Cara Agar Mudah Menulis Artikel, Ini Tahapan yang Harus Dilakukan

Cara menulis artikel
Seorang blogger sedang menulis artikel

Menulis artikel sering kali dianggap sulit sehingga banyak orang mencari tutorial menulis artikel karena mereka berpikir bahwa kemampuan perbendaharaan kata harus kompleks atau mereka harus ahli dalam bidang tertentu. Sebetulnya tutorial menulis artikel tidak jauh beda dengan tutorial menulis di blog, seperti halnya Anda menulis di blog sendiri.

Menulis artikel di internet telah berkembang menjadi suatu tren bagi penulis. Marketing artikel merupakan teknik yang bagus untuk memperoleh traffic website dan banyak Internet Marketers menggunakan teknik ini. Teknik ini harus dikuasai jika Anda ingin mendapatkan link menuju website Anda dari mesin pencari seperti Google, Yahoo, dan sebagainya.

Tutorial Menulis Artikel dengan Mudah

Berikut tutorial menulis artikel yang dapat membantu Anda menulis artikel berkualitas dengan cepat. Ikuti langkah-langkah tutorial berikut ini. Pastikan Anda mengikuti semua tahap tutorial karena setiap langkahnya membantu meningkatkan kecepatan Anda menulis.

Tutorial 1

Langkah awal adalah riset pasar. Beberapa pemasar akan memberi tahu Anda untuk memulai dengan keyword tool. Namun, Anda tidak dapat menggunakan keyword tool bila Anda tidak tahu industri yang akan dituju. Fokuslah pada riset pasar. Dalam tahap ini, tutorial mengharuskan Anda membaca berita, jurnal, blog, atau mengunjungi forum yang berkaitan. Hal ini akan memberi Anda ide yang lebih baik untuk pasar.

Tutorial 2

Selanjutnya adalah riset keyword. Dalam tutorial ini, Anda sudah harus menentukan pasar, lalu waktunya bagi Anda melakukan riset keyword. Dengan menggunakan keyword tool populer dari Google, Anda dapat meng-generate daftar keyword yang relevan dengan cepat.

Luangkan waktu untuk membuang keyword yang tidak relevan. Anda pasti ingin daftar Anda rapi dan selektif sehingga Anda tidak akan buang-buang waktu menulis artikel berdasarkan keyword yang tidak sesuai target.

Tutorial 3

Dalam tahapan tutorial ini, Anda harus menyiapkan daftar judul artikel. Banyak penulis tidak melakukan tahapan ini sehingga mereka sering kali mengalami kebuntuan. Duduk di depan komputer untuk merenungkan apa yang akan Anda tulis dapat membuang waktu berharga Anda. Gunakan daftar keyword dan buat daftar judul. Selanjutnya ide Anda akan berkembang dari judulnya. Jadi Anda tidak perlu mulai dari awal ketika menulis.

Tutorial 4

Tutorial selanjutnya adalah menggunakan pokok pikiran. Banyak penulis berpikir mereka dapat langsung menulis dari kepala tanpa bantuan pokok pikiran. Jabarkan poin-poin penting yang ingin Anda sampaikan. Kemudian kembangkan menjadi kalimat-kalimat sehingga membentuk paragraf. Anda dapat membuat satu poin untuk satu paragraf, atau menggabungkan beberapa poin tergantung dari konteks artikel.

Tutorial 5

Tutorial kelima adalah menulis artikel yang menarik. Saat menulis, pastikan Anda menghasilkan tulisan yang menarik. Penting bagi Anda untuk menciptakan konten yang berkualitas, namun lebih penting untuk menghasilkan suatu artikel yang menarik. Konten yang membosankan akan membuat pengunjung pergi. Apa gunanya memiliki konten yang bagus apabila tidak dapat menarik pengunjung?

Tutorial kelima adalah menulis artikel yang menarik. Saat menulis, pastikan Anda menghasilkan tulisan yang menarik. Penting bagi Anda untuk menciptakan konten yang berkualitas, namun lebih penting untuk menghasilkan suatu artikel yang menarik. Konten yang membosankan akan membuat pengunjung pergi. Apa gunanya memiliki konten yang bagus apabila tidak dapat menarik pengunjung?

Tutorial 6

Langkah tutorial selanjutnya adalah menulis artikel yang mudah dipahami. Usahakan Anda menulis artikel yang pendek namun informatif. Pelajari juga tutorial untuk memeriksa ejaan dalam word prosessor sebelum Anda menerbitkan artikel tersebut. Tutorial semacam ini dapat Anda cari di internet.

