Beranda Kesehatan Herbal Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri yang Bagus Menurut Pakar Kuman

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri yang Bagus Menurut Pakar Kuman

Hand Sanitizer buatan sendiri
Hand Sanitizer buatan sendiri (Flickr)

Wabah virus corona covid-19 telah menyebabkan penjualan pembersih tangan atau hand sanitizer melambung tinggi. Dalam tiga bulan terakhir penjualan gel antibakteri Purell bahkan telah mencatat peningkatan hingga tembus 1.400 persen.

Selain masker yang sudah lebih dulu langka atau pun jika ada harganya sangat mahal, kini keberadaan hand sanitizer juga sudah mulai langka. Tak perlu khawatir karena tidak kebagian jatah, pembersih tangan pada dasarnya bisa dibuat sendiri dengan cukup mudah menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Pembersih tangan yang dijual di toko-toko dan apotek bekerja dengan cara membunuh kuman bakteri yang berpotensi membawa penyakit. Selain hand sanitizer, air hangat dan sabun sebenarnya juga sudah efektif untuk melawan penyebaran bakteri serta virus.

Menggosok tangan dengan air hangat dan sabun selama setidaknya 20 detik sudah bisa menghilangkan kuman dan kotoran tak terlihat mata yang menempel di tangan. Namun bagaimana jika kita sedang bepergian bepergian ke luar rumah, menggunakan air hangat dan sabun tentu tidak memungkinkan. Jadi solusinya adalah dengan menggunakan hand sanitizer.

Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri

Untuk membuat cairan pembersih tangan ini, yang kamu butuhkan adalah cukup empat bahan, plus wadahnya:

  • Rubbing alcohol atau alkohol gosok (Isopropyl alcohol)
  • Gel lidah buaya
  • Minyak esensial – bisa dipilih sesuai selera, tapi di sini kita menyarankan menggunakan campuran lavender dan pohon teh
  • Botol semprotan kecil sebagai wadah campuran.

1. Isi dua pertiga botol dengan alkohol

Setidaknya untuk membuat hand sanitizer yang bagus, dibutuhkan sekitar 60 persen campuran berisi alkohol menurut pakar kuman, Profesor Miryam Wahrman di Universitas William Paterson.

Intinya adalah alkohol merupakan bahan aktif yang mampu membasmi kuman dan bakteri. Jika kadar jumlahnya di bawah 60 persen, efektivitasnya juga akan turun secara dramatis, “katanya kepada Business Insider.

Dr David Agus, berbicara kepada CBS News, juga mengamininya. “Sanitizer tangan buatan sendiri sama efektifnya dengan apa yang biasa orang beli selama menggunakan persentase alkohol yang tepat.”

Isopropyl alcohol, atau yang dikenal juga sebagai alkohol gosok, adalah jenis alkohol yang paling baik digunakan, menurut CBS.

2. Tambahkan minyak esensial

Tambahkan 10 hingga 15 tetes minyak esensial pohon teh dan minyak esensial lavender. Kedua minyak ini memiliki sifat anti-bakteri dan sekaligus memiliki bau yang harum. Pun demikian, kamu juga masih dapat menggunakan minyak esensial jenis lain yang paling disukai.

3. Tambahkan gel lidah buaya

Terakhir campurkan gel lidah buaya kira-kira 1:3 alkohol. Lidah buaya akan membuat campuran jadi kerasa lebih lembut di kulit tetapi juga jangan berlebihan karena dapat mengencerkan campurannya. Guna memastikan keefektifannya, sejumlah ahli juga menyarankan agar campuran ini dibiarkan terlebih dahulu selama 72 jam sebelum digunakan.

4. Kocok-kocok sebelum disemprotkan

Sebelum digunakan untuk membersihkan tangan, hand sanitizer buatan sendiri sebaiknya dikocok-kocok terlebih dahulu. Cairan ini nantinya akan sedikit lengket, tapi khasiatnya sangat manjur untuk membasmi kuman dan bakteri yang tidak tampak oleh mata.

Namun begitu, ujicoba tahap tahap awal seperti biasa sebelum menggunakan sanitiser buatan sendiri ini. Misalnya, jangan sampai tangan terkena nyala api langsung (karena mengandung alkohol) dan selalu lakukan uji tempel (patch test) terlebih dahulu untuk memastikan sanitiser tidak menyebabkan iritasi kulit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here