8 Hewan Paling pintar di Dunia, Ada yang Hampir Menyamai Manusia

Tidak dapat disangkal, manusia adalah spesies paling pintar di bumi dengan kemampuan berbicara, berpikir, dan menganalisis yang sangat kompleks. Hewan sebenarnya juga cerdas, meskipun otak mereka tidak sebanding dengan manusia, tapi tetap mampu melakukan banyak hal dengan sempurna. Berikut adalah daftar 8 hewan paling pintar di dunia. Bahkan ada hewan tertentu yang kepintarannya hampir menyamai manusia.

1. Simpanse

Simpanse mirip dengan manusia tidak hanya dalam penampilan tetapi juga dalam perilaku. Karena itu, selain manusia, mereka juga adalah hewan terpintar di planet ini. Simpanse dapat menggunakan alat di hutan untuk mencari makanan atau bersosialisasi dengan orang lain. Jika simpanse dilatih dengan benar, bukan tidak mungkin mereka bahkan dapat belajar bahasa manusia.

2. Burung beo

Burung beo adalah spesies asli daerah subtropis dan tropis. Anda mungkin pernah melihat burung beo meniru kata-kata dan berbicara, hal ini jelas menunjukkan betapa cerdasnya mereka. Burung beo dapat dengan mudah mempelajari hampir semua hal yang diajarkan manusia atau sering dikatakan di depannya. Mereka suka makan biji, tunas, buah-buahan dan kacang-kacangan, serta dapat memecahkan berbagai masalah kompleks.

3. Tikus

Kemampuan untuk berpikir tentang pemikiran disebut dengan metakognisi. Beberapa tahun yang lalu para ilmuwan menemukan bahwa tikus, layaknya manusia, dapat membuat keputusan berdasarkan apa yang mereka ketahui atau tidak tahu. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa tikus memiliki kesadaran diri dan bahkan bermimpi seperti manusia. Tikus yang dibesarkan sebagai hewan peliharaan memiliki hubungan dekat dengan pemiliknya. Mereka dapat mempelajari nama pemiliknya, bahkan tahu bagaimana cara memohon untuk keluar dari kandang ketika merasa ingin bermain dengan pemiliknya.

4. Burung gagak

Ukuran otak gagak hampir seukuran ibu jari manusia, cukup besar dibandingkan dengan ukuran tubuh. Hal ini membantu mereka memecahkan banyak masalah kompleks selain juga memiliki memori yang baik. Menurut para ilmuwan, gagak memiliki kemampuan untuk mengingat dan mengenali wajah manusia. Bagian otak gagak yang berbeda mulai menyala ketika melihat manusia dan mencari tahu apakah mereka bersahabat. Burung gagak juga hewan paling usil di dunia, suka bermain iseng dengan binatang lain, biasanya manusia.

5. Lumba-lumba

Pernahkah merasa heran mengapa seringkali yang dipamerkan di akuarium kebanyakan lumba-lumba dan paus?. Hal itu karena mereka lebih pintar daripada kebanyakan makhluk lain di planet ini. Lumba-lumba hidung botol memiliki otak terbesar di seluruh dunia hewan. Mereka dapat membantu orang memecahkan banyak misteri dengan lautan. Mereka bahkan dapat mengekspresikan emosi yang berbeda seperti suka dan duka. Bahkan ketika lumba-lumba tidur, hanya satu bagian otak yang tidur dan sisanya tetap aktif untuk melindungi terhadap ancaman dari lingkungan luar.

6. Gurita

Gurita adalah invertebrata dan menurut beberapa penelitian, mereka adalah pemburu yang sangat baik dan cenderung lebih banyak memanfaatkan otaknya saat berburu. Mereka juga tahu bagaimana menggunakan banyak strategi untuk melindungi diri dari pemangsa. Ketika disentuh manusia, mereka akan memuntahkan warna hitam aneh dan mengubah bentuk tubuhnya.

7. Babi

Babi adalah hewan asli Afrika dan Eropa. Banyak penelitian membuktikan bahwa babi adalah salah satu hewan paling cerdas dan paling sosial di dunia. Antara manusia dan babi, ada beberapa kesamaan karena mereka dapat memakan hampir semua makanan yang dimakan manusia. Ini pula yang mungkin menjadi alasan mengapa mereka digunakan untuk banyak keperluan medis. Banyak penelitian membuktikan bahwa babi secerdas anak berusia 3 tahun. Mereka menggunakan 20 jenis suara untuk keperluan komunikasi dan tidak pernah melupakan rumahnya.

8. Anjing

Anjing adalah sahabat manusia dan juga super pintar. Mereka dapat mempelajari berbagai tindakan dan mengulanginya sesuai perintah. Mereka dapat memahami emosi orang dengan mudah ketika sedih, bahagia dan marah. Anjing sangat pintar sehingga mereka bahkan dapat bertindak dengan cara tertentu untuk menenangkan pemiliknya ketika mereka sedang marah dan dimanjakan.

Jangan Lewatkan


Tulis Komentar Sembunyikan Komentar

Disqus Comments