Beranda Pengetahuan Arti Tanda Tangan Seseorang dari Bentuk dan Gaya Penulisannya

Arti Tanda Tangan Seseorang dari Bentuk dan Gaya Penulisannya

Tanda tangan
Tanda tangan

Apakah arti tanda tangan seseorang? Tanda tangan boleh dibilang sebagai salah satu identitas manusia, terutama di zaman modern. Banyak berkas yang baru dianggap sah setelah mendapat tanda tangan pihak yang berkepentingan.

Tanda tangan menjadi semacam cap untuk seseorang. Karena begitu melekatnya, diyakini bahwa tanda tangan seseorang memiliki makna khusus.

Artinya, tanda tangan tidak dibuat asal-asalan saja dan tanpa makna, meski sekilas hanya berupa coretan tanpa arti. Ada ciri tertentu yang dapat dilihat dari tanda tangan yang dibubuhkan seseorang.

Tanda Tangan

Pada dasarnya tanda tangan seseorang tidak pernah sama persis. Meski dia menandatangani dua buah berkas dalam waktu hampir bersamaan. Pasti ada tarikan garis atau huruf yang tidak sama atau berbeda.

Jika tidak percaya, cobalah membubuhkan tanda tangan beberapa kali sekaligus di sebuah kertas kosong. Dan lihatlah bentuknya. Ada perbedaan di sana-sini, bukan?

Jangan cemas, itu adalah sesuatu yang sangat wajar. Semua orang pasti seperti itu. Karena kita adalah manusia yang bergerak, bukan robot. Tarikan garis atau tekanan pada kertas tidak akan sama. Sehingga tanda tangan yang dihasilkan pun tidak sama pula.

Tanda tangan seseorang merupakan perwakilan orang tersebut. Ketika Anda menandatangani selembar cek, maka cek tersebut baru dapat diuangkan. Jika tidak, maka yang terjadi sebaliknya.

Demikian juga saat memberikan kuasa pada seseorang. Setelah surat kuasa dibubuhi tanda tangan, barulah memiliki kekuatan hukum yang mengikat pemberi dan penerima kuasa.

Unsur dan Saran Membuat Tanda Tangan

Sebelum lebih jauh membicarakan tentang makna tanda tangan, ada baiknya membahas tentang unsur-unsurnya. Biasanya, tanda tangan berisi nama depan, nama belakang, atau penambahan lain.

Bisa jadi hanya terdiri dari satu unsur saja, hingga kombinasi ketiganya. Tidak ada aturan baku tentang bagaimana membuat tanda tangan yang seharusnya. Tiap orang punya kebebasan untuk menorehkan tanda tangan sesuai keinginannya.

Namun, ada beberapa pihak yang memberi saran bagaimana tanda tangan yang baik itu. Masalah apakah Anda akan mengikuti saran tersebut atau sebaliknya, itu semua terserah.

Banyak yang berpendapat bahwa sebaiknya sebuah tanda tangan itu dibuat dari nama Anda yang tertulis jelas dan terbaca. Tanda tangan sebaiknya lebih besar dibanding tulisan tangan biasa.

Selain itu, usahakan agar seirama dengan tulisan tangan si pemilik tanda tangan. Akan tetapi sekali lagi, itu hanyalah saran. Anda boleh menuruti saran tersebut atau mengabaikannya.

Makna Tanda Tangan Seseorang

Lalu, bagaimana sebenarnya makna tanda tangan seseorang? Apakah benar kalau orang bisa menilai dengan cukup akurat? Lagi-lagi tidak ada kepastian tentang hal ini.

Jika Anda membubuhkan nama depan pada tanda tangan, konon Anda merupakan tipe orang yang membutuhkan perhatian atau dorongan untuk membuktikan kemampuan diri.

Jadi, Anda adalah tipe orang yang ingin menunjukkan bahwa Anda ingin dinilai berdasarkan kemampuan sendiri. Bukan atas dasar nama keluarga.

Sementara, jika tanda tangan menekankan pada nama belakang atau nama keluarga. Maka dianggap si penandatangan adalah orang yang mengagungkan keluarga. Atau memiliki ketergantungan yang besar terhadap keluarga besarnya.

Bagaimana jika ada tanda tangan yang berisi nama lengkap si penulis yang identik dengan tulisan tangannya?

Menurut penelitian, si pemilik tanda tangan adalah orang yang merasa nyaman dengan dirinya sendiri. Orang ini juga tergolong orang yang apa adanya dan tidak suka tampil menonjol.

