Beranda Binatang 7 Cara Membasmi Tikus Tanpa Menebar Racun Berbahaya

7 Cara Membasmi Tikus Tanpa Menebar Racun Berbahaya

Tikus pengerat
Tikus pengerat

Hanya karena ingin yang instan, kebanyakan orang sekarang sering menggunakan racun untuk membasmi tikus. Tanpa sadar bahwa penggunaan racun tersebut, yang beberapa mengandung sianida, dampaknya tidak hanya pada tikus yang mati saja. Melainkan juga bisa merusak ekosistem alam di sekitarnya.

Racun yang ada pada bangkai tikus biasanya tidak hilang selama bertahun-tahun. Bahkan setelah bangkainya kering, racunnya bisa tersebar ke udara melalui tiupan angin. Tentu ini bisa berdampak buruk bagi makhluk hidup di sekitarnya.

Belum lagi jika bangkai tikus yang mati tersebut dimakan oleh kucing, pasti kucingnya juga akan ikut mati. Sesuatu hal yang sangat tidak diinginkan oleh para pecinta makhluk lembut tersebut. Tikus memang salah satu hewan yang paling tidak diinginkan jika masuk rumah, namun masih banyak cara-cara alami yang bisa kita gunakan untuk mencegahnya.

Berikut Jegulo bagikan beberapa solusi efektif yang dapat digunakan untuk mencegah tikus masuk ke rumah kita:

Perangkap tikus

Jika di rumah Anda banyak tikusnya, boleh mencoba menggunakan perangkap tikus. Cukup letakkan perangkap beserta umpannya di sekitar rumah, di sudut-sudut ruangan dan tunggu, dalam waktu satu malam pasti akan dapat tikus yang terperangkap.

Pengusir tikus ultrasonik

Belakangan perangkat ini menjadi sangat populer dan hasilnya memang cukup efektif. Suara ultrasonik menyebar ke seluruh rumah dan dapat mencegah tikus masuk. Suara ini tidak terdengar oleh telinga manusia, namun sangat memekakkan telinga tikus sehingga mereka tidak sanggup berada di dekatnya.

Lem Tikus

Penggunaan lem terbilang cara sederhana namun sangat efektif untuk menghilangkan tikus di rumah. Belilah lem khusus untuk tikus dan aplikasikan pada bidang karton besar. Tikus akan menempel pada lem dan tidak akan bisa bergerak kemana-mana. Lem akan menjebak semua hewan pengerat tersebut dan Anda bisa membuang semuanya sekaligus.

Minyak peppermint

Tuang beberapa tetes minyak peppermint ke dalam wadah kecil dan letakkan di sekitar rumah, di tempat-tempat yang pernah ada tikusnya. Tikus diketahui tidak tahan dengan aroma peppermint dan akan berusaha menghindarinya.

Parutan cabai dan keju

Ambil beberapa bubuk atau parutan cabai super pedas dan campur dengan parutan lembut keju parmesan sehingga tikus akan tertarik untuk memakannya. Tikus akan memakan parutan cabai super pedas bersamaan dengan keju tersebut. Namun akhirnya, mereka tidak akan pernah kembali lagi ke rumah Anda.

Bubuk cabai

Sama seperti telah disebutkan sebelumnya, cukup tebarkan bubuk cabai di sekitar rumah. Menyium aromanya saja, tikus tidak akan berani mendekat dan mereka akan berusaha menjauh.

Kucing sebagai hewan peliharaan

Memiliki kucing sebagai hewan peliharaan bisa menjadi cara yang bagus untuk menjaga hewan pengerat agar tidak masuk ke rumah. Kucing kampung biasanya memiliki insting pemburu yang kuat dan tikus adalah makanan utamanya. Kucing akan mengejar dengan sangat cepat kemanapun tikus pergi sampai tertangkap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here