Beranda Kesehatan 7 Makanan Kaya Protein yang Baik Dikonsumsi Setiap Hari

7 Makanan Kaya Protein yang Baik Dikonsumsi Setiap Hari

makanan tinggi protein
Ilustrasi makanan tinggi protein

Protein memiliki semua manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh, mempercepat proses pemulihan otot, membuat perut merasa puas kenyang dan dapat mencegah osteoporosis. Menurut Healthline, jumlah protein yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 0,8 gram per kilogram berat badan per hari.

Dengan satu telur yang mengandung sekitar enam hingga tujuh gram protein, hal itu dianggap sebagai sumber makanan yang sempurna untuk sarapan, makan siang atau makan malam. Jika Anda ingin menambah asupan protein harian, Reader’s Digest telah menyusun daftar tujuh makanan berikut.

1. Edamame

Camilan hijau nabati ini mengandung banyak magnesium dan protein. “Dalam satu cangkir, edamame menyajikan sekitar 26 gram protein, zat besi, dan kalsium, serta sepertiga dari asupan serat harian yang direkomendasikan,” kata Abby Sauer, seorang ahli masalah penuaan.

2. Tempe

Terbuat dari kedelai yang difermentasi dan dipres, tempe adalah pilihan yang sehat dan serbaguna. Anda bisa mengolahnya menjadi sup, tongseng, atau memanggangnya. Empat ons tempe mengandung lebih dari 20 gram protein, menurut ahli gizi Anne Danahy.

3. Tuna

Sebagai sumber protein tanpa lemak alami, 5 ons tuna mengandung 32 gram protein. Sauer sangat merekomendasikan termasuk tuna dalam diet sehat harian. Selain itu juga serbaguna, karena Anda bisa memakannya di sandwich, salad, atau memasaknya dengan pasta.

4. Biji semangka

Lain kali jika makan semangka, perhatikan biji buahnya. Ahli diet anak-anak Colene Stoernell merekomendasikan biji semangka untuk diet vegan. Tidak hanya merupakan sumber protein nabati yang baik, biji semangka juga kaya akan zat besi, magnesium, dan zink. Healthline merekomendasikan biji semangka bakar sebagai alternatif dari pilihan makanan ringan yang tidak sehat.

5. Lentil

Lentil itu sehat, murah dan memuaskan, sumber makanan yang sempurna untuk diet diet harian. Anda dapat mengonsumsi lentil hijau dalam bentuk salad dan merah untuk kari pedas. Bijinya kaya akan karbohidrat dan serat. Menurut Sauer, satu porsi lentil mengandung sekitar 18 gram protein dan sepertiga dari asupan zat besi harian yang direkomendasikan.

6. Sarden

Ahli gizi klinis Stella Metsovas merekomendasikan makan tiga kaleng sarden seminggu. Tiga ons sarden mengandung lebih dari 18 gram protein, serta selenium dan vitamin D. Sarden juga kaya akan omega-3. Makan sarden kalengan dengan tulangnya sekaligus dianggap baik untuk kesehatan tulang.

7. Yoghurt Yunani

Real Greek yogurt atau Yoghurt Yunani asli bertekstur krim, kental dan penuh protein. Satu cangkir yogurt Yunani tanpa lemak memiliki sekitar 24 gram protein yang setara dengan empat telur.

“Yoghurt tradisional Yunani dibuat secara khusus, menghasilkan yogurt yang lebih kaya dan lebih kental dengan protein dua kali lipat dan lebih sedikit gula daripada yogurt biasa,” kata ahli diet Julie Upton.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here