Beranda Dunia Bayi Terkecil di Dunia Lahir di Jepang dengan Selamat

Bayi Terkecil di Dunia Lahir di Jepang dengan Selamat

Bayi terkecil di dunia
Bayi terkecil di dunia

Seorang bayi yang lahir dengan berat hanya 258 gram tampaknya akan memecahkan rekor baru sebagai bayi laki-laki terkecil di dunia setelah dipastikan bertahan hidup, menurut sebuah rumah sakit di Prefektur Nagano, Jepang tengah.

Dokter yakin bahwa sekarang bayi laki-laki yang kini berusia sekitar 5 bulan Ryusuke Sekino akan segera dapat meninggalkan rumah sakit, memecahkan rekor yang sebelumnya dimiliki oleh seorang anak yang lahir di Tokyo pada Agustus lalu selisih 10 gram.

Tingkat kelangsungan hidup bayi yang lahir dengan berat kurang dari 1 kilogram adalah sekitar 90 persen di Jepang, tetapi bayi kurang dari 300 gram terbilang rendah, terutama untuk anak laki-laki.

Dokter Takehiko Hiroma dari Rumah Sakit Anak Nagano mengatakan pada konferensi pers bahwa dia “sangat bahagia” bahwa perawatan yang diberikan untuk bayi laki-laki, yang telah tumbuh menjadi 3,37 kilogram itu sehat, dan berhasil.

“Ada kesulitan dalam perawatan karena, segera setelah kelahirannya, pembuluh darahnya terlalu tipis untuk diberikan infus,” katanya.

Ibu bayi itu, Toshiko Sekino, yang juga menghadiri konferensi pers, mengingat bagaimana pada awalnya anak itu terlihat sangat rapuh sehingga dia bahkan tidak yakin bagaimana harus menyentuhnya.

“Saya benar-benar senang melihat dia tumbuh hari demi hari, berkat upaya hati-hati rumah sakit,” katanya.

Menurut Tiniest Babies Registry dari University of Iowa, pemegang rekor sebelumnya adalah bayi laki-laki yang lahir di Rumah Sakit Universitas Keio dengan berat hanya 268 gram. Bayi itu dipulangkan dari rumah sakit pada 20 Februari.

Situs web menunjukkan 25 bayi di seluruh dunia lahir dengan berat kurang dari 300 gram dan selamat, enam di antaranya adalah anak laki-laki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here