Beranda Kesehatan Bahaya Keramas Pada Lima Waktu Ini, Termasuk Saat Menstruasi

Bahaya Keramas Pada Lima Waktu Ini, Termasuk Saat Menstruasi

Bahaya keramas
Wanita keramas

Keramas adalah perilaku biasa yang sering kita lakukan saat mandi guna membersihkan rambut dari segala bentuk kotoran yang mengendap. Namun jika ditinjau lebih jauh dari segi kesehatan, ada waktu-waktu tertentu yang sebaiknya kita tidak melakukan keramas secara sembarangan.

Karena saat keramas dan menggosok-gosok kepala, dampaknya bisa secara langsung memengaruhi otak, yang notabene memiliki banyak sistem saraf-saraf sensitif. Berikut ini lima waktu yang tidak direkomendasikan untuk keramas karena bisa berdampak bahaya bagi kesehatan tubuh.

Keramas segera setelah bangun di pagi hari

Saat bangun, fungsi tubuh membutuhkan waktu untuk mengembalikan dan mengedarkan darah pada tingkat normalnya. Pada saat ini, jika kita langsung keramas dapat menyebabkan iritasi tiba-tiba pembuluh darah otak, rasa lelah dan tidak nyaman. Lebih berbahaya, mencuci rambut pada waktu ini bisa membuat tubuh gampang masuk angin, sakit kepala, pusing yang tidak wajar.

Selain itu, pori-pori di kulit kepala biasanya terbuka dari jam 3 pagi sampai jam 10 pagi. Karena itu, jika Anda memiliki kebiasaan keramas di pagi hari, hal ini dapat mengganggu proses pertumbuhan rambut, menyebabkan rambut mudah rontok.

Keramas saat tengah menstruasi

Wanita saat tengah menstruasi sering merasakan tubuh yang tidak nyaman, resistensi juga menurun. Keramas pada waktu ini akan membuat tubuh jadi lebih rentan terhadap masuk angin, bahkan bisa juga menyebabkan menstruasi jadi tidak teratur.

Keramas segera setelah makan

Setelah makan, kita harus meluangkan waktu untuk mencerna makanan jangan malah langsung bergegas untuk keramas. Keramas saat perut kenyang dapat memengaruhi sistem pencernaan, menyebabkan masalah lambung. Bagi orangdengan penyakit kardiovaskular, mkeramas segera setelah makan dapat menyebabkan penyakit jantung iskemik, penyakit kardiovaskular dan serebrovaskular.

Cuci rambut Anda saat sedang demam

Keramas dan mandi saat Anda demam akan dengan mudah memperburuk penyakit Anda. Secara khusus, anak-anak dan orang tua harus memperhatikan perlindungan selama periode khusus ini karena daya tahan fisik yang lemah.

Keramas sesaat sebelum tidur

Keramas di malam hari adalah tindakan berbahaya yang tidak boleh dibiasakan. Selain bisa terkena pilek, keramas di malam hari dan membiarkan rambut basah saat tidur akan menyebabkan saraf menyusut. Ketika pembuluh darah tersumbat,efeknya akan menyebabkan aliran darah ke sistem saraf wajah berkurang, yang dapat memicu kelumpuhan wajah dan distorsi mulut.

Selain itu, kebiasaan keramas di malam hari juga merupakan penyebab lain dari sakit kepala kronis, jamur kulit kepala, bahkan stroke.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here