5 Teh Paling Mahal di Dunia, Harganya Bikin Jantungan

Negeri Tirai Bambu sampai kini masih teguh memegang tradisi menikmati teh selama ribuan tahun. Karena hal itulah, ada beberapa jenis teh langka di sana yang diawetkan dijual dengan harga lebih tinggi daripada emas.

Di bawah ini adalah beberapa teh yang tergolong harganya paling mahal di Cina hingga mendulang popularitas di dunia internasional. Bahkan mengetahui harganya bisa bikin jantungan bagi orang awam seperti saya, dan mungkin para pembaca sekalian juga.

Teh Da-Hong Pao


Teh Da-Hong Pao China dihargai 10,4 juta Yuan atau setara Rp20,5 miliar per kilogramnya dan dianggap sebagai salah satu teh termahal di dunia. Alasan harganya sangat mahal adalah karena diekstrak dari pohon kuno yang hanya ada di tengah-tengah Gunung Wuyi yang berbatu. Sangat sulit dalam proses pemanenannya.

Karena tingginya harga teh ini, pemerintah sangat memprioritaskan keberadaannya. Pohon-pohon kuno Da-Hong Pao di Gunung Wuyi selalu dilindungi dengan ketat dan dijaga.

Pemerintah kota menginvestasikan dana hingga 100 juta yuan untuk melindungi pohon. Saat ini, orang sudah berhenti memanen teh ini. Panen terakhir di tahun 2005 hanya menghasilkan 20g saja. Karena sudah sangat langka, sejumlah kecil teh ini kemudian disumbangkan ke Museum Nasional Cina.

Teh Taiping Houkui


Teh Taiping Houkui khusus diproduksi di Huangshan, Anhui, dimana lokasi tanahnya sangat lembab dan cuaca terus berawan sepanjang tahun. Untuk teh hanya dipilih dari jenis tanaman dengan tunas yang panjang, lurus, gagah dan lembut. Teh ini juga memiliki bau yang wangi dan menyegarkan. Teh taiping houkui dibandrol dengan harga 2 juta yuan atau sekitar Rp4 miliar / kg.

Teh Longjing


Teh Longjing adalah nama umum untuk teh khusus di pegunungan selatan Hangzhou di Provinsi Zhejiang. Jenis teh ini dibanderol mulai 10 ribu yuan atau sekitar Rp20 jutaan / kg. Teh Longjing adalah salah satu teh Cina yang paling terkenal, sehingga sebagian besar diambil sesuai dengan standar kelas satu.

Teh Huangshan Maofeng

Teh Huangshan Maofeng, diproduksi di Huangshan, provinsi Anhui, adalah teh yang terkenal dalam sejarah Tiongkok, karena warnanya, rasanya, bentuknya semuanya sangat unik. Pada tahun 1955, teh ini terpilih sebagai salah satu dari "10 teh terbaik Cina". Jenis teh ini di Cina harganya hingga 1,7 juta yuan atau sekitar Rp3,3 miliar / kg.

Teh Xinyang Maojian


Lebih dari 1.000 tahun yang lalu, Dinasti Tang Cina sudah memiliki catatan terkait teh Xinyang ini. Jenis teh ini dihargai 1,49 juta yuan atau sekitar Rp2,9 miliar / kg.

Jangan Lewatkan


Tulis Komentar Sembunyikan Komentar

Disqus Comments