Beranda Lokal Cosmo Park, Perumahan Mewah di Atas Mal Thamrin City Jakarta

Cosmo Park, Perumahan Mewah di Atas Mal Thamrin City Jakarta

Kompleks perumahan di atas gedung mal, Cosmo Park
Kompleks perumahan di atas gedung mal, Cosmo Park

Beberapa waktu lalu, para netizen dihebohkan dengan keberadaan kawasan perumahan yang dibangun di atas gedung pusat perbelanjaan atau mall di jantung ibukota Indonesia, Jakarta.

Kawasan perumahan yang berada di atas gedung mall tersebut adalah Cosmo Park, sebuah kompleks perumahan dengan akses jalan penuh, rumah, kebun, dan kolam renang yang dibangun tepat di atap mal multi-fungsi Thamrin City, di tengah-tengah pusat ibukota Jakarta.

Cosmo Park dibagi menjadi 5 blok, diberi peringkat dari A hingga F. Apartemen ini dibangun di 2 lantai. Cosmo Park terletak di lantai 10 gedung, dan untuk sampai ke perumahan bertingkat tinggi ini, Anda harus memiliki kartu akses Menara Cosmo. Selain jalan rumah, kawasan perumahan ini juga memiliki taman, lapangan tenis, dan kolam renang umum. Selain Kawasan Cosmo Park, ada juga The Villas yang berada di atas atap gedung Mall of Indonesia (MOI) dengan konsep yang sama.

The Guardian menyebut Cosmo Park sebagai “desa surgawi”, terpisah dari berisiknya kehidupan kota yang berada di bawahnya. Ketika menonton video daerah perumahan tersebut, banyak orang berpikir bahwa kawasan itu berada pinggiran kota Jakarta, bukan daerah yang terletak di tengah-tengah ibukota Indonesia.

Cosmo Park mulai dibangun 10 tahun yang lalu, namun hingga Juni lalu, ketika akun Shahrirbahar1 berbagi fotonya di Twitter, banyak orang kini mulai penasaran dengan bentuk asli kawasan perumahan mewah tersebut. Foto yang diambil menggunakan kamera drone tersebut telah mengejutkan banyak orang di seluruh dunia dengan desain uniknya.

Di saat banyak orang tertarik, ada juga sebagian yang merasa khawatir bahwa pembangunan perumahan tersebut akan memiliki masalah serius di kemudian hari jika terjadi gempa bumi.

Perumahan Cosmo park dianggap sebagai “desa alternatif” bagi yang ingin mendapatkan ketenangan di tengah-tengah semerawutnya kehidupan kota. Warga di Cosmo Park menyukai kehidupan di sini karena merasa seperti di rumah yang tenang dengan ruang terbuka, tidak semisterius apartemen sempit di gedung apartemen.

Desain kompleks jalan yang sistematis memungkinkan penghuni Cosmo Park leluasa mengendarai mobilnya turun atau naik ke atap. Lingkungan perumahan dikelilingi oleh pagar besi guna menghindari insiden jatuh atau jika secara tidak sengaja dinding pembatas retak. Fazila Kapasi, seorang penduduk Cosmo Park, mengatakan kehidupan di sini tidak jauh seperti di apartemen tradisional, ia mengatakan “ini adalah oasis yang indah”. Daerah perumahan unik Cosmo Park dan The Villas dirancang serta dibangun oleh Agung Podomoro Group, disetujui secara resmi oleh otoritas kota Jakarta.

Video pemandangan rumah di atas gedung mal:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here