Apakah hanya itu saja hal-hal yang dapat dinilai dari sebuah tanda tangan? Tentu saja tidak. Ada banyak hal yang bisa dijadikan dasar penilaian.

Jika tanda tangan miring ke kiri sementara tulisan tangan miring ke kanan. Anda dinilai sebagai orang yang hati-hati.

Meski dianggap lumayan ramah, namun Anda juga termasuk orang yang berusaha menjaga jarak dan enggan terlibat hubungan akrab dengan orang luar.

Lalu, apa penilaian jika yang terjadi sebaliknya? Dalam hal ini tanda tangan miring ke kanan sementara tulisan miring ke kiri? Anda adalah orang yang mandiri dan tidak mengidentikkan diri dengan kelompok manapun.

Namun, Anda adalah orang yang ramah dan terbuka serta bijaksana. Anda juga tergolong orang yang populer di kelompok atau komunitas tertentu.

Apabila Anda memiliki tanda tangan artistik, di mana tidak ada huruf yang terpisah. Maka Anda dinilai sebagai orang yang tidak pernah ragu dalam mengutarakan pendapat.

Jika tanda tangan tidak pernah mengalami perubahan, berarti selama bertahun-tahun sejak masih sekolah. Si penulis dianggap orang yang masih belum dewasa dan mengalami kesulitan untuk menyesuaikan diri dengan pertambahan usia yang cukup banyak.

Pernah melihat tanda tangan yang bentuknya melingkar? Itu menandakan kalau orang tersebut sangat tidak menyukai campur tangan orang lain dalam hidupnya. Orang itu juga penyendiri dan sengaja menciptakan jarak dari dunia luar.

Sementara jika sebuah tanda tangan diakhiri dengan garis atau titik. Si penulis adalah orang yang sangat teliti. Di lain pihak, Anda harus hati-hati jika tanda tangan dilalui oleh garis karena dianggap sebagai tanda bahaya.

Penulis dinilai kemungkinan besar merasa tidak lagi memiliki hak untuk bertahan hidup. Jadi, ada kecenderungan untuk melakukan bunuh diri.

Bagaimana dengan tanda tangan yang diakhiri oleh garis bawah yang tegas? Anda adalah orang yang berani dan penuh keyakinan.

Sebaliknya, jika garis bawah bergelombang, kira-kira apa artinya? Si penulis adalah orang yang mampu melawan arus tanpa harus tenggelam. Dia tahu sekali apa yang harus dilakukan dalam menghadapi berbagai persoalan.

Dan jika tanda tangan seseorang dipenuhi huruf yang berukuran kecil dan saling berdesakan. Berarti orang tersebut sangat ekonomis dan tahu bagaimana caranya untuk berhemat.

Jika Anda memiliki tanda tangan yang tak terbaca. Berarti Anda adalah orang yang penuh misteri dan tidak mudah dibaca oleh orang-orang sekitar.

Lalu, apabila tanda tangan Anda jauh lebih besar dibanding tulisan tangan, Anda dinilai sebagai orang yang memiliki perasaan gengsi yang berlebihan. Dan menginginkan orang di sekeliling Anda menjadi terkesan.

Tanda tangan Anda bergerak turun? Anda adalah orang yang mudah terpeleset dalam menjalani kehidupan ini. Keputusasaan dan depresi mudah sekali menjangkiti Anda.

Sementara jika tanda tangan bergerak ke atas, menandakan bahwa Anda adalah orang yang memiliki ambisi yang besar. Sikap positif dan tidak mudah menyerah ini pada akhirnya akan menuai nasib baik dalam kehidupan di masa depan.

Itulah beberapa arti yang dianggap bisa dilihat dari tanda tangan seseorang. Masalah tepat atau tidaknya, tak ada rumus yang bisa menjamin. Ini hanyalah salah satu cara orang untuk mencari tahu tentang orang lain. Tidak ada aturan baku yang membenarkan pendapat di atas.

Oh ya, tahukah Anda siapa pemilik tanda tangan termahal di muka bumi ini? Jawabannya adalah William Shakespeare. Diperkirakan, hanya ada enam buah tanda tangan milik Shakespeare di dunia ini.

Saking sedikitnya, harga tanda tangan penyair ini pun melejit naik tak terbendung. Diperkirakan setiap tanda tangannya dinilai seharga 5 juta dolar. Jadi, bisa dikatakan bahwa salah satu makna tanda tangan William Shakespeare adalah 5 juta dolar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here