Beranda Pengetahuan Cara Mengetahui Madu Asli atau Palsu dengan Tes Jempol dan Air

Cara Mengetahui Madu Asli atau Palsu dengan Tes Jempol dan Air

Tes keaslian madu
Tes keaslian madu dengan segelas air

Madu sudah lama dikenal memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Tetapi untuk benar-benar memeroleh manfaat sesungguhnya, kita harus tahu apakah madu tersebut murni atau tidak. Untungnya, ada beberapa tes sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengetahui keaslian sebuah madu.

Tentu saja, salah satu hal mendasar yang bisa kita lakukan adalah memeriksa label wadah madu itu sendiri sebelum melakukan pembelian. Baca apakah ada zat lain yang ditambahkan oleh produsen ke dalam madu yang bisa memengaruhi rasa aslinya.

Namun jika Anda tetap tidak yakin dan hanya menginginkan madu mentah asli organis, cara terbaik untuk mendapatkannya adalah membeli madu dari peternak lebah di tempatnya langsung. Sehingga timbul keyakinan bahwa madu tersebut 100 benar-benar asli karena diproses dan berasal langsung dari sumbernya.

Baca juga: Cara Membedakan Madu Asli atau Palsu yang Terbukti Akurat

Namun dalam banyak kasus kita tetap perlu melakukan pengujian langsung untuk memastikan bahwa madu yang hendak dibeli memang 100 persen benar-benar asli. Penting untuk mengetahui cara memeriksa perbedaan antara keduanya, sehingga kita tidak mudah tertipu dengan embel-embel madu asli namun kenyataannya adalah sintetis.

Cara Mengetahui Keaslian Madu dengan Tes Jempol

  1. Ambil sedikit sampel madu yang akan dites keasliannya dan letakkan di ibu jari.
  2. Periksa dan amati apakah cairan madu mulai menyebar atau justru malah menetes dari jari Anda.
  3. Jika ya, bisa dikatakan madu tersebut tidaklah murni.
  4. Madu murni tidak akan bergerak, melainkan mengental erat atau setidaknya tetap utuh di jari.

Cara Mengetahui Keaslian Madu dengan Tes Air

Cara lain untuk menguji kemurnian madu adalah melalui tes air. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Isi gelas dengan air.
  2. Ambil satu sendok makan madu dan tambahkan ke dalam segelas air tersebut.
  3. Jika ternyata hasilnya larut, maka madu tersebut tidaklah murni melainkan sintetis dengan pemanis buatan.
  4. Madu buatan akan mudah larut dalam air dan akan menyebar di sekitar wadah. Di sisi lain, madu murni akan tetap berada di bagian bawah gelas.

Kenapa kita perlu membeli madu asli?. Madu seharusnya berasal dari hewan lebah, bukan diproduksi dari mesin pabrik. Madu asli adalah organik dan alami, tetapi madu palsu memiliki zat lain di dalamnya, seperti:

  • Dekstrosa
  • Glukosa
  • Gula tetes
  • Pemanis buatan
  • Sirup Gula
  • Sirup jagung
  • Tepung
  • Pati

Beberapa madu memiliki aditif lain yang tidak disebutkan di atas. Jika bukan dari nektar bunga, berarti itu bukanlah madu murni. Madu mentah dan alami memiliki sekitar 16 mineral, 21 vitamin, 18 asam amino, dan fitonutrien, ditambah antioksidan serta sifat penyembuhan alami dalam setiap satu onsnya. Pada madu buatan, kandungan nutrisi dan vitamin tersebut tidak ditemukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here