Perbedaan Antara Bahasa Korea dan Bahasa China

Bahasa Korea Hangul
Kaligrafi Hangul Korea

Negara-negara di Asia karena kedekatannya satu sama lain, sehingga banyak memiliki ciri khas yang sama baik secara fisik maupun bahasa yang digunakan. Bahasa hanyalah salah satu dari faktor-faktor yang telah berevolusi dari waktu ke waktu sebagai akibat dari hubungan yang erat satu sama lain.

Bahasa Korea dan Cina adalah dua bahasa yang sering membingungkan bagi orang-orang yang tidak terbiasa dengan dua bahasa tersebut. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan perbedaan diantara keduanya.

Bahasa Korea

Bahasa resmi Korea Utara dan Korea Selatan serta di Prefektur Otonom Korea Yanbian, bahasa Korea adalah bahasa yang dituturkan oleh sekitar 80 juta orang di seluruh dunia. Dari karakter hanji Cina, bahasa Korea diadaptasi dan ditulis selama lebih dari satu milenium hingga abad ke-15 ketika Sejong the Great menugaskan sistem penulisan bernama hangul. Pada abad ke-20 sistem penulisan ini mulai digunakan secara luas.

Turunan dari Korea Kuno, Korea Tengah, Korea Kuno ke Korea Modern, beberapa ahli bahasa menganggap Korea sebagai bagian dari keluarga bahasa Altai yang kontroversial sementara yang lain mengenalinya sebagai isolat bahasa.

Bahasa Korea memang mirip dengan bahasa Altai, namun tidak memiliki beberapa elemen gramatikal seperti artikel, kata ganti relatif dan morfologi fusional. Namun, bahasa Korea adalah subject–object–verb SOV dalam sintaksis dan aglutinatif dalam morfologinya.

Bahasa Cina

Bahasa Cina, membentuk salah satu cabang dari keluarga bahasa Sino-Tibet, terdiri dari buket varietas bahasa yang tidak dapat saling dipahami. Beberapa bentuk bahasa Mandarin dituturkan sebagai bahasa pertama oleh sekitar seperlima populasi dunia, dan dikatakan bahwa di antara 7 hingga 13 kelompok regional utama Cina. Bahasa Mandarin adalah yang paling banyak dituturkan di dunia.

Bahasa Mandarin standar didasarkan pada dialek Beijing Mandarin. Bahasa ini juga merupakan bahasa resmi Republik Tiongkok (Taiwan) dan Republik Rakyat Tiongkok. Bahasa Mandarin Standar juga merupakan salah satu bahasa resmi Singapura dan salah satu dari enam bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Selama dinasti Zhou awal dan tengah (1046–256 SM), orang-orang China menggunakan bahasa China Kuno. Selama masa dinasti Song, Sui, dan Tang (abad ke-6 sampai ke-10) serta di masa Dinasti Selatan dan Utara, orang-orang menggunakan Middle Chinese (Bahasa Cina Pertengahan). Namun, hingga pertengahan abad ke-20, dikatakan bahwa hanya varietas lokal bahasa Cina asli yang masih dituturkan oleh sebagian besar penduduk Cina selatan.

Korea vs Cina

Lantaran berasal dari bahasa Cina, tidak mungkin bagi bahasa Korea untuk tidak memiliki banyak kesamaan dengan bahasa Cina. Namun, ada banyak perbedaan antara dua bahasa yang membuatnya unik dengan caranya sendiri.

• Bahasa Korea adalah bahasa yang digunakan di Korea Utara dan Selatan serta salah satu bahasa resmi di Prefektur Otonomi Korea Yanbian Cina. Bahasa Cina bukanlah bahasa yang terisolasi tetapi sekelompok bahasa.

• Bahasa Cina adalah bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Bahasa Korea adalah ke-15 yang paling banyak digunakan.

• Bahasa Korea diyakini termasuk dalam kelompok bahasa Altai, sedangkan bahasa Cina tidak dapat dikategorikan secara tepat ke dalam kelompok bahasa tersebut.

• Mengacu pada bahasa Cina tertulis, karakter Cina pernah digunakan sementara dalam bahasa Korea, lalu kemudian karakter Hangul mulai populer menggantikannya.

Leave a Comment