Beranda Hobi Cara Memulai Bisnis Budidaya Ikan Koi yang Profit Banyak

Cara Memulai Bisnis Budidaya Ikan Koi yang Profit Banyak

Ikan Koi
Ikan Koi

Ikan koi memang memiliki bentuk indah yang berwarna terang. Ada yang berwarna oranye terang, merah atau warna-warni campuran. Memelihara ikan ini memang relatif tidak mudah, karena membutuhkan pertimbangan yang benar-benar cermat dengan sumber daya yang unik guna menciptakan bisnis yang menguntungkan.

Fokus utamanya adalah membesarkan ikan koi berkualitas tinggi sehingga hasil jualnya nanti akan bagus dan menguntungkan. Misalnya nih, untuk mendapat untung paling besar, maka Anda bisa membesarkan ikan koi jenis yang berumur tiga tahun atau dikenal sebagai Sansai sanke, karena akan dijual lebih dari Nisai, atau koi yang berumur dua tahunan.

Hal-hal yang Dibutuhkan untuk Memulai Budidaya Koi

Tahap awal untuk mulai memelihara ikan koi tentu saja yang dibutuhkan adalah kolam kecil yang sekiranya dapat menampung air sekitar empat hingga enam kaki panjangnya (kurang lebih 2 meteran lah). Selain itu, sirkulasi air juga perlu dijaga agar ikan bisa tumbuh dengan optimal. Harus ada sistem aerasi dan filtrasi untuk ruang hidup yang bagus bagi koi.

Kolam seukuran empat kaki tadi dapat diisi dengan dua atau tiga koi kecil berkualitas tinggi untuk dibudidayakan secara lebih maksimal. Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak koi seiring waktu, maka perlu adanya sistem karantina, seperti wadah tangki, untuk memisahkan ikan-ikan yang berisiko memiliki penyakit agar tidak menyebar ke ikan lainnya.

Jaring yang dibuat khusus juga dibutuhkan untuk mengambil ikan dari kolam agar tidak terkena durinya atau memudahkan saat menjualnya sewaktu-waktu. Mangkuk atau kantong plastik juga diperlukan untuk memindahkan ikan ke pemilik baru atau pembeli. Jadi hal-hal dasar ini harus benar-benar sudah disiapkan sebelum memulai bisnis jual beli ikan koi.

Pemeliharaan dan Memberi Makan Ikan Koi

Setelah kolam dibuat dan sudah dimasuki bibit-bibit ikan koi, maka tahap selanjutnya adalah perawatan dan pemberian pakan ikan koi secara teratur. Tahap ini merupakan yang paling mahal karena kita tidak dapat berhemat pada makanan, karena pertumbuhan ikan sehat adalah kunci keuntungan bisnisnya.

Makanan ikan dengan kandungan sekitar 40 persen protein dari zooplanktons paling cocok untuk koi muda. Ikan koi akan membutuhkan lebih sedikit protein seiring bertambahnya usia. Namun selama musim-musim dingin (penghujan), atau ketika suhu air kolam turun, koi biasanya akan membutuhkan lebih sedikit makanan, sehingga dapat sedikit pula menghemat pengeluaran untuk alokasi makanan.

Menemukan Pembeli

Salah satu opsi untuk memudahkan penjualan ikan koi adalah dengan bekerjasama ke tengkulak dan mereka akan menjualnya dengan harga eceran kepada penggemar maupun orang-orang yang menginginkan koi untuk kolam hiasnya.

Pilihan lain adalah menjual ikan dengan harga eceran langsung ke orang yang menginginkannya untuk kolam mereka. Koi dapat dikirim secara langsung ke alamat pembeli, tetapi Anda juga harus menyediakan oksigen yang cukup di dalam air agar ikan tidak mati selama pengiriman.

Menentukan Harga Ikan Koi

Menentukan harga jual untuk ikan koi dimulai dengan mengetahui apa yang menentukan standar penilaian harga pasaran pada ikan koi. Biasanya harga berkisar dari $15 hingga $5.000 untuk koi dengan kualitas terbaik, menurut CNN Money.

Harga ini ditentukan oleh bentuk tubuh dan kualitas kulit serta warna dan pola masing-masing ikan. Jika ikan koi yang Anda besarkan berkualitas bagus, maka Anda tanpa ragu dapat menjualnya dengan harga lebih mahal dari jenis ikan-ikan koi lainnya.

Sumber referensi:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here