Beranda Kesehatan 5 Saran Gaya Hidup bagi Penderita Diabetes Agar Bisa Hidup Nyaman

5 Saran Gaya Hidup bagi Penderita Diabetes Agar Bisa Hidup Nyaman

Penderita Diabetes
Penyakit diabetes

Dokter telah mendiagnosis Anda menderita diabetes, apa yang harus dilakukan sekarang selain menjalani pengobatan seperti pada umumnya?. Berikut ini akan dibahas, bagaimana menjalani gaya hidup yang sehat untuk penderita diabetes.

Penyakit Diabetes terjadi ketika pankreas tidak lagi mampu memproduksi insulin atau sel-sel tubuh tidak lagi dapat merespon insulin dengan baik. Hasilnya adalah glukosa akan menjadi tinggi (gula darah), yang dapat menyebabkan sering buang air kecil, penglihatan kabur, kenaikan berat badan, rasa haus atau kelaparan yang terlalu sering, luka dan memar yang sulit, mati rasa di tangan dan kaki, serta disfungsi seksual pada pria.

Penyakit diabetes yang sudah parah juga dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang secara negatif. Mau apa-apa rasanya badan sakit semua, sehingga sangat mengganggu dalam kehidupan sehari-hari. Namun, hal itu sebenarnya bisa diatasi dan penderita tidak harus terus-terusan merasakan sakit dalam kesehariannya. Dengan beberapa perubahan gaya hidup, rasa sakit akibat diabetes dapat diminalisir dan tentu saja Anda dapat menjalani kehidupan normal kembali.

Tingkatkan aktivitas fisik

Penderita diabetes tidak perlu olahraga yang berat-berat karena ini justru kurang baik. Cukup yang ringan-ringan saja, seperti misalnya berjalan setidaknya 30 menit setiap pagi, menyapu atau menyedot debu lantai, melakukan aktivitas kebun, dan sejenisnya yang dapat membakar kalori serta membantu menurunkan gula darah secara alami.

Penderita diabetes perlu menjaga berat badan

Glukosa darah tinggi dapat menyebabkan kenaikan berat badan tanpa disadari atau sebab yang jelas, jadi sementara waktu kurangi asupan makanan yang dapat menyebabkan gula darah naik. Hal ini seperti misalnya mengurangi dan bahkan berhenti sama sekali mengonsumsi minuman soda, cokelat, dan camilan yang kurang sehati. Sebaliknya, Turunkan Gula Darah Tinggi Cepat dengan 11 Makanan Alami Ini.

Pilih makanan yang lebih sehat

Pilihan makanan sangat penting bagi mereka penderita diabetes. Jadi, entah itu makan di rumah atau di restoran, lakukan upaya sadar untuk memilih makanan yang sehat.

Berikut adalah beberapa makanan kuat yang akan memberi tubuh vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang dibutuhkan untuk mengatasi penyakit ini: apel, asparagus, alpukat, kacang, blueberry, brokoli, wortel, cranberry, ikan, biji rami, bawang putih, kale , melon, kacang-kacangan, oat, quinoa, raspberry, jeruk merah, bawang merah, paprika merah, kedelai, bayam, teh tawar, tomat dan yogurt.

Jaga tubuh tetap terhidrasi

Air minum memang sangat penting perannya dalam kehidupan manusia, terutama bagi para penderita diabetes. Hal ini karena glukosa darah tinggi dapat menumpuk dalam aliran darah dan menghasilkan kelebihan gula di ginjal. Tetap terhidrasi membantu mencegah komplikasi ini, mengisi kembali air yang hilang dalam pemrosesan glukosa dalam tubuh dan membantu ginjal beroperasi secara normal.

Konsumsi obat insulin secara tepat waktu

Meskipun penggunaan obat insulin biasanya tidak diperlukan dalam kasus diabetes ringan, injeksi insulin diperlukan jika pankreas tidak lagi dapat memproduksi insulin. Konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui jenis insulin mana yang terbaik untuk Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here