6 Tempat Paling Unik dan Misterius di Bumi yang Bikin Takjub

Banyak hal-hal unik dan misterius di dunia ini, tidak semuanya otak manusia mampu memahaminya. Terdapat beberapa tempat di bumi yang memiliki panorama tidak biasa, sehingga mengundang rasa penasaran banyak orang untuk melihatnya langsung.

Dari pemandangan kolam warna-warni hingga sumur unik dengan bentuk yang tidak biasa. Inilah 6 tempat di bumi paling unik dan misterius yang bikin banyak orang takjub.

Badab-E-Surt, Iran

Panorama alam berbentuk teras travertine megah yang berada di Iran utara ini adalah fenomena alam luar biasa yang telah berevolusi selama ribuan tahun. Travertine adalah jenis batu kapur yang terbentuk dari pengendapan kalsium dalam air yang mengalir dan dalam hal ini ada dua sumber air panas yang berbeda sifat mineralnya. Dalam kasus kolam alami di Iran ini, terdapat kandungan oksida besi yang tinggi dalam satu mata air. Membantuk warna merah, hijau dan kuning seperti yang Anda lihat pada gambar di atas.

Gunung Tianzi, Tiongkok

Sering diselimuti oleh putihnya kabut, Mt. Tianzi adalah produk dari jutaan tahun erosi batuan sedimen. Puncak batu pasir purba, yang berasal dari 300 juta tahun (estimasi), secara bertahap diukir oleh air dan angin. Yang tersisa saat ini adalah menara batuan ramping, dinamakan feng shui (beberapa tingginya mencapai sekitar 4.100 kaki) seperti gedung pencakar langit dari alam.

Selain itu, erosi juga telah menciptakan lapisan stratigrafi berbeda, yang memiliki warna dan bentuk yang berbeda selama proses bertahun-tahun. Sementara itu, gunung-gunung yang usianya lebih muda dan kurang terkikis juga tersebar di seluruh Taman Hutan Nasional Zhangjiajie, berkontribusi pada keragaman Formasi gunung unik yang banyak ditemukan di sini.

Plain History Jars, Laos

Jejeran batu-batu raksasa yang berbentuk menyerupai wadah guci ini diperkirakan berusia sekitar 2.000 tahun. Memiliki ukuran yang berbeda dan tingginya bisa mencapai hingga tiga meter, beratnya bahkan sampai beberapa ton.

Sebagian besar batu-batu ini dipahat dari batu pasir. Sangat sedikit informasi tentang siapa sebenarnya orang atau suku mana yang membuatnya. Meskipun tujuannya tidak diketahui pasti, para arkeolog percaya bahwa atu-batu aneh ini digunakan sebagai vas dalam ritual pemakaman.

Selama studi arkeologi pada tahun 1930, partikel kaca, serta tulang dan gigi yang terbakar, ditemukan di dalamnya. Di sekitar lokasi, para arkeolog juga menemukan barang dan tulang. Batu buatan ini awalnya dapat disegel dan ada tutupnya. Saat ini hanya ada satu yang masih terdapat tutupnya. Beberapa tutup batu ditemukan berserakan di antaranya. Lainnya yang terbuat dari kayu atau bahan mudah rusak tertentu telah lama hilang. Pelat batu di antara guci-guci raksasa kemungkinan digunakan sebagai penanda lokasi makam.

The Goblin Valley State Park, Utah, United States

The Goblin Valley State Park terdiri dari area di mana ada batu pasir lunak telah terkikis menjadi bentuk-bentuk yang unik, agak mirip dengan goblin. Di beberapa titik, bebatuan berdekatan satu sama lain dan menciptakan taman bermain labirin yang ideal untuk petualangan keluarga.

Wells of Thor, Oregon, Amerika Serikat

Wells of Thor atau Sumur Thor juga dikenal dengan nama lain Spouting Horn, gelombang air meluncur ke lubang yang dalam dan kemudian memantul kembali ke atas dengan kekuatan besar. Pengunjung dapat menyaksikan fenomena ini melalui tangga The Captain Cook yang berada di Cape Perpetua Visitors Centre. Tetapi untuk keselamatan diri sendiri, baiknya jangan lakukan terutama saat air pasang atau badai musim dingin.

The Giant's Causeway, Irlandia Utara

Terkenal di seluruh dunia dengan kolom basalnya berlapis-lapis, Giant's Causeway baru saja masuk sebagai situs Warisan Dunia UNESCO Irlandia Utara. Sifat-sifat poligon alami ini diciptakan oleh letusan gunung berapi sekitar 60 juta tahun yang lalu.

Tiga fase vulkanik yang berbeda terjadi di bagian bawah, tengah, dan Basal. Jadi, bentuknya yang heksagonal unik tersebut benar-benar merupakan bentukan alami dari alam. Namun menurut legenda setempat, batu-batu itu diukir oleh raksasa besar Finn McCool, yang meninggalkan rumah lamanya demi melawan musuh-musuh Benandonner di perairan Skotlandia. Tempat ini sangat banyak dikunjungi baik oleh wisatawan lokal maupun dari negara lain.

Jangan Lewatkan


Tulis Komentar Sembunyikan Komentar

Disqus Comments