5 Cara Ini Banyak Digunakan Blogger Mendapatkan Uang dari Internet

Tumpukan uang milyaran rupiah
Tumpukan uang milyaran rupiah

Banyak orang awam beranggapan bahwa blogger kerjaannya hanya menulis dan menulis begitu saja, lalu entah bagaimana tiba-tiba uang langsung mengalir di rekeningnya. Jika prosesnya sesederhana itu, pasti akan banyak orang yang beralih profesi menjadi menjadi blogger.

Kenyataannya, justru ada lebih banyak faktor dan rintangan yang bisa dikatakan menentukan seberapa banyak sebuah blog dapat memberi penghasilan (uang). Secara umum, berikut ini adalah lima cara yang paling sering dan banyak digunakan para blogger untuk mendapatkan uang dari internet.

Penghasilan dari Iklan

Dari iklan banner, iklan kontekstual maupun giveaway, pendapatan iklan dapat diperoleh dari berbagai bentuk. Karena itu, blogger senantiasa berkreasi untuk mendapatkan berbagai masukan. Iklan yang dibuat haruslah relevan dengan target audiens atau jika nekat memasang iklan yang tidak berkaitan dengan topik utama blog, bisa-bisa pembaca ogah lagi membaca artikel kita.

Beberapa metode periklanan tersebut bisa termasuk:

• Artikel Bersponsor
• Jaringan Iklan (Ad Networks)
• Iklan Buletin (Newsletter Advertising)
• Iklan Video
• Tautan teks
• Kampanye promosi silang

Menjual Produk

Tidak jarang melihat blogger mempromosikan produk mereka sendiri melalui platform blog yang mereka gunakan. Sebuah website blog yang sudah memiliki pengunjung banyak dan stabil adalah ladang promosi yang sangat tepat untuk memasarkan suatu produk.

Situs-situs dengan jumlah pengunjung besar semacam ini sangat berpotensi menghasilkan ratusan dolar sehari dengan hanya menjual barang-barang seperti e-book atau T-shirt.

Produk yang dijual bisa beraneka macam, namun pada intinya semua memiliki satu kesamaan: produk tersebut sesuai dengan ceruk (niche) masing-masing. Jadi jika Anda ingin menjual produk apapun, pastikan audiens nantinya akan tertarik untuk membelinya.

Pemasaran Afiliasi

Mendapatkan uang dari internet dengan cara pemasaran afiliasi ( Affiliate Marketing) terutama sangat cocok digunakan untuk blog-blog yang berorientasi belanja. Pada dasarnya, pemilik blog akan dibayar jumlah komisi sekian persen dari setiap kali pembaca mereka membeli sesuatu menggunakan tautan afiliasi yang dipasang.

Pemasaran afiliasi bersinergi dengan blog yang memiliki traffic tinggi setiap harinya. Jadi, jika Anda pernah bertanya-tanya mengapa ada blogger yang sangat menyarankan pembacanya agar menggunakan tautan atau kode diskon tertentu untuk mendapatkan diskon atau potongan harga tertentu, nah salah satu alasannya adalah pemasaran afiliasi ini.

Menyediakan Layanan (Jasa)

Bukan rahasia lagi bahwa para pemilik usaha sering menggunakan situs web sebagai cara untuk memasarkan layanan atau jasa yang ditawarkan. Jika Anda memiliki keahlian tertentu dan dibutuhkan banyak orang, bisa pula Anda tawarkan melalui blog.

Banyak blogger menawarkan jasa-jasa tertentu seperti pelatihan, keterampilan khusus, dan layanan konsultasi untuk siapa saja dan semua orang. Tidak jarang seseorang bertemu sebagian besar kliennya melalui blog pada awalnya.

Memanfaatkan Acara Tertentu

Jika Anda ahli dalam dalam suatu bidang khusus dan cukup populer, maka orang-orang akan awareness atau perhatian. Tidak jarang mereka yang ahli tersebut mendapat undangan konferensi, mengajak makan siang, dan dibayar untuk menjadi pembicara tamu.

Acara seperti ini bermanfaat bagi blogger dalam dua hal: pertama, blogger yang ahli tersebut diberi kompensasi melalui beberapa cara untuk hadir di sana (acara tersebut). Kedua, mereka secara tidak langsung juga mempromosikan blognya dan semakin meningkatkan jumlah kunjungannya. Hampir seperti mereka dibayar untuk beriklan.

Ringkasan

Apakah Anda seorang blogger baru atau yang sudah lama berkecimpung, ingat bahwa kunci kesuksesan finansial online bergantung pada aliran pendapatan yang beragam. Sebuah blog harus berfungsi sebagai dasar untuk tujuan ini daripada tujuan akhir.

Leave a Comment