Tips Menulis Artikel dengan Cepat

Bagaimana bila suatu saat Anda harus menulis cepat dan mengabaikan tahapan-tahapan tersebut di atas? Berikut ini tutorial yang dapat Anda praktikkan untuk menulis cepat.

Tulis apa yang ada dalam benak Anda. Jangan berpikir terlalu banyak. Tulis dan tulis hingga benak Anda bebas dari pemikiran-pemikiran yang terlintas. Menulis artikel akan lebih mudah bila Anda memulai dengan subjek yang Anda kuasai. Dalam hal ini, Anda tidak perlu banyak riset atau berpikir terlalu lama. Kata-kata akan tertuang dengan lancar.

Pilih waktu yang terbaik. Mulailah menulis artikel ketika Anda merasa produktif dan energik sehingga mampu berkonsentrasi lebih. Hal ini penting untuk meningkatkan kecepatan menulis. Hal ini sangat berpengaruh apabila Anda dikejar deadline. Dengan banyak berlatih dan mengenali diri sendiri, Anda akan tahu saat yang paling produktif untuk menulis.

Lakukan tutorial di atas untuk menulis cepat. Anda dapat pula membandingkan hasil tulisan dengan apabila Anda mengikuti langkah-langkah yang lebih banyak tersebut. Anda hanya bisa tahu mana yang paling tepat apabila Anda telah menguasai keduanya.

Tutorial Menulis Artikel – Artikel yang Menjual

Artikel dengan jumlah 250 hingga 500 kata banyak dicari, dan ada banyak cara untuk memanfaatkan hal ini. Artikel yang menarik dan informatif akan bekerja seperti magnet untuk menarik pengunjung ke website Anda, baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Menulis artikel dan menghasilkan uang dari artikel dapat mudah bila Anda tahu format yang tepat untuk digunakan dan kemampuan Anda menulis terus diasah.

Menulis artikel untuk meningkatkan traffic website dapat menguntungkan bila dikerjakan dengan benar, meskipun banyak orang membutuhkan tutorial tersendiri untuk menulis artikel. Menulis artikel tidak harus dianggap sulit dan keuntungannya juga lumayan.

Marketing artikel merupakan cara bagus untuk memulai marketing internet tanpa mengeluarkan banyak modal. Bagaimanapun juga, banyak yang gagal karena mereka tidak tahu cara menulis artikel yang menarik pengunjung. Faktanya, bila Anda ingin sukses dalam marketing artikel, maka Anda harus tahu cara menulis artikel yang menjual. Kebanyakan tutor menjelaskan keuntungan dari marketing artikel, namun sering kali tidak menjelaskan bagaimana cara menulis artikel yang bagus.

Sebuah artikel yang bagus terdiri dari 3 bagian dasar, yaitu pengenalan, isi, dan paragraf penutup. Pengenalan sebaiknya menyajikan fakta dan pada saat yang sama harus “mengikat” pengunjung untuk terus membaca. Bagian isi harus mengelaborasi bagian pengenalan dengan informasi yang mereka harapkan setelah membaca bagian pengenalan. Terakhir, paragraf penutup, menyimpulkan artikel untuk pembaca Anda.

Komponen dalam artikel Anda didesain untuk menjaga pengunjung mempertahankan minat baca. Alasannya sederhana, semakin banyak orang membaca dan belajar dari apa yang mereka baca, semakin banyak penjualan yang dapat Anda raih. Penting bagi Anda untuk memiliki keyword yang bagus dan kata-kata serta susunan kalimat yang membuat pembaca ingin bertindak setelah membaca artikel Anda.

Tutorial internet marketing memang membahas banyak aspek, namun sedikit yang mempelajari cara menulis artikel yang efektif. Padahal itu keahlian terpenting yang harus Anda miliki. Bahkan, kemampuan menulis Anda dapat menentukan sukses tidaknya Anda.

Sebetulnya, internet marketing itu sederhana. Sekarang, Anda butuh waktu untuk berlatih menulis atau untuk mengatasi kekhawatiran yang berkaitan dengan penulisan. Banyak yang beranggapan mereka tidak memiliki bakat atau kurang pengetahuan tata bahasa.

Setelah membaca tutorial di atas, pastikan Anda terus dan terus berlatih. Dan, jangan malu mem-publish tulisan Anda untuk mendapatkan respons, kritik, ataupun masukan. Tidak ada salahnya pula Anda kembali membuka-buka pelajaran tata bahasa agar efektivitas kalimat terjaga sehingga artikel akan tampil pendek namun informatif. Banyak belajar, banyak menulis. Selamat mencoba.

Leave a Comment