Beranda Dunia Dibalik Keindahannya, Danau Biru Ini Simpan Rahasia Mematikan

Dibalik Keindahannya, Danau Biru Ini Simpan Rahasia Mematikan

Danau indah beracun
Danau indah beracun

Danau dengan airnya yang berwarna biru cerah ini berada di kota Rusia Novosibirsk. Belakangan, banyak pengguna Instagram yang menjadikan danau ini sebagai latar belakang untuk pengambilan foto. Karena keindahannya itulah, banyak orang penasaran ingin juga berkunjung ke tempat lokasi.

Tetapi pihak berwenang rupanya telah memperingatkan para pengunjung agar tidak tertipu oleh panoramanya yang begitu eksotis. Karena danau itu sebenarnya merupakan reservoir paling beracun dimana residu kimia dari pembangkit listrik terdekat dibuang. Warnanya yang biru cerah tersebut adalah hasil dari reaksi kimia antara kalsium terlarut dan oksida logam.

Penduduk lokal kota terbesar ketiga Rusia itu biasanya menyebutnya dengan danau “Siberia Maldives“. Siberian Generating Company, perusahaan pemilik pabrik, mengatakan bahwa danau itu sebenarnya tidak terlalu beracun tetapi airnya sangat basa dan dapat menyebabkan ruam kulit karena iritasi. Melalui media sosialnya, perusahaan menyarankan pengunjung untuk berhati-hati, meminta agar “jangan sampai jatuh ke tempat pembuangan limbah saat pengambilan foto.”

Danau itu memiliki kedalaman hanya sekitar satu hingga dua meter, dasarnya juga berlumpur. Meski begitu, jatuh ke dalam air bisa jadi malapetaka karena tentu kulit akan melepuh. Belum lagi jika keminum airnya, seperti apa kondisi ususnya?.

Meskipun terpampang papan peringatan, pengunjung terus datang berduyun-duyun ke danau, beberapa bahkan tetap nekat memasuki perairan. Seorang perempuan yang kebetulan hanya berkunjung mengaku telah merasakan dampaknya.

“Setelah mengunjungi danau tersebut, wajah saya penuh dengan ruam-ruam kecil,” katanya. Dia juga mengeluhkan tenggorokan dan hidungnya terasa sangat kering.

Pengunjung lain mengatakan bahwa sandalnya sampai terkelupas setelah berjalan di sepanjang garis air. Air itu, kata banyak orang, berbau deterjen yang begitu menyengat.

Danau itu sebenarnya tidak tercipta secara alami, tetapi sengaja digali untuk keperluan sebagai tempat pembuangan limbah kimia yang dihasilkan dari pembakaran batu bara pembangkit listrik tenaga panas yang menyediakan energi untuk kota Novosibirsk. Dibangun pada tahun 1970-an, meruipakan salah satu pembangkit listrik terbesar dari jenisnya di Siberia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here