Beranda Kesehatan 4 Kebiasaan Sepele Saat Tidur Ini Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan

4 Kebiasaan Sepele Saat Tidur Ini Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan

Tidur dengan nyenyak
Tidur dengan nyenyak

Umumnya untuk menurunkan berat badan seseorang harus melakukan olahraga atau diet makanan tertentu. Namun, dengan hanya tidur saja sebenarnya kita juga bisa mengurangi berat badan yang berlebihan. Tentunya ini bukan sekedar tidur biasa, namun tidur dengan aturan-aturan tertentu yang dikhususkan untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Saat metabolisme bekerja dengan baik, proses pembakaran lemak juga akan terjadi lebih maksimal. Meningkatkan peluang penurunan berat badan yang tidak kita sadari. Berikut ini adalah empat kebiasaan sepele saat tidur yang ternyata bisa bantu menurunkan berat badan:

Tidur di kamar dengan suhu rendah

Lemak coklat dirangsang untuk bekerja di lingkungan bersuhu rendah. Dalam tubuh manusia ada 2 jenis lemak: lemak coklat dan lemak putih. Lemak putih cenderung mengalami proporsi yang lebih tinggi dan sering menumpuk di perut, paha, organ tubuh lainnya. Sedangkan lemak coklat rendah dalam jumlahnya dan memiliki kemampuan untuk membakar kalori dan lemak putih.

Manusia dapat secara aktif meningkatkan jumlah dan menstimulasi lemak coklat agar bekerja secara maksimal dengan cara berolahraga di tempat yang dingin, mengurangi suhu ruang kerja, tidur di ruangan suhu rendah, dll.

Banyak kalori yang tidak sepenuhnya dibakar karena berada di lingkungan yang sangat panas lantaran aktivitas lemak coklat sangat kecil. Selain itu, tidur telanjang juga merupakan cara untuk mengurangi suhu tubuh yang optimal, sehingga meningkatkan proses pembakaran lemak.

Tidur dalam gelap

Melatonin tidak hanya membantu tidur tetapi juga memainkan peran penting dalam mengubah lemak putih menjadi lemak coklat. Tubuh cenderung menghasilkan lebih banyak hormon ini ketika dalam kegelapan. Studi ilmiah juga menunjukkan bahwa paparan cahaya jangka pendek dapat mengganggu produksi hormon ini. Karena itu, Anda harus mematikan lampu dan menutup gorden saat tidur. Selain itu, cara ini juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur.

Hindari menggunakan perangkat elektronik

Cahaya biru dari ponsel dan komputer adalah salah satu alasan yang dapat membuat seseorang sulit tidur. Penelitian oleh Universitas Harvard menunjukkan bahwa cahaya biru dari perangkat elektronik mencegah produksi melatonin. Oleh karena itu, Anda harus menjauhkan ponsel dari tempat tidur dan mematikan perangkat elektronik lainnya di kamar sebelum tidur.

Tidur yang cukup

Tubuh cenderung membakar lebih banyak kalori ketika tidur nyenyak. Cukupkan waktu tidur setidaknya 7-8 jam dalam sehari dan hindari kebiasaan begadang untuk melindungi kesehatan dan jga mengontrol berat badan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here