Sedang Tren, Diet Dash Ampuh Turunkan Berat Badan dan Darah Tinggi

Piramida makanan diet DASH
Piramida makanan diet DASH

Dash adalah salah satu metode diet yang sedang populer saat ini yang diklaim paling efektif untuk menurunkan berat badan. Bahkan baru-baru ini, bahkan Dash telah masuk dalam daftar diet yang paling baik dari kebanyakan metode diet lainnya.

Apa itu diet Dash?

Dash adalah metode diet yang sebenarnya dikhususkan untuk mencegah hipertensi. Metode diet ini sebenarnya telah ada selama lebih dari dua dekade namun penelitian ilmiah baru meyakinkan bahwa diet Dash ternyata juga efektif untuk penurunan berat badan, melindungi kesehatan jantung, mengurangi risiko diabetes tipe 2 serta sindrom transfer dan beberapa jenis kanker.

Metode diet Dash relatif sederhana. Kita hanya diharuskan mengonsumsi jumlah porsi tertentu dari berbagai kelompok makanan harian, tergantung pada kebutuhan kalori harian masing-masing (ditentukan berdasarkan usia, jenis kelamin, dan tingkat aktivitas).

Misalnya, diet Dash 1600 kalori terdiri dari 6 porsi sereal per hari, 3-4 porsi sayuran, 4 porsi buah dan 2-3 porsi susu rendah lemak. Sekitar 85 gram daging tanpa lemak, unggas atau ikan per hari, 3-4 porsi kacang dan biji-bijian per minggu, 2 porsi lemak dan minyak setiap hari.

Dash menetapkan batas yang jelas pada konsumsi gula, di mana kita hanya dianjurkan untuk makan 3 atau kurang dari 3 permen per minggu. Anjuran ini diperlukan guna membantu mengurangi asupan natrium hingga 2.300 mg per hari.

Diet Dash juga merupakan bagian dari gaya hidup sehat dengan mengurangi konsumsi alkohol dan menekankan pengurangan stres, peningkatan aktivitas fisik, tidak merokok dan tidur berlebihan. Bisa dikatakan bahwa Dash bukanlah diet sepenuhnya, namun lebih ke pola hidup sehat jangka panjang.

Bisakah Dash membantu menurunkan berat badan?

Dash adalah diet bergizi, efektif, sederhana namun sifatnya berkelanjutan. Dash telah dicoba dan diuji oleh banyak orang. Faktanya, jika tujuan Anda adalah untuk menurunkan berat badan, Dash adalah pilihan yang tepat dalam hal membantu menurunkan berat badan relatif cepat.

Jika kita bisa menentukan tingkat kalori yang tepat dan kiat mempertahankannya, maka cara ini bisa menjadi cara yang aman, efektif, dan berkelanjutan untuk menurunkan berat badan sembari meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Makanan yang dianjurkan dalam diet Dash

Diet Dash secara umum terdiri dari banyak biji-bijian, sayuran, buah-buahan dan produk susu rendah lemak.

Untuk kebutuhan protein, kita dianjurkan makan ikan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan serta biji-bijian. Metode Dash juga tidak melarang sepenuhnya mengonsumsi beberapa makanan ‘tidak sehat’ asalkan jumlahnya cukup atau tidak berlebihan. Makanan ini termasuk daging merah, lemak jenuh dan makanan penutup umumnya.

Biji-bijian yang disarankan adalah biji-bijian utuh seperti nasi merah, pasta, roti gandum, dan oatmeal. 7-8 porsi per hari. Sayuran jelas merupakan sumber vitamin dan mineral, seperti misalnya: wortel, brokoli, kacang hijau, kubis Brussel, seledri. 4-5 porsi per hari.

Buah adalah makanan instan yang dapat dimakan kapan saja dan merupakan alternatif makanan penutup yang sehat. Selain itu, buah-buahan juga kaya akan serat dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin C. Jika Anda minum jus buah pastikan tidak menambahkan gula. 4-5 porsi per hari.

Susu maupun produk susu sejenis adalah sumber kalsium terbaik, nutrisi penting bagi semua orang. Penting untuk memilih jenis produk susu yang rendah lemak jenuh, yaitu dengan mengurangi makanan seperti krim lemak, keju dan krim serta susu yang tidak memiliki atau rendah gula (2-3 porsi setiap hari).

Beberapa contoh produk susu yang sehat meliputi: yogurt Yunani, susu (skim, 1% atau 2%), small cheese balls. Daging ikan juga bagus dan bermanfaat karena kaya akan vitamin B, zat besi, zinc, dan tentu saja protein.

Ikan juga tinggi asam lemak omega-3, yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Beberapa contoh daging yang dianjurkan DASH meliputi: salmon, tuna kalengan, ayam. (2 atau kurang dari 2 porsi per hari). Minyak goreng dan lemak sehat lainnya seperti minyak kelapa, minyak zaitun, alpukat, salmon, kacang-kacangan. (2-3 porsi setiap hari).

Leave a Comment