Beranda Pengetahuan Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Agar Mudah Diterima Kerja

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Agar Mudah Diterima Kerja

Untuk membuat surat lamaran pekerjaan tidaklah mudah, diperlukan contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa dijadikan rujukan. Masih bingung bagaimana membuat surat lamaran pekerjaan? Anda bisa cari berbagai contoh surat lamaran pekerjaan, baik di buku-buku panduan, atau dari internet.

Saat ini tidak mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Ada ribuan pesaing yang selalu kita hadapi untuk mendapatkan satu posisi pekerjaan di sebuah perusahaan tertentu. Namun, hal tersebut tak perlu dikhawatirkan selama Anda membuat surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar berdasarkan contoh surat lamaran pekerjaan. Hal utama yang diperhatikan disamping pengalaman kerja yang Anda miliki adalah surat lamaran pekerjaan yang Anda kirim, untuk itu carilah contoh surat lamaran pekerjaan yang sesuai dengan posisi yang akan Anda lamar.

Menulis surat lamaran pekerjaan bukanlah perkara yang mudah, namun juga tidak sesulit yang Anda bayangkan. Dari kaidah penulisan surat lamaran pekerjaan bisa Anda jadikan pedoman ketika akan membuat surat lamaran pekerjaan. Contoh surat lamaran pekerjaan dari berbagai sumber juga bisa Anda jadikan rujukan. Anda bisa mendapatkannya melalui buku-buku pedoman penulisan surat lamaran pekerjaan, jika sudah menemukannya jadikan pedoman tersebut sebagai contoh surat lamaran pekerjaan.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan (Docx)

Contoh-contoh surat lamaran pekerjaan sebagian besar terbagi menjadi dua kategori besar. Dua kategori besar tersebut dilihat dari contoh surat lamaran pekerjaan berpengalaman dan tidak berpengalaman, serta contoh surat lamaran pekerjaan dilihat dari media pengiriman surat.

Untuk kategori pertama, contoh surat lamaran pekerjaan dibuat dengan dua bagian dasar, yaitu contoh surat lamaran pekerjaan bagi mereka yang belum memiliki pengalaman kerja, dan contoh surat lamaran pekerjaan bagi mereka yang telah memiliki pengalaman kerja.

Untuk penulisan isi surat lamaran kedua bagian kelompok tersebut memiliki kriterianya tersendiri, bisa Anda lihat dalam contoh surat lamaran pekerjaannya nanti. Demikian halnya dengan contoh surat lamaran pekerjaan kategori kedua, yaitu surat lamaran pekerjaan dengan dua cara pengiriman, yaitu surat lamaran pekerjaan melalui jasa Pos dan surat lamaran pekerjaan yang dikirim via email.

Khusus isi contoh surat lamaran pekerjaan untuk semua kategori di atas memiliki kesamaan pedoman. Yang membedakan format penulisan contoh surat lamaran pekerjaan yang dikirim melalui Pos dan melalui email. Jika melalui Pos, surat lamaran bisa Anda tulis hingga beberapa paragraf, tetapi jika via email surat lamaran tidak bisa dibuat panjang karena keterbatasan kapasitas penerimaan email.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan menulis surat lamaran yang baik dan benar, bisa Anda perhatikan dalam contoh surat lamaran pekerjaan. Berikut tips yang bisa Anda terapkan ketika menulis surat lamaran, berdasarkan dari contoh surat lamaran pekerjaan yang ada:

  • Kalimat yang efektif. Jika menulis surat lamaran, hindari kalimat yang tidak efektif, kalimat yang diulang-ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk. Seringkali terjadi penggunaan kata keterangan yang berulang-ulang, atau kata sambung yang berulang-ulang, yang menyebabkan kalimat terasa janggal.
  • Menggunakan bahasa yang enak dibaca, ringkas, dan padat. Gunakanlah bahasa yang sederhana dan ringkas. Anda mempunyai kesempatan untuk menjabarkan semuanya dalam kesempatan wawancara. Untuk saat ini, buatlah penjelasan yang singkat tetapi efektif.
  • Menarik minat calon atasan. Jangan sepelekan kesan pertama. Usahakan untuk menyusun surat yang ketika seseorang mulai membacanya, akan langsung tertarik untuk mengetahui lebih lanjut seperti apakah kriteria Anda.
  • Menyebutkan kualifikasi yang diraih. Prestasi kerja maupun pengalaman yang sukses harus disebutkan, untuk menunjukkan bahwa Anda mempunyai prestasi dan pengalaman yang patut dipertimbangkan.
  • Kerapihan. Gunakanlah kertas yang bagus, bersih dan rapi, tidak kusut, tidak tebal dan tidak mudah robek. Jangan menulis atau mencetak dengan tinta yang terlalu tipis agar surat lamaran mudah dibaca, dan hindari penggunaan tipe-x.
  • Perhatikan komposisi surat. Dalam pembukaan surat lamaran sebutkan bagaimana Anda mengetahui informasi tentang lowongan kerja tersebut. Ceritakan secara singkat posisi atau pun pekerjaan Anda saat ini. Tuliskan secara singkat pendidikan tertinggi Anda. Dalam bagian penutup tinggalkan kesan yang kuat bahwa Anda benar-benar ingin mendapatkan pekerjaan tersebut, serta tak lupa mengucapkan terima kasih. Semua tips tersebut bisa Anda lihat dalam sebuah contoh surat lamaran pekerjaan.

Kumpulan Contoh Surat Lamaran Word

Berikut beberapa contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa Anda jadikan rujukan ketika akan menuliskan surat lamaran pekerjaan. Contoh surat lamaran pekerjaan di bawah ini memuat surat lamaran bagi yang belum bekerja atau belum punya pengalaman, bagi yang telah bekerja atau sudah memiliki pengalaman.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Belum Memiliki Pengalaman Kerja

Contoh 1

Contoh 2

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Memiliki Pengalaman Kerja

Contoh 1

Contoh 2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here