Inilah 9 Logam Paling Mahal di Dunia, Emas Bukan Nomor Satu

Kebanyakan orang sering beranggapan bahwa emas dan perak adalah logam paling langka saat ini sehingga harganya pun juga mahal. Namun, hanya sedikit orang yang tahu bahwa ada logam lain yang jauh lebih langka dan lebih mahal berkat kegunaannya yang sangat berharga.

Apa saja logam-logam paling mahal dan langka itu?, berikut ini uraian selengkapnya. Semoga menambah wawasan.

9. Perak

Sejak zaman kuno, orang telah menggunakan perak dalam pertukaran dan perdagangan barang serta fasilitas untuk banyak sistem moneter. Selain itu, perak juga dapat digunakan untuk membuat perhiasan, komponen elektronik atau komposisi cermin yang membutuhkan reflektifitas tinggi. Secara khusus, senyawa garam (halogen) juga memiliki banyak aplikasi seperti perak nitrat, yang umum digunakan dalam teknologi penyimpanan film. Termasuk perak iodida yang dapat mengumpulkan awan untuk menciptakan hujan buatan.

Perak sendiri tidak beracun tetapi banyak senyawa garamnya sangat beracun dan dapat menyebabkan kanker. Secara keseluruhan, perak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia seperti sifat bakterisida dan kuman yang sangat baik. Itu sebabnya mangkuk, piring, atau sumpit raja di masa lalu terbuat dari perak atau banyak produsen peralatan pendingin seperti Toshiba, Panasonic, dan Samsung menerapkan teknologi nano perak di lemari es, AC dan mesin cuci untuk tujuan antiseptik.

8. Renium

Renium adalah salah satu logam paling langka saat ini yang hanya terdapat di kerak bumi. Mereka secara kimia mirip dengan mangan dan diperoleh sebagai produk sampingan dari molibdenum dan pemurnian tembaga. Suhu leleh Rhenium termasuk yang tertinggi saat ini, sedikit di atas  wolfram (3.695 K) dan karbon (4.300-4.700 K).

Biasanya renium dalam bentuk bubuk tetapi elemen ini dapat lebih terkonsentrasi dengan menekan dan menyinter dalam keadaanvakum atau hidrogen. Proses ini menciptakan produk padat dengan kepadatan lebih dari 90% dari kepadatan spesifik logam ini. Ketika diolah, logam ini dapat menjadi sangat lunak dan bisa ditekuk atau digulung menjadi bentuk gulungan.

Dengan titik leleh yang tinggi, Rhenium adalah logam penting dalam industri teknik mesin yang memproduksi mesin suhu tinggi seperti mesin roket dan pesawat terbang. Paduan Reni dengan tungsten digunakan untuk membuat lampu filamen listrik serta membuat baterai termoelektrik. Reni juga digunakan sebagai katalis dalam industri penyulingan dan petrokimia.

Karena logam ini sangat langka, penambangannya sangat rumit dan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Diketahui bahwa harga logam ini meningkat dengan cepat pada awal 2008, dari sekitar 1.000 - 2.000 USD / kg pada periode 2003-2006 menjadi lebih dari 10.000 USD / kg pada Februari 2008.

7. Paladium

Paladium adalah logam putih keperakan dan lunak yang terlihat mirip dengan platinum, ditemukan pada tahun 1803 oleh William Hyde Wollaston. Pada suhu kamar dan tekanan atmosfer, paladium dapat menyerap hidrogen hingga 900 kali volumenya, yang menjadikan paladium sebagai penyimpanan yang efektif dan aman untuk isotop hidrogen dan hidrogen.

Palladium memiliki gravitasi spesifik terkecil dan titik leleh terendah di antara logam grup platinum. Bentuknya akan lunak dan mudah dibentuk ketika dipanaskan. Sebaliknya menjadi sangat kuat dan kaku ketika sudah mendingin. Palladium juga bagus sebagai anti-tarnish, memiliki konduktivitas listrik yang baik dan sangat tahan terhadap korosi kimia dan ketahanan panas yang sangat baik.

Sifat unik dari paladium dan kelompok logam platinum (PGM) adalah paladium, platinum, rhodium, ruthenium, iridium dan osmium) biasa digunakan dalam catalytic converter, yang mengkonversi hingga 90% dari gas beracun dari asap mobil.

6. Osmium

Osmium adalah salah satu logam terberat di Bumi, merupakan logam grup platinum (PGM) tahan panas terbaik, titik leburnya adalah 3030 derajat celcius. Dalam keadaan padat, osimi memiliki warna putih kebiruan yang mirip dengan seng dan stabil terhadap asam.

Logam ini terutama digunakan dalam paduan stainless yang digunakan untuk menyegel pena atau alat-alat pivot. Selain itu, Osimi yang digabungkan dengan Rutheni dapat mengobati kanker usus dan ovarium.

Harga Osmium juga tidak murah, pada 2010, 1kg osimi harganya sekitar 12.700 USD.

5. Iridium

Iridium adalah salah satu elemen paling langka di planet ini. Adalah logam keras putih keperakan dari kelompok platinum (PGM), yang merupakan logam tahan korosi terbaik, bahkan pada suhu setinggi 2000 ° C. Meskipun hanya garam cair dan halida tertentu yang mampu menimbulkan korosi iridium padat, iridium halus justru lebih reaktif dan bahkan mungkin bisa terbakar.

Dengan properti khususnya tersebut, Iridium memainkan peran penting dalam bidang kedokteran, elektronik, mobil, serta barang-barang konsumsi lainnya seperti pulpen, jam tangan, dan kompas.

