Beranda Hobi Cara Memotret dengan Kamera Digital yang Benar untuk Pemula

Cara Memotret dengan Kamera Digital yang Benar untuk Pemula

Belajar memotret
Seorang fotografer sedang memotret sebuah objek

Gaya memotret setiap orang pasti berbeda, tetapi tidak dengan cara memotret. Memahami bagaimana cara memotret yang baik seperti sudah merupakan satu keharusan bagi siapapun yang memang berniat untuk menekuni dunia fotografi.

Kegiatan memotret banyak dilakukan orang untuk mengisi waktu luang mereka. Banyak peristiwa keseharian yang diabadikan menjadi sasaran empuk para pecinta kegiatan memotret tersebut. Kegiatan yang dilakukan di luar ruangan atau pun di dalam ruangan. Keduanya sama menarik, tak hentinya menjadi ajang jeprat-jepret para pemburu foto. Cara memotret pun menjadi sebuah ilmu yang menjadi digemari.

Cara Memotret – Pelajaran Bagi Pemotret Amatir

Kegiatan memotret tentunya bukan hanya dilakukan oleh pemotret profesional atau orang yang telah mahir melakukannya, banyak juga fotografer dadakan yang memiliki semangat tinggi untuk melakukan kegiatan memotret ini. Pengetahuan tentang bagaimana cara memotret yang benar pun belum dimiliki terlalu. Meskipun belum terlalu memiliki bekal dan pengetahuan tentang bagaimana cara memotret yang benar, mereka tetap antusias memelajari hal tersebut.

Dari hasil jepretan para pemotret amatir nyatanya kita akan tetap disuguhkan dengan hasil karya yang cukup baik. Meskipun masih hijau dan asing dengan cara memotret yang benar, karya mereka patut diperhitungkan. Kita akan banyak menikmati hasil karya mereka di situs-situs yang menawarkan pertunjukan hasil karya mereka secara cuma-cuma. Jika diamati, hasil karya fotografer dadakan tersebut takkalah dari mereka yang telah profesional.

Semangat dari pemotret amatir atau pemotret dadakan untuk belajar bagaimana cara memotret yang benar merupakan hal yang harus dihargai. Mereka seolah percaya bahwa apapun jika ada niat dan semangat pasti bisa. Belajar dari mulai memotret dengan asal-asalan, nantinya keahlian memotret juga akan dimiliki secara alami.

Kurangnya pengetahuan untuk memotret tak membuat semangat para fotografer dadakan menjadi luntur. Mereka mempunyai keyakinan penting bahwa cara memotret dapat dipelajari kemudian. Learning by doing! Pembelajaran sambil praktik merupakan hal yang lebih menarik ketimbang melakukan pembelajaran resmi dalam suatu ruang kelas tertentu misalnya.

Memelajari cara memotret memang tidak mudah, tapi pembelajaran sambil praktik langsung membuatnya lebih menyenangkan. Apa yang dipelajari sembari memraktekkannya akan mudah masuk ke ingatan.

Belajar Cara Memotret Menggunakan Kamera Digital

Jenis kamera yang beredar luas di masyarakat sudah sangat bervariasi. Kamera tersebut diciptakan sebagai pemenuh kebutuhan manusia terhadap dunia fotografi. Anda yang ingin belajar bagaimana cara memotret yang baik dan benar sebenarnya belum terlalu membutuhkan kamera dengan spesifikasi canggih. Saatnya pun pasti akan tiba, saat Anda membawa kamera canggih itu kemanapun, merekam semua fenomena kehidupan yang terjadi di masyarakat.

Kamera-kamera canggih tersebut nantinya dikhawatirkan justru akan menyulitkan mereka yang ingin belajar bagaimana cara memotret yang baik. Bentuknya yang cenderung besar dan berat serta berbagai pengaturan yang ada di dalamnya pasti akan membuat bingung.

Untuk sekadar belajar bagaimana cara memotret yang baik, bagaimana mengetahui angle yang pas sehingga semua keindahan terekam dalam gambar, sebenarnya tidak perlu menggunakan kamera sejenis SLR, cukup gunakan kamera digital pocket Anda.

Kamera digital sudah biasa dipakai untuk melakukan kegiatan memotret. Dengan kamera digital, pembelajaran cara memotret dilakukan semakin lebih mudah. Pada kamera digital, hasil pemotretan disimpan dalam suatu alat yang dinamakan kartu memori (memory card).

Kita dapat lebih cepat mengetahui hasil pemotretan yang dilakukan. Biasanya, ditampilkan di layar yang terdapat pada bagian belakang kamera. Karenanya, kita dapat mengulang-ulang pemotretan sampai diperoleh hasil yang baik. Sehingga koreksian terhadap bagaimana cara memotret kita pun bisa dilakukan sesegera mungkin.

