama lebih dari 200 tahun.

9. Ikan Koi

Ikan koi biasanya hidup sekitar 25 hingga 30 tahun, namun laporan menyebutkan bahwa ada beberapa yang mampu hidup hingga 200 tahun. Seekor ikan Koi Jepang yang terkenal bernama "Hanako", meninggal pada tahun 1977, berumur 226 tahun. Para ilmuwan menentukan usia ikan ini dengan mengukur cincin pertumbuhannya.

8. Belut Sirip Panjang Selandia Baru

Belut sirip panjang Selandia Baru habitat asalnya dari Selandia Baru dan Australia, belut ini biasanya hidup hingga 60 tahun. Namun ilmuwan pernah mencatat bahwa belut jenis ini ada yang pernah hidup hingga 106 tahun. Seperti hiu biru, ikan ini tumbuh sangat lambat, itulah sebabnya mereka bisa hidup lama.

7. Burung Macaw

Macaw dapat hidup hingga 60-80 tahun, sementara usia perkembangbiakannya berkisar antara 30 hingga 35 tahun. Sayangnya, sebagian besar macaw saat ini terancam di alam liar dan beberapa telah punah karena degradasi habitat dan perdagangan hewan peliharaan ilegal.

6. Gajah Afrika

Gajah Afrika adalah salah satu hewan darat terbesar dan tertua di dunia. Mereka dapat hidup hingga 70 tahun, terutama, menurut penelitian di Zimbabwe, gajah Afrika dapat terus berkembang biak sampai mereka mati.

5. Galápagos Giant Tortoise

Kura-kura Galápagos biasanya hidup hingga 100 tahun. Secara khusus, ada beberapa yang tercatat telah hidup hingga 152 tahun. Mereka adalah kura-kura raksasa yang hidup di Kepulauan Galapagos.

4. Paus Bowhead

Paus berkepala melengkung ini memiliki rentang hidup rata-rata 200 tahun dan merupakan mamalia terbesar kedua setelah paus biru. Umurnya berhasil ditentukan ketika ada seekor paus ini masih mengenakan sebuah mesin yang berasal lebih dari 100 tahun yang lalu di kulitnya.

3. Hiu Greenland

Hiu Greenland dapat mencapai usia 200 tahun, secara khusus ada satu ekor yang pernah ditemukan berusia 400 tahun. Menjadikan hewan ini sebagai vertebrata tertua di dunia. Hiu Greenland berumur panjang karena mereka tumbuh sangat lambat. Mereka tumbuh sekitar 1 cm setahun dan mencapai kematangan pada sekitar 100 tahun.

2. Ocean Quahog (kerang)

Kerang air asin (Geoduck) adalah moluska yang banyak hidup bebas di laut. Keunikan kerang ini adalah bahwa ia memiliki lidah yang besar, juga dikenal sebagai tentakel raksasa. Jika mencapai level yang cukup dapat memanjang lebih dari 1 meter dan memiliki harapan hidup lebih dari 160 tahun.

1. Ubur-ubur Abadi

Seperti namanya, ubur-ubur abadi hampir kebal terhadap kematian. Mereka dapat meregenerasi setiap bagian tubuhnya jika terluka atau hilang. Namun, di habitatnya, ubur-ubur abadi masih bisa dimangsa oleh para predator seperti hewan-hewan lainnya.

Jangan Lewatkan


Tulis Komentar Sembunyikan Komentar

Disqus Comments