Beranda Binatang Apakah Dinosaurus Zaman Dulu Makan Manusia? Jawaban Menurut Sains

Apakah Dinosaurus Zaman Dulu Makan Manusia? Jawaban Menurut Sains

Dinosaurus adalah binatang pemakan tumbuhan serta hewan atau dinosaurus lainnya (kanibalisme), tetapi bukan manusia!. Dinosaurus pemakan daging secara besar-besaran telah punah jutaan tahun sebelum manusia muncul di Bumi. Anggapan tentang Tyrannosaurus rex (T. rex) yang memangsa manusia sebenarnya hanya ada di film-film saja.

Ciri Fisik Dinosaurus

Dinosaurus
Dinosaurus pemakan daging

Senyum yang menakutkan

T. rex memiliki 60 gigi yang panjang dan setajam pisau. Desain gigi seperti ini membantu dinosaurus pemakan daging agar memotong daging mangsanya dengan mudah.

Terbuka lebar

Dinosaurus pemakan daging memiliki rahang besar yang terbuka sangat lebar. Berguna untuk memakan mangsanya yang bertubuh besar.

Ekor yang seimbang

T. rex memiliki ekor panjang yang digunakan untuk membantunya menyeimbangkan diri saat berlari. Dinosaurus pemakan tumbuhan, di lain sisi, memiliki ekor besar dan berat yang bisa mereka gunakan untuk mempertahankan diri dari pemangsanya.

Kaki pendek

T. rex memiliki tubuh yang besar, berat, dan kaki yang agak pendek. T-rex adalah predator menakutkan yang bisa berlari secepat dinosaurus pemakan tumbuhan.

Reptil raksasa

Dinosaurus adalah reptil yang hidup dari 230 juta hingga 66 juta tahun yang lalu. Namun, tidak semua reptil yang ada adalah dinosaurus. Pterodactyl adalah reptil terbang, dan ada pula reptil lain yang hidup di laut.

burung terbang zaman purbakala
Pterodactyl, burung terbang zaman purbakala

Panjang T. rex kurang lebih sekitar 40 kaki (12 m), kira-kira sepanjang ukuran bus saat ini.

Apa yang sebenarnya terjadi pada dinosaurus dan kenapa mereka punah?

Dinosaurus punah
Dinosaurus mati kelaparan

Enam puluh enam juta tahun yang lalu, dinosaurus banyak yang telah mati. Tidak ada yang tahu persis apa yang sebenarnya terjadi, tetapi ada kemungkinan asteroid besar pada waktu itu telah menghantam Bumi dan dinosaurus yang tersisa tidak mampu bertahan dari perubahan yang disebabkannya.

Dinosaurus yang kelaparan

Dinosaurus pemakan tumbuhan tidak memiliki tanaman untuk dimakan, sehingga mereka akhirnya mati kelaparan. Hal ini juga berdampak pada dinosaurus pemakan daging yang akhirnya tidak punya makanan, dan ikut mati kelaparan juga..

Langit berdebu

Awan besar debu terlontar ke langit ketika asteroid menghantam tanah. Debu-debu yang menumpuk ini menghalangi sinar matahari, mengubah planet bumi menjadi sangat dingin dan gelap selama bertahun-tahun.

Banyak tanaman hancur dan rusak

Puing-puing panas dari asteroid menyebabkan kebakaran yang menghancurkan tanaman di bumi. Tanaman-tanaman ini tidak bisa tumbuh lagi karena debu di langit menghalangi sinar matahari yang mereka butuhkan untuk bertahan hidup.

Dampak Hantaman Asteroid

Diperkirakan bahwa asteroid yang menghantam Bumi berukuran 10 mil (10 km)!. Lubang kawah yang disebabkan akibat benturan ini adalah 110 mil (180 km) lebarnya. Lubang tanah ini ditemukan pada tahun 1990, di sebuah kota bernama Chicxulub, di Meksiko.

Beberapa hewan zaman purba yang masih bertahan hidup hingga saat ini termasuk adalah kalajengking, kura-kura, buaya, burung, dan serangga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here