Sebagai contoh:

Dengan ketahanan korosi yang tinggi, Iridium digunakan dalam tungku untuk merekristalisasi semikonduktor suhu tinggi, elektroda dalam produksi klorin dan generator termal isotop radioaktif yang digunakan dalam pesawat ruang angkasa. Dalam industri otomotif, iridium digunakan sebagai busi. Harga rata-rata Iridium sekarang sekitar 13.500 USD / kg dan hanya ditemukan di Afrika Selatan.

4. Rutenium

Rutenium adalah logam keras berwarna putih, memiliki 4 varian kristal dan tidak ternoda pada suhu normal, tetapi mudah teroksidasi di udara. Rutenium larut dalam alkali cair, tidak terkorosi oleh asam tetapi terkorosi oleh halida pada suhu tinggi.

Sejumlah kecil rutenium dapat meningkatkan kekerasan platinum dan paladium, sehingga rutenium biasa digunakan dalam paduan platinum serta paladium untuk membuat kontak listrik tahan aus atau 0,1% ruthenium ditambahkan ke titanium untuk meningkatkan kemampuannya. Ketahanan korosinya bahkan mencapai ratusan kali dari logam-logam pada umumnya.

Secara biologis, Rutheni dapat menggelapkan kulit manusia, dan bisa bersifat karsinogenik dan bioakumulasi dalam tulang. Namun, harganya tidak bisa diremehkan dan sangat mahal, sekitar 14.500 USD / kg (2009).

3. Emas

Orang sering mengatakan: "Jadilah seperti emas" untuk merujuk pada nilai tertentu terhadap kehidupan. Emas adalah warna kuning metalik ketika padat, tetapi ketika dipotong halus, kadang-kadang berubah menjadi hitam, ruby ​​atau ungu. Memiliki sifat tekstur yang lembut, mudah dibentuk, mudah ditempa, dan ringan.

Emas dikombinasikan dengan logam yang berbeda akan menghasilkan paduan warna yang berbeda, seperti menggabungkan dengan tembaga untuk warna merah, paduan dengan besi untuk hijau, paduan dengan aluminium untuk ungu, dan platinum. untuk putih.

Emas tidak bereaksi dengan sebagian besar bahan kimia tetapi luruh pada aqua regia serta larutan sianida dari logam alkali.

Di masa lalu, emas ditambang untuk digunakan mencetak. Saat ini banyak digunakan dalam pengobatan, membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan yang disebabkan oleh rematik dan TBC tetapi hanya garam dan isotopnya yang dapat digunakan. Selain itu, emas adalah bahan reflektif yang baik dengan radiasi elektromagnetik, sehingga digunakan sebagai lapisan pelindung untuk banyak satelit buatan, dalam pelat pelindung termal inframerah dan topi astronot.

2. Platinum

Platinum adalah salah satu logam yang paling langka saat ini dan hanya ada di kerak bumi dengan kepadatan distribusi rata-rata sekitar 0,005 mg / kg, berwrna abu-abu, sulit untuk dikorosi, titik leleh hingga 3215 derajat F.

Dalam bentuk murni, platinum berwarna putih keperakan, mengkilap, mudah ditempa, dan mudah dibentuk. Platinum tidak teroksidasi pada suhu berapa pun, tetapi dapat terkorosi dengan halogen, sianida, belerang dan alkali kaustik. Platinum tidak larut dalam asam klorida dan asam nitrat, tetapi larut dalam aqua regia.

Sebagai logam berat, ia memiliki efek negatif pada kesehatan ketika terkena garamnya tetapi karena ketahanannya terhadap korosi, ia kurang beracun dibandingkan logam lainnya.

Platinum biasa digunakan dalam perhiasan, peralatan laboratorium, elektroda, peralatan medis dan gigi, katalis kimia, serta mengontrol tingkat emisi mobil. Juga memiliki sifat hypoallergenic untuk kulit manusia sehingga kita dapat dengan aman menggunakan barang-barang dari platium.

Platinum adalah bahan langka, berharga dan mewah karena produksi tahunan hanya beberapa ratus ton. Sebab itu, harganya cukup tinggi, sekitar 40.000 USD / kg.

1. Rhodium

Rhodium adalah logam berwarna putih keperakan, keras dan tahan lama. Dalam keadaan normalnya, logam ini tidak menghasilkan oksida, bahkan ketika dipanaskan.  Tidak mudah korosif pada sebagian besar asam: tidak larut dalam asam nitrat dan hanya sedikit larut dalam aqua regia. Disintegrasi lengkap rodium dalam bentuk bubuk hanya diperoleh dalam asam sulfat.

Rhodium terutama digunakan sebagai agen paduan untuk mengeraskan platinum dan paladium. Paduan ini digunakan dalam rol tungku dan busing untuk menghasilkan serat kaca, komponen termokopel, elektroda busi pesawat terbang dan cawan lebur laboratorium.

Karena kelangkaan pasokan, harganya juga ikut menjadi sangat mahal. Pada tahun 2008 saja, harganya mencapai lebih dari 10.000 USD / ons. Produksi tahunan rodium di dunia sangat kecil, dan sebagian besar berasal dari Afrika Selatan. Sebagai perbandingan, sekitar 2.500 ton emas diproduksi setiap tahun, sedangkan output tahunan Rodium hanya sekitar 1% dari produksi emas, dan harganya 1,5 kali lebih tinggi dari harga emas.

Jangan Lewatkan


Tulis Komentar Sembunyikan Komentar

Disqus Comments