Beranda Pengetahuan Bisakah Manusia Hidup di Bulan? Ini Jawaban Menurut Sains

Bisakah Manusia Hidup di Bulan? Ini Jawaban Menurut Sains

Astronot bulan
Astronot bulan

Di bulan kita tidak akan menemukan udara, makanan, atau bahkan air untuk sekedar minum dikala haus, jadi kesimpulannya akan sangat sulit untuk tinggal atau hidup di sana. Ketika astronot pertama kali berjalan di Bulan lebih dari 45 tahun yang lalu, mereka mengenakan pakaian khusus untuk menjaganya tetap hidup di sebuah tempat yang benar-benar asing dan juga ekstrem

Pakaian astronot memiliki fungsi unik yang tidak akan kita dapatkan pada jenis pakaian apa pun. Secara khusus, pakaian tersebut dirancang agar memiliki fungsi, diantaranya:

Pemanas Tangan

Sarung tangan astronot memiliki fungsi pemanas di jari-jarinya karena suhu bisa tiba-tiba menjadi sangat dingin luar biasa di Bulan.

Pasokan udara

Para astronot juga membawa oksigen yang sudah dibenamkan di baju ranselnya. Oksigen mengalir ke helm sehingga para astronot bisa bernafas seperti di bumi.

Pelindung Matahari

Selain sebagai tambahan untuk membantu para astronot bernafas, helmnya juga bisa difungsikan sebagai alat pelindung mata dari silaunya sinar Matahari.

Sepatu Bot Bulan

Sepatu bot astronot didesain supert kuat untuk mengatasi permukaan berbatu Bulan yang begitu keras dan bisa menjadi sangat panas.

Tetap Dingin

Baju ruang angkasa memiliki suplai air yang mengalir melalui tabung di bawah kain. Hal ini berfungsi agar para astronot tidak kepanasan saat suhu tiba-tiba menjadi sangat panas.

Pressure Suit (Pakaian Ketat)

Para Astronot mengenakan setelan karet ketat, yang disebut Pressure garment. Fungsinya adalah untuk menjaga persendian sehingga mereka bisa bergerak lebih mudah.

Pangkalan di Bulan

Beberapa orang percaya bahwa kita mungkin bisa hidup di Bulan hanya dalam waktu 20 tahun, dan itupun kita harus berada di sebuah pangkalan yang terlihat seperti gambar ilustrasi di atas. Di sana akan ada persediaan sementara untuk kebutuhan hidup seperti udara, air, dan makanan.

Saat di bulan, Astronot juga membuat lubang pengeboran untuk memasukkan detektor dan menggali sampel batuan. Tahukah Anda, Pakaian luar angkasa sangatlah rumit sehingga untuk mengenakannya saja membutuhkan waktu lebih dari satu jam.

Pertanyaan buat kalian:

  • Mengapa sepatu Bulan harus kuat?
  • Bagaimana astronot bernapas di Bulan?
  • Berapa lama waktu yang dubutuhkan untuk memakai baju ruang angkasa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here