Beranda Kesehatan 5 Makanan Sumber Protein Selain Daging yang Lebih Bagus dan Sehat

5 Makanan Sumber Protein Selain Daging yang Lebih Bagus dan Sehat

Makanan sumber protein alami
Makanan sumber protein alami

Makanan Sumber Protein Alami – Protein memiliki peran sangat penting bagi kesehatan tubuh, kita tidak bisa dan tidak boleh menghindarinya sama sekali. Karena protein itu sendiri merupakan bagian dari setiap makhluk hidup. Kita juga perlu memperoleh asupan protein secara teratur karena terus-menerus dipecah dan dimetabolisme oleh tubuh. Dengan demikian, perlu diisi ulang.

Ada banyak sumber protein, yang paling populer di antaranya adalah tentu saja daging. Tetapi bagaimana jika kita tidak suka makan daging atau ingin membatasi asupannya?. Jangan khawatir, ada berbagai banyak makanan sumber protein alternatif yang lebih bagus dan lebih sehat dari daging.

Namun sebelum itu, sebaiknya kita perlu tahu tentang seberapa banyak sebenarnya protein yang dibutuhkan tubuh?. Terkait hal ini, ada perbedaan pada masing-masing usia seseorang. Menurut pola makan yang direkomendasikan, seperti yang diterbitkan oleh Badan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, wanita dan pria berusia antara 19 dan 70 tahun masing-masing membutuhkan paling banyak 46 dan 56 gram kalori per harinya. Selain itu, protein harus diperoleh setidaknya 10% tetapi tidak lebih dari 35% total jumlah kalori harian.

Di bawah ini adalah beberapa makanan sehat sumber protein selain daging yang bisa Anda nikmati.

Yogurt Yunani

Yoghurt Yunani mengandung setidaknya 23 gram protein untuk setiap porsi 8 ons. Tetapi manfaatnya bisa melampaui protein dari susu. Misalnya, ia memiliki gula lebih rendah daripada yogurt biasa atau komersial. Yogurt Yunani adalah sumber probiotik sangat baik yang penting untuk kesehatan usus.

Alpukat

Satu porsi alpukat (1/5 dari 30 gram buahnya) mengandung sekitar 10 gram protein. Alasan lain mengapa kita perlu menambahkan alpukat sebagai makanan harian adalah karena lemak sehatnya yang berlimpah dan ini bagus untuk tubuh. Sumber lemak sehat dari alpukat tidak meningkatkan kolesterol, tetapi justru menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada.

Kacang-kacangan

Banyak vegetarian atau vegan mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian sebagai sumber protein mereka. Misalnya, secangkir kacang Arab sudah memiliki sekitar 14,5 gram kandungan protein. Satu ons selai kacang mengandung lebih dari 5 gram protein.

Biji gandum

Makan protein tidak harus berarti mengabaikan hal-hal penting lainnya seperti karbohidrat. Kita dapat menggabungkan keduanya dengan quinoa, yang memiliki sekitar 9 gram protein per porsi.

Biji Rami

Biji rami juga merupakan sumber protein yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Cukup tambahkan 30 gram rami dalam makanan harian, untuk mendapatkan lebih dari 10 gram protein tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here