Cinta atau Sekedar Pertemanan Biasa, Ini Dia Perbedaannya

Orang seringkali bingung membedakan antara cinta atau hanya sekedar (dianggap) teman biasa. Antara rasa cinta dan keakraban dalam pertemanan memang punya sedikit kemiripan. Ke mana-mana selalu jalan berdua tapi tidak pernah terungkap kata-kata cinta, dalam hati ada rasa cinta, apakah si dia juga memiliki perasaan yang sama?.

Oleh karena itu, agar tidak bingung lagi mari kita pahami perbedaan antara cinta atau hanya sekedar pertemanan biasa.

Baca juga: Perbedaan Cinta dan Hanya Sekedar Nafsu

Apa yang Dimaksud dengan Cinta?

Cinta dan Persahabatan
Ilustrasi Cinta dan Persahabatan

Cinta digambarkan sebagai emosi yang ada antara dua insan yang berbeda. Cinta seperti suatu emosi yang tidak terkendali (bawah sadar) yang ada antara seorang ibu dan anaknya, seorang saudara lelaki dan perempuan, seorang suami dan istrinya, dll.

Cinta juga didefinisikan sebagai emosi yang mampu mengubah perilaku seseorang untuk bertindak dengan cara sangat lain yang mungkin tidak pernah ia pikirkan sebelumnya. Bahkan bisa saja memaksa seseorang (secara tidak sadar) untuk mengorbankan segalanya demi seseorang yang dicintai.

Termasuk juga keterikatan secara emosional, sehingga akan menimbulkan perasaan terpukul atau kehilangan mendalam jika orang yang dicintai tersebut meninggalkannya.

Emosi cinta memaksa seseorang untuk berkorban banyak. Sedangkan persahabatan adalah hubungan yang lebih didasarkan pada kepercayaan. Cinta adalah jenis perasaan yang lebih khusus termasuk dalam hal kepercayaan satu sama lain, berbeda dari sekedar hanya pertemanan biasa.

Apa yang Dimaksud Persahabatan atau Pertemanan?

Persahabatan adalah hubungan yang dimiliki seseorang dengan banyak orang sekaligus. Sekelompok orang dapat menjadi orang kepercayaan bagi seseorang yang dapat mereka ajak bicara dan berbagi momen menyenangkan. Dalam persahabatan, kapan pun kebutuhan muncul, dalam situasi darurat, misalnya, teman-teman selalu ada untuk membantu.

Dalam persahabatan, banyak hal privasi yang tidak mungkin dijelaskan kepada teman-teman kita. Ada hal-hal tertentu yang hanya dipahami teman dan mungkin tidak perlu penjelasan. Ada hubungan yang mendalam di antara teman-teman, semacam telepati yang membuat pikiran berjalan selaras.

Tidak seperti Cinta, yang merupakan perasaan yang dibagi antara dua orang sedangkan persahabatan adalah suatu hubungan, seseorang dapat memiliki banyak teman pada satu waktu. Beberapa mungkin disebut teman baik, beberapa hanya teman biasa dan sekedar kenalan, namun efeknya tidak sehebat seperti perasaan cinta. Bisa membuat gugup dan jantung berdetak-detak kuat kuat padahal sedang tidak lari.

Dikatakan bahwa dalam cinta, dua orang yang memiliki kepribadian paling bertolak belakang bisa memiliki ketertarikan di antara keduanya. Tetapi dalam persahabatan, kasusnya lebih ke masalah teman yang memiliki selera dan kepribadian serupa.

Definisi Cinta dan Persahabatan

Cinta: Cinta adalah ikatan emosional yang intens dengan seseorang; Cinta juga didefinisikan oleh banyak orang sebagai perasaan kasih sayang dan perhatian yang mendalam, lembut, tak terlukiskan terhadap seseorang.

Persahabatan: Persahabatan didefinisikan sebagai hubungan sosial sukarela, dekat, dan abadi antara dua orang atau lebih.

Karakteristik Cinta dan Persahabatan:

Selera:

Cinta: Dalam cinta, dua orang yang memiliki kepribadian paling bertolak belakang pun bisa memiliki ketertarikan di antara keduanya.

Persahabatan: Dalam persahabatan, semua teman memiliki selera dan kepribadian yang sama.

Hubungan:

Cinta: Cinta hanya dibagikan di antara dua orang atau sifatnya searah.

Persahabatan: Persahabatan dapat dibagi di antara banyak orang.

Leave a Comment