Tiga Gejala Saat bangun Tidur yang Bisa Menandakan Kanker Hati

Ilustrasi seorang wanita kaget
Hati adalah salah satu organ tubuh manusia yang paling berharga. Hati tidak hanya membantu tubuh menghilangkan zat berbahaya tetapi juga mengatur kolesterol dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular serta serebrovaskular. Di saat yang sama, hati juga dapat berpartisipasi dalam sintesis protein, produksi empedu untuk meningkatkan pencernaan dan penyerapannya. Selain itu, hati juga menyimpan glikogen, sumber energi untuk tubuh.

Jika hati bekerja normal, ia akan dapat dengan mudah menghilangkan racun dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebaliknya jika hati bermasalah, masalah kesehatan akan muncul satu persatu, termasuk dalam kondisi yang sudah parah adalah kanker hati.

Penyakit yang berhubungan dengan hati tidak boleh diremehkan, karena jika dibiarkan pengobatannya juga akan semakin sulit. Hubungan antara hati dan tidur sangat intim. Jika hati rusak, kesehatan tidur juga akan terganggu. Jadi bagaimana kita tahu telah/akan memiliki kanker hati? Faktanya, orang yang berisiko terkena kanker hati akan memiliki beberapa gejala dini berikut ini:

Air kencing berwarna gelap

Di pagi hari, urine sering mencerminkan keadaan fisik seseorang yang tidak nampak. Urine yang normal harusnya berwarna kuning muda, kadang-kadang kuning biasa, yang menandakan seseorang harus lebih banyak minum air. Namun demikian, jika urine tiba-tiba berwarna gelap tanpa sebab yang jelas, patut harus diwaspdai karena kemungkinan besar fungsi hati bermasalah.

Gusi berdarah

Banyak orang mengalami gusi berdarah saat menyikat gigi, ini wajar. Namun, jika belum menyikat gigi dan gugi sering berdarah saat bangun, kemungkinan fungsi hati dan fungsi pembekuan darah terganggu. Tidak hanya ketika bangun saja, bisa juga saat makan makanan keras, juga mudah mengalami gusi berdarah.

Lelah

Sudah tidur cukup 8 jam sehari dan tidak pula begadang. Namun, ketika bangun di pagi hari, tubuh masih terasa lelah, sebaiknya harus segera ke rumah sakit untuk memeriksa apakah fungsi hati mulai terganggu. Karena jika hati bermasalah, hal ini akan menyebabkan mudah kelelahan, kantuk dan kurang kewaspadaan di pagi hari.

Jika Anda ternyata memiliki 2 dari 3 tanda di atas, sebaiknya jangan tunda ke rumah sakit untuk melakukan pengujian fungsional. Guna melindungi hati, kita harus memulai kebiasaan sehat seperti berolahraga secara teratur, tidak begadang, tidak merokok, tidak minum alkohol, dll.

Cara melindungi hati selalu sehat

Untuk melindungi hati agar selalu sehat, hendaknya kita perlu melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut ini:

Minumlah banyak air untuk meningkatkan detoksifikasi

Saat meminum air, tambahkan beberapa teh herbal seperti akar dandelion untuk meningkatkan efek detoksifikasi, meningkatkan regenerasi hati dan mencegah kerusakan hati.

Pertahankan sikap positif

Tahukah Anda bahwa gampang emosi dan marah dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius. Jadi, jagalah tetap dalam suasana hati yang baik dan sikap positif.

Berhenti merokok

Merokok dan minum alkohol berbahaya bagi tubuh, menambah beban berat pada hati. Minum alkohol, merokok dalam waktu lama akan menyebabkan kerusakan hati dan penyakit hati.

Jangan tidur terlalu malam

Begadang tidak hanya merusak hati, membuatnya tidak dapat melakukan detoksifikasi secara normal, tetapi juga mengurangi fungsi kekebalan tubuh. Karena itu, seseorang harusnya tidur sebelum jam 11 malam dan setidaknya 6-8 jam per malam.

Jangan Lewatkan


Tulis Komentar Sembunyikan Komentar

Disqus Comments