Beranda Kesehatan Cara Duduk yang Benar di Tempat Kerja Agar Tidak Jadi Penyakit

Cara Duduk yang Benar di Tempat Kerja Agar Tidak Jadi Penyakit

Menurut dokter, 75% dari kelelahan dan nyeri otot disebabkan oleh postur duduk (terutama) saat duduk di depan komputer yang salah. Sementara 25% lainnya disebabkan oleh kurangnya keseimbangan antara bekerja dan istirahat.

Berikut adalah rekomendasi para ahli tentang cara duduk dengan benar agar terhindar dari masalah penyakit terlebih yang berkaitan dengan nyeri punggung dan leher terasa kaku.

Cara duduk dengan benar di tempat kerja

Sakit kaki

Jangan menyilangkan kaki atau menyatukan kaki Anda. Lantaran hal ini akan mempengaruhi sirkulasi darah, menekan pembuluh darah yang membuat kaki terasa mati rasa serta adanya risiko mengalami sindrom kaki gelisah.

Solusi: Pertama, Anda perlu menyesuaikan kursi dengan benar. Kaki tidak boleh menggantung, letakkan kaki di lantai atau penyangga kaki jika kaki tidak mampu menyentuh tanah sehingga kaki selalu tertekuk pada sudut lebih dari 90 derajat.

Sakit punggung

Posisi kursi harus sesuai dengan panjang pinggul. Jika duduk di kursi yang lebih besar dari ukuran panjang pinggul Anda, tambahkan bantal tambahan ke pinggang. Kalau tidak, posisi pinggul tidak akan proporsional, sehingga menyebabkan ketegangan dan sakit punggung.

Sandaran pinggul juga harus sangat nyaman, dengan lekukan alami sehingga punggung tidak bengkok seperti simbol tanda tanya

Jangan terburu-buru mengubah posisi jika Anda merasa tidak nyaman. Ketika otot-otot dalam posisinya, beberapa orang akan merasa rileks dan postur akan menjadi nyaman tetapi bagi beberapa orang, dampaknya biasanya tidak langsung terasa..

Kelelahan tangan

Saat Anda menggunakan komputer, tangan harus sering aktif. Postur tubuh yang salah dan berkepanjangan dapat menyebabkan rasa sakit yang terus-menerus dengan perasaan mati rasa di pagi hari.

Posisi bahu dan lengan paling baik saat keyboard, mouse, dan siku terletak pada garis lurus. Pergelangan tangan harus lurus, bukan ke samping. Bagian atas lengan dan bagian bawah bergabung membentuk sudut lebih dari 90 derajat, sehingga bagian bawah lengan diletakkan di atas meja.

Sakit leher

Untuk menghindari sakit leher dan sakit kepala, yang paling penting adalah menjaga mata sejajar dengan layar. Jika posisi mata lebih rendah dari layar, otomatis Anda akan menekuk punggung atau bersandar di kursi. Hal ini justru akan meningkatkan tekanan pada cakram otot, yang pada akhirnya akan menyebabkan degenerasi cakram lebih cepat.

Duduk di kursi, tutup mata dan bersantailah, ketika Anda membuka mata, jika melihat langsung ke layar, maka Anda berada dalam posisi duduk yang tepat. Jika perlu, braket bisa digunakan sebagai penyangga sehingga monitor setinggi mata.

Layar harus tepat di depan maa, bukan di samping, sehingga tekanan pada kepala dan leher diminimalkan.

Nyeri dan ketegangan pada mata

Ketika bekerja dengan komputer terlalu lama, seseorang biasanya akan mengalami sindrom kelelahan mata komputer dengan gejala penglihatan jadi kabur, mata berair, mata merah dan kemudian sakit kepala serta iritasi.

Sesuaikan posisi duduk Anda di depan komputer. Menurut para dokter, posisi duduk yang tepat adalah mata kanan melintasi layar dengan jarak sekitar 50 cm dari mata ke layar.

Jauhkan cahaya silau dari layar komputer. Jika komputer berada di dekat jendela, ganti kursi atau jika perlu tutup saja gorden. Juga perlu menyesuaikan pencahayaan, kontras dan font pada layar komputer.

Yang terbaik adalah memakai kacamata khusus (anti radiasi) untuk mengurangi efek mata lelah.

Jangan lupa berlatih. Anda bisa melihat keluar jendela atau melirik ke sekeliling ruangan setiap jam selama setidaknya 20 detik. Juga bisa melakukan gerakan mata sederhana.

Anggota badan lelah

Jika seseorang cenderung melakoni gaya hidup menetap dan menyukai makanan manis, maka kolesterol akan “menempel” ke dinding arteri.

Gejalanya seperti rasa sakit, kaki terasa lelah, bengkak pada kaki, tekanan darah tinggi akan muncul saat larut malam.

luangkan waktu setidaknya 1 periode latihan harian, dalam kurung waktu minimal 15 menit. Cobalah angkat badan dan berjalan di sekitar serta yang terpenting adalah makan makanan sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here