Beranda Kesehatan Herbal 6 Tips Mencegah Mabuk Kendaraan Saat Mudik dengan Ramuan Herbal

6 Tips Mencegah Mabuk Kendaraan Saat Mudik dengan Ramuan Herbal

Mencegah mabuk kendaraan
Jus bawang mencegah mabuk kendaraan

Sering mengalami pusing, mual-mual, dan muntah saat naik kendaraan merupakan gejala dari mabuk kendaraan. Kondisi ini tentu saja sangat mengganggu dan bikit tidak nyaman saat melakukan perjalanan. Pada beberapa orang, mabuk kendaraan bisa disebabkan karena bau bahan bakar atau lingkungan di dalam kendaraan yang tidak kondusif.

Terlebih saat suasana mudik lebaran seperti sekarang ini, banyak orang yang berbondong-bondong pulang ke kampung halaman baik itu dengan naik bus, kapal terbang, kereta api, maupun kendaraan pribadi, mabuk kendaraan bisa terjadi kapan saja. Agar perjalanan mudik Anda menyenangkan bebas dari mabuk kendaraan, Anda bisa mencoba membuat ramuan herbal di bawah ini sebelum melakukan perjalanan mudik.

1. Jus lemon + lada

Dalam secangkir jus lemoin, tambahkan sedikit bubuk lada (secukupnya) dan konsumsilah seperti biasa. Campuran ini sangat efektif untuk mencegah sakit kepala atau pusing-pusing yang terkait dengan mabuk perjalanan.

2. Teh Jahe Merah

Kita pilih jahe merah karena efeknya lebih bagus dan terasa. Teh jahe merupakan obat alami yang bagus untuk mengatasi mual-mual saat melakukan perjalanan jauh atau mudik. Selain itu, khasiatnya juga dapat mengoptimalkan dan meningkatkan sistem pencernaan.

3. Teh Kayu Manis

Rebuslah sedikit air dan tambahkan dengan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalamnya. Kemudian tambahkan pula dengan satu sendok teh madu dan minumlah seperti biasa. Minuman ini sangat efektif untuk mengurangi gejala mabuk saat dalam perjalanan.

4. Cengkeh + Madu

Siapkan cengkeh secukupnya lalu tambahkan dengan satu sendok teh madu  dan kunyah-kunyah, tidak perlu ditelan. Manfaatnya bisa mencegah rasa mual-mual akibat mabuk kendaraan.

5. Kapulaga

Saat merasakan mual-mual di tengah perjalanan, kunyahlah kapulaga secepatnya. Efeknya bahkan bisa langsung dirasakan seketika itu juga, rasa mual tersebut akan berangsur-angsur mereda. Jadi sebelum melakukan perjalanan mudik, baiknya sediakan kapulaga juga ya…

6. Jus Bawang

Tips yang terakhir, minumlah secangkir jus bawang sebelum melakukan perjalanan. Meskipun rasanya memang tidak cukup enak, tapi manfaatnya sangat ampuh untuk mencegah mual-mual akibat mabuk kendaraan saat perjalanan. Boleh juga ditambahkan dengan gula merah (gula Jawa) atau madu untuk menambah kenikmatan citarasa.

Anda tidak perlu mencoba tips di atas semuanya, cukup pilih beberapa saja yang menurut Anda paling pas dan cocok dengan selera. Semoga bermanfaat…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here