Beranda Kesehatan Agar Tubuh Kuat Melawan Virus Corona (Covid-19), Perbanyak Makan Ini

Agar Tubuh Kuat Melawan Virus Corona (Covid-19), Perbanyak Makan Ini

Penyebaran virus corona (COVID-19) kini telah merambah ke Indonesia. Sebagai langkah antisipasi penyebarannya, bahkan pemerintah beberapa hari lalu telah mengumumkan agar seluruh masyarakat dianjurkan libur di rumah untuk sementara waktu.

Penularan virus corona pada dasarnya bisa dicegah dengan senantiasa menjaga dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Mereka yang sistem kekebalannya rendah akan lebih mudah terinfeksi dengan berbagai ancaman virus luar, tak terkecuali adalah virus corona versi terbaru COVID-19.

Beberapa makanan alami pilihan di bawah ini jika dikonsumsi secara teratur dapat menyehatkan dan sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh guna melawan ancaman serangan virus corona. Adapun diantaranya adalah:

Brokoli

Makan brokoli
Makan brokoli

Brokoli mengandung banyak nutrisi, terutama protein, pati, lemak, mineral, vitamin C, dan karoten. 100 g brokoli mentah mengandung sekitar 3,5-4,5 g protein. Selain itu, brokoli juga kaya akan mineral seperti kalsium, fosfor, zat besi, kalium, seng, dan mangan. Semua kandungan tersebut sangat bagus dalam memperkuat sistem tubuh.

Tomat

Jus tomat
Jus tomat

Tomat kaya akan nutrisi dan memiliki banyak fungsi kesehatan. Lycopene dalam tomat mampu menghambat bakteri, asam malat, asam sitrat dan gula dalam tomat juga dapat meningkatkan keasaman jus lambung, membantu pencernaan serta mengatur fungsi pencernaan. Tomat mengandung asam buah yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan sangat bagus dikonsumsi oleh mereka yang memiliki kolesterol tinggi.

Ubi jalar (Ketela)

Ketela ubi jalar
Ketela ubi jalar

Ubi jalar adalah salah satu tanaman yang kaya akan vitamin A. Ketela dapat dikonsumsi dengan cara direbus pakai air sampai mendidih lalu setelah matang (gembur) bisa langsung dimakan hangat-hangat.

Daun ubi jalar juga bisa dimanfaatkan untuk membuat sayur. Ubi jalar juga memiliki fungsi mencegah aterosklerosis dan menghambat pertumbuhan kanker.

Wortel

Jus wortel
Jus wortel

Wortel sangat kaya akan nutrisi, termasuk sukrosa, pati, karoten, vitamin B1, B2, asam folat, berbagai asam amino dan lisin tinggi. Termasuk manitol, lignin, pektin, quercetin, kaempferol, minyak mudah. volatile, asam asetat dan kalsium. Kandungan-kandungan sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

Seledri

Jus seledri
Jus seledri

Seledri kaya akan protein, pati, karoten, vitamin B, kalsium, fosfor, zat besi, natrium. Bahkan seledri juga memiliki fungsi detoksifikasi serta menutrisi paru-paru, perut, darah dan usus. Termasuk juga bisa menyembuhkan batu, tekanan darah tinggi dan membantu menenangkan otak.

Selain makan banyak sayuran yang memang baik untuk tubuh, perlu juga dibarengi dengan gaya hidup sehat, cukup tidur dan olahraga secara teratur tidak hanya baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh tetapi juga meningkatkan sistem kekebalan agar terhindar dari ancaman pandemi virus corona seperti sekarang ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here