Beranda Psikologi Cakep dan Ramah Tapi Banyak Orang Tidak Suka, Mungkin Ini Penyebabnya

Cakep dan Ramah Tapi Banyak Orang Tidak Suka, Mungkin Ini Penyebabnya

Cakep dan baik hati tapi tidak punya banyak teman
Cakep dan baik hati tapi tidak punya banyak teman

“Kenapa ya banyak orang tidak suka padaku? Padahal aku lumayan cakep dan baik pula.”. Sadar atau tidak, beberapa kali pasti kamu pernah merasakan dan bertanya-tanya akan hal ini. Terutama bagi mereka yang masih lajang atau jomblo dalam waktu yang sudah lama. Permasalahan yang sepele, namun bisa membuat orang galau berkepanjangan

Jawaban utamanya adalah pertama-tama kita perlu memahami bahwa hidup ini tidaklah kekal dan sempurna, tidak ada yang seperti siapa pun, kita ya kita, mereka ya mereka. Jadi tidak mungkin memaksa kehendak orang lain untuk menyukai kita jika mereka memang tidak menyukainya.

Mengapa orang lain tidak menyukaiku?

Fakta sesungguhnya adalah membuat orang lain agar mencintai kita itu sangatlah sulit. Sebaliknya, membuat orang lain agar membenci itu jauh lebih mudah. Namun dari sudut pandang psikologi, ada beberapa hal yang bisa menyebabkan orang lain tidak menyukai kita. Meski menurut perasaan dan pendapat pribadi, kamu termasuk orang yang cakep dan baik hati pula.

Tidak peduli dengan perasaan dan pikiran orang lain

Seseorang yang tidak peduli dengan perasaan, pikiran, serta pendapat dari orang lain adalah tipikal pribadi yang egois. Jadi sudah jelas, mana mungkin ada orang yang mau berteman dengan seseorang yang hanya mementingkan dirinya sendiri.

Emosi yang tersembunyi

Para peneliti menyarankan agar seseorang lebih berterus terang dengan kondisi emosi alaminya, tanpa perlu ada yang ditutup-tutupi atau disembunyikan, istilah kerennya “munafik”. Termasuk perilaku cuek juga tergolong demikian.

Seringkali orang cenderung hanya melihat yang mau menanggapi antusiasmenya saja. Jadi, jika orang mengetahui bahwa seseorang menyembunyikan perasaan yang sebenarnya, mereka akan berasumsi bahwa orang tersebut tidak tertarik dengan antusiasmenya. Secara bawah sadar akan timbul perasaan tidak saling menyukai.

Tidak ada rasa humor

Orang yang tidak memiliki selera humor sering merasa sulit untuk bergaul dengan teman-temannya. Karena orang yang terlalu serius sering menyulitkan orang lain untuk menjadi dekat dan kurang diperhatikan.

Jika kamu tidak bisa menunjukkan kepedulian kepada orang-orang yang kamu temui, kamu juga akan membuat mereka teralienasi dan tidak peduli padamu. Lambat laun mereka berpikir bahwa kamu memang tidak ada rasa suka sehingga tidak ingin lagi berkomunikasi denganmu dan memilih berteman dengan orang lain.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa alasan orang lain tidak menyukai kita bisa disebabkan karena mereka mungkin tidak memahami (kenal) secara baik atau memiliki perbedaan dalam sudut pandang pemikiran dan kepribadian.

Oleh sebab itu, jika kamu memiliki salah satu dari alasan di atas, sebaiknya lakukan perubahan sikap yang diperlukan agar kamu dapat mengenal dan lebih dekat dengan orang-orang di sekitar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here