Untuk Anda yang sudah terbiasa melakukan pemotretan menggunakan kamera digital, Anda tentu sudah paham betul seluk-beluk cara memotret menggunakan kamera tersebut. Dengan mudah pula, Anda akan mendapatkan hasil pemotretan seperti yang diinginkan.

Cara Memotret Mudah dengan Kamera Digital

Kini, zaman sudah semakin canggih. Semuanya serba instan. Begitupun dengan kamera. Kamera digital diciptakan memang untuk memudahkan siapapun yang ingin belajar menjadi fotografer yang handal. Dengan kamera digital, belajar bagaimana cara memotret yang benar akan dirasakan dengan mudah. Anda tidak perlu repot-repot, cukup tekan dan gambar tersebut akan terekam.

Berfoto rasanya menjadi hobi bagi sebagian besar masyarakat. Mengabadikan momen-momen tertentu bahkan dianggap wajib. Sayang rasanya jika hal-hal menyenangkan itu berlalu saja dan hanya membekas di ingatan, begitulah kira-kira. Alasan itulah yang membuat orang ramai-ramai untuk sedikitnya mencari informasi bagaimana cara memotret yang dapat menghasilkan gambar bagus dan menarik.

Kegiatan memotret memang menjadi kegiatan menyenangkan yang digemari. Berikut ini beberapa kondisi yang harus diperhatikan ketika melakukan kegiatan dan cara memotret agar hasil dari jepretan Anda memuaskan.

  • Lakukanlah pemotretan dengan tenang.
  • Tentukan objek pemotretan dengan cermat sehingga diperkirakan Anda akan mendapatkan hasil yang bagus.
  • Jangan lupa untuk menentukan sudut pandang pemotretan yang lain daripada yang lain. Dengan demikian, Anda akan memperoleh foto yang indah dan unik.
  • Sebaiknya lakukan pemotretan di pagi hari agar udara masih terasa segar dan Anda tidak terkena sengatan terik matahari.
  • Selanjutnya, siapkan kamera digital Anda. Prinsip utama yang harus selalu Anda ingat ketika melakukan pemotretan adalah cahaya yang ditangkap oleh kamera. Usahakan Anda dapat menentukan intensitas cahaya yang cukup sehingga diperoleh hasil pemotretan yang baik pula.

Artinya, usahakan memilih tempat pemotretan yang cukup terkena cahaya, baik itu cahaya alami ataupun cahaya buatan (dari lampu). Jika cara memotret Anda salah, cahaya tersebut akan memengaruhi hasil jepretan Anda.

Apabila Anda melakukan pemotretan di luar ruangan, diperlukan cahaya matahari yang cukup. Sebaliknya apabila Anda melakukan pemotretan di dalam ruangan, diperlukan cahaya yang dapat berasal dari lampu. Selain itu, pergunakanlah lampu kilat (flash) dan kaki tiga (tripod) jika diperlukan.

Hal-hal yang seharusnya diperhatikan ketika melakukan pemotretan adalah sebagai berikut.

  • Anda sebaiknya memahami keterbatasan peralatan kamera digital yang dimiliki

Jangan kecewa jika hasil pemotretan tidak sebaik yang diharapkan. Boleh jadi hal itu diakibatkan karena keterbatasan kemampuan dari perangkat kamera yang Anda miliki bukan karena cara memotret Anda yang salah. Semakin baik suatu kamera, semakin sensitif kamera tersebut menangkap cahaya yang masuk dengan jarak lebih beragam. Oleh karena itu, optimalkan kemampuan kamera dengan memahami cara memotret yang baik.

  • Anda sebaiknya dapat mengatur pemotretan yang dilakukan

Aturlah pemotretan yang akan dilakukan sehingga Anda dapat memilih tempat yang cukup terkena cahaya. Dengan demikian, diharapkan Anda dapat memperoleh hasil yang baik. Atur pula sudut pandang untuk setiap pemotretan yang dilakukan sehingga Anda akan memperoleh hasil pemotretan yang menarik dan unik. Cara memotret seperti ini akan membuat hasil jepretan Anda memuaskan.

  • Anda sebaiknya memahami prinsip dasar pemotretan

Ingatlah selalu bahwa cara memotret yang berhasil adalah ketika kamera mendapatkan cukup cahaya. Selain itu, gunakan prinsip sembilan bagian daerah pandang pemotretan, dengan menempatkan objek pemotretan pada salah satu bagiannya. Pada kamera digital tertentu, kita dapat mengaktifkan layanan menu pengaturan garis-garis bantu (grids). Layanan tersebut akan membentuk sembilan daerah pemotretan tersebut. Jadi, dengan mudah kita dapat menempatkan objek pemotretan pada salah satu daerah tersebut.

  • Cetaklah foto-foto hasil pemotretan

Dengan mencetak foto-foto hasil pemotretan, Anda dapat mengukur kemajuan kemampuan memotret setiap waktu. Cara memotret yang salah pun bisa segera diperbaiki.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here