Kenali 7 Gejala Dini Kanker Paru-paru Ini Sebelum Terlambat

Gejala dini kanker paru-paru
Sakit pada tangan dan jari

Menurut sumber data Globocan 2018, setiap tahunnya, sekitar 2,09 juta kasus baru di dunia dan 1,76 juta orang meninggal karena kanker paru-paru. Jumlah angka yang sangat mengkhawatirkan, menunjukkan bahwa kanker paru-paru saat ini telah menjadi ancaman terbesar kesehatan banyak orang.

Kanker paru-paru tidak hanya dialami oleh pria tetapi juga pada wanita. Di Amerika Serikat kanker paru-paru adalah kanker paling umum ke-2 pada pria dan kanker ke-3 paling umum di kalangan wanita. Penyebab utama penyakit ini adalah penggunaan tembakau, baik yang aktif maupun pasif. Namun, 90% dari total pasien kanker paru-paru adalah perokok aktif.

Kanker paru-paru adalah penyakit yang dapat menimpa siapa saja, tanpa diduga dan bisa saja tiba-tiba. Segera jika mengalami gejala-gejala awalnya, sebelum jauh terlambat, lakukan pemeriksaan medis yang seharusnya.

Napas Berat (Terengah-engah)

Napas berat, pendek atau mengi mungkin bukan gejala serius. Namun, jika dalam hal ini kamu tiba-tiba mengalami kesulitan bernapas setelah naik / turun tangga dimana sebelumnya tidak pernah mengalami masalah ini, maka bisa saja itu adalah sinyal dari adanya kanker paru-paru. Karena gejala-gejala semacam ini kemungkinan besar disebabkan oleh tumor paru-paru, yang mengganggu jalannya pernapasan.

Batuk tak Kunjung Sembuh

Batuk terus-menerus menyebabkan suara jadi serak, suara serak yang berlangsung selama beberapa minggu bisa saja disebabkan oleh masalah paru-paru, seperti pneumonia atau infeksi paru-paru.

Namun, banyak orang beranggapan bahwa gejala ini juga disebabkan oleh pilek atau alergi, jadi enggan untuk melakukan pemeriksaan medis lebih lanjut. Akibatnya, peradangan di paru-paru semakin memburuk, menyebabkan kanker paru-paru yang sesungguhnyajika tidak segera diobati.

Berat Badan Tiba-tiba Turun Tanpa Sebab Jelas

Dalam kasus apa pun, penurunan berat badan tiba-tiba dan tanpa sebab yang jelas, tidak ada kaitannya dengan pengurangan kalori atau olahraga, kemungkinan besar disebabkan oleh penyakit, termasuk kanker.

Selain itu, jika nafsu makan juga ikut terganggu, kemungkinan besar penyebabnya adalah tumor yang bersarang di dalam tubuh. Tumor ini secara dramatis akan meningkatkan metabolisme dalam tubuh dan menyebabkan kondisi seperti ini.

Sakit di Dada

Gejala khas kanker paru-paru adalah nyeri dada, terutama ketika merasakan sakit yang dalam di paru-paru setiap kali mengangkat sesuatu, saat batuk atau tertawa. Selain itu, tanda-tanda nyeri yang menetap di dada dan tidak hilang setelah waktu yang lama juga bisa menjadi tanda kanker paru-paru yang harus diwaspadai..

Sakit tangan dan jari

Nyeri dan kelelahan pada jari bisa menjadi dua tanda peringatan dini kanker paru-paru yang cenderung diabaikan oleh banyak orang. Dalam kebanyakan kasus, ketika kulit telapak tangan menjadi tebal dan putih dengan kerutan yang terlihat, hal itu juga bisa disebabkan karena adanya kanker paru-paru yang bersarang. Jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter guna mengetahui kondisinya lebih lanjut.

Dahak Disertai dengan darah

Batuk berdarah adalah tanda serius adanya masalah di dalam tubuh, meski jumlah darahnya masih relatif sedikit atau pucat.

Jika kamu memiliki kondisi ini, disarankan segera memeriksakan diri karena itu bisa menjadi tanda peringatan dini kanker paru-paru atau penyakit serius di tubuh yang belum disadari.

Perubahan suasana hati

Suasana hati atau mood sering berubah-ubah dengan cepat tanpa bisa kamu kontrol, mudah marah dan sering merasa tidak nyaman, diikuti oleh kelelahan dan bahkan depresi. Ada kemungkinan besar hal ini disebabkan adanya kanker paru-paru atau penyakit kanker tertentu lainnya.

Karena dalam hal ini kanker juga dapat menyebabkan penderitanya memiliki gangguan endokrin, merangsang saraf untuk mengendalikan emosi tertentu.

Leave a Comment