Beranda Kesehatan Cara Mengetahui Kesehatan Tubuh dari Warna Air Kencing

Cara Mengetahui Kesehatan Tubuh dari Warna Air Kencing

Warna air kencing
Perbedaan warna air kencing

Pernahkah memerhatikan warna air kencing atau urine Anda saat buang air kecil?. Umumnya, urine berwarna kuning pucat atau putih bening. Jika urine tiba-tiba berubah menjadi kuning gelap atau warna lain, bahkan tampak seperti ada buihnya dan memiliki bau aneh, hal demikian bisa jadi tanda kesehatan yang tidak normal.

Urine berasal dari kelebihan air dan produk limbah yang disaring dari bagian dalam tubuh dan kemudian dibuang. Warna urine kuning pucat alami adalah karena ekskresi zat berwarna dalam darah yang disebut urochrome. Jadi, tergantung pada jumlah air yang Anda minum, urine berkisar dari sangat kuning (hampir putih, ketika tubuh penuh air) hingga oranye atau kuning gelap (ketika tubuh mengalami dehidrasi).

Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan dari Warna Urine

Lumrahnya tubuh akan selalu mengeluarkan urine dalam jumlah tertentu setiap harinya bergantung dari pola makan, aktivitas yang dilakukan atau bahkan dampak dari penyakit tertentu yang mungkin belum diketahui. Warna urine juga dapat berubah-ubah sesuai kondisi tubuh.

Secara khusus, status warna urine dapat secara implisit memperingatkan kondisi tubuh seseorang sehat atau berisiko akan penyakit suatu penyakit. Berikut telah kami rangkum beberapa penjelasan warna urine dan kaitannya dengan kondisi kesehatan tubuh.

Air kencing berwarna coklat gelap

Jika air kencing Anda berwarna coklat tua atau warna coca cola, hal itu bisa disebabkan oleh darah yang tercampur dalam urine. Warna air kencing yang demikian adalah tanda bahwa tekanan darah sedang mengalami masalah, terutama, hal tersebut juga bisa jadi peringatan bahwa ginjal bermasalah atau tidak bekerja dengan normal. Sebaiknya segera periksakan diri ke rumah sakit untuk memastikan penyebab pastinya.

Air kencing berwarna merah oranye

Ketika air seni jadi berwarna oranye-merah, hal itu tidak hanya tanda air kencing bercampur rdarah tetapi juga menyiratkan bahwa saluran kemih ada yang terluka. Selain itu, kondisi ini juga bisa menjadi tanda peringatan dini kanker ginjal yang tidak boleh abaikan secara subyektif.

Air kecing tampak ada busanya atau berbuih

Demikian adalah salah satu tanda khas dari penyakit diabetes, fitur yang terlihat adalah adanya seperti gelembung yang bercampur dengan urine. Namun busa ini tidak larut dengan sendirinya tetapi masih ada terlihat. Selain itu, air kencing berbusa juga merupakan tanda peringatan bahwa ginjal sedang mengalami masalah.

Air kencing berwarna kuning gelap

Urine kuning gelap adalah tanda tubuh sedang mengalami dehidrasi. Menjadi aktif secara fisik dapat membuat tubuh banyak berkeringat. Jika tidak mendapat jumlah asupan air yang cukup, maka air kencing akan berubah menjadi berwarna kuning gelap. Selain itu, kurang minum juga dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan membuat air seni lebih gelap dari biasanya.

Air kencing berwarna kuning muda

Tidak perlu khawatir jika air seni Anda berwarna kuning muda, karena ini menandakan kesehatan sedang dalam keadaan normal atau tidak mengalami masalah kesehatan khusus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here