7 Kota Tertua di Dunia, Ada yang Sudah Puluhan Ribu Tahun

Kota-kota tertua di dunia seringkali memiliki daya tarik besar tersendiri bagi para wisatawan karena keindahan klasiknya, sejarah yang beragam dan kaya akan nilai-nilai budaya. Berikut ini kami rangkumkan beberapa kota-kota tertua di dunia yang masih berdiri hingga saat ini. Bahkan kota Damaskus di Suriah usianya hingga kini sudah mencapai puluhan ribu tahun.

1. Damaskus - Suriah

Damaskus adalah ibu kota dan kota terbesar di Suriah dengan jumlah penduduk 4,5 juta orang. Sejarah kota ini berasal dari sekitar 10.000 hingga 8.000 tahun sebelum masehi.

Meskipun waktu kelahiran tepatnya masih dalam perdebatan, namun yang jelas Damacus adalah salah satu kota tertua di dunia yang masih terus dihuni hingga saat ini.

Terletak antara Afrika dan Asia, Damascus adalah persimpangan antara budaya Timur-Barat. Keindahan kuno kota ini diciptakan oleh gaya arsitektur Islam, kemegahan budaya Yunani, Romawi, dan Bizantium.

2. Athena - Yunani

Sejarah pembentukan dan pengembangan Athena dimulai 7000 tahun yang lalu, ibukota Yunani ini juga dianggap sebagai tempat lahir peradaban Barat. Di sini pula tempat banyak lahirnya para filsuf, penulis, dan penulis naskah terbaik.

Keindahan klasik Athena dipadu dengan campuran arsitektur Ottoman, Bizantium, dan Romawi. Datang ke kota ini, pengunjung akan disuguhi banyak museum, arsitektur unik dan klasik era jaman Romawi kuno.

3. Byblos - Lebanon

Byblos adalah tempat lahir dari banyak peradaban kuno dan merupakan salah satu kota tertua di dunia dengan sejarah yang mencakup selama 5.000 tahun. Dengan keindahan puri benteng dan kuil, Byblos sekarang menjadi tujuan favorit bagi banyak wisatawan saat ini.

Selain keindahan kuilnya, pengunjung juga akan mengagumi pemandangan indah Laut Mediterania. Saat ini, Byblos telah menjadi kota yang lebih modern tetapi pada dasarnya tetap mempertahankan keindahan klasik unik yang menjadi ciri khas kota tersebut.

4. Yerusalem - Israel

Jerusalam adalah salah satu kota paling ramah di Israel dan tujuan keagamaan paling terkenal di dunia. Kota kuno ini lahir 4.000 tahun yang lalu dan dibagi menjadi empat wilayah termasuk tempat untuk agama Yahudi, Kristen, Muslim dan Armenia.

Saat ini, Yerusalem adalah rumah bagi 800.000 orang dengan 60% populasinya adalah Muslim. Bagi orang Yahudi di seluruh dunia, kota ini adalah simbol dari tujuan keinginan untuk kembali ke rumah asalnya.

5. Varanasi - India

Varranasi adalah kota suci India yang terletak di tepi Sungai Gangga. Orang Hindu mengatakan bahwa kota ini didirikan oleh Saint Shiva pada abad ke-12 SM. Varanasi, juga dikenal sebagai Benares, adalah tempat di mana peziarah Hindu datang untuk membaptis dan mengkremasi orang yang mereka cintai pada saat kematian.

Varanasi digunakan untuk menjadi pusat industri potensial dengan hasil utamanya berupa kain, parfum, dan perhiasan berkualitas tinggi. Sampai sekarang, kota ini masih menjadi pusat seni dan kerajinan India.

6. Cholula - Meksiko

Lebih dari 2.500 tahun yang lalu, kota Cholula terdiri dari banyak desa yang tersebar dan merupakan tempat tinggal dari banyak budaya Amerika Latin seperti Olmec, Toltec dan Aztec.

Hari ini Cholula adalah rumah bagi 60.000 orang. Daya tarik kota yang paling mencolok adalah Cholula Great Pyramid dengan area konservasi di bagian atas, yang dikenal sebagai monumen buatan manusia terbesar.

7. Plovdiv - Bulgaria

Sejarah Bulgaria dimulai pada 4000 SM. Kota ini berada di bawah kekuasaan banyak institusi hingga 1885, ketika Plovdiv menjadi bagian dari wilayah Bulgaria.

Jangan Lewatkan


Tulis Komentar Sembunyikan Komentar

Disqus Comments