Beranda Handphone Cara Menghilangkan Iklan yang Mengganggu di Ponsel Xiaomi

Cara Menghilangkan Iklan yang Mengganggu di Ponsel Xiaomi

Bukan rahasia lagi bahwa Xiaomi memang dengan sengaja menampilkan Iklan di ponselnya secara default. Menurut keterangannya, hal ini dilakukan sebagai salah satu model pendapatan perusahaan guna menghasilkan uang dari Iklan yang muncul di semua ponsel Xiaomi.

Namun, mereka juga menyebutkan bahwa Iklan ini dapat pula dinonaktifkan atau dihilangkan. Pun demikian, tidak sedikit pengguna baru yang mengaku merasa kesulitan untuk menonaktifkan iklan yang mengganggu di ponsel mereka.

Artikel ini kami tulis sebagai petunjuk bagi mereka yang masih awam dan tidak tahu cara menonaktifkan Iklan di ponsel Xiaomi miliknya. Bagi yang sudah banyak pengalaman di dunia teknologi, pasti sudah tahu caranya dari awal.

Menghapus Iklan dari aplikasi sistem di ponsel Xiaomi

Ponsel Xiaomi
Ponsel Xiaomi

Meskipun Xiaomi telah menjelaskan ini di awal perjanjian dan persetujuan penggunaan ponsel terkait ditampilkannya iklan sebagai revenue model. Namun mereka secara khusus membantah bahwa Iklan tidak muncul di aplikasi sistem.

Sekarang, kita perlu tahu apa itu aplikasi sistem? Aplikasi sistem adalah aplikasi inti yang dibawa ponsel dari pabrik pembuatannya, seperti aplikasi kamera, aplikasi keyboard, peluncur aplikasi, dll.

Xioami menyatakan bahwa area ini tidak diprogram dengan iklan tersembunyi, tetapi banyak pengguna Xioami yang menganggap sebaliknya. Mereka sering mendapati iklan yang tiba-tiba muncul saat koneksi internet aktif.

Mereka telah melihat seperti di Smartphone Xiaomi di mana-mana bahkan di aplikasi sistem, namun semua aplikasi mereka yang lain cukup berat di Iklan, jadi mungkin definisi tampil berbeda untuk Xiaomi.

Iklan semacam ini sering kali mengganggu kinerja ponsel sehingga sistem terasa lambat dan daya baterai juga cepat terkuras meski sedang tidak menggunakan aplikasi khusus.

Menonaktifkan Iklan di aplikasi Musik Bawaan ponsel Xioami

Jika kamu suka menggunakan aplikasi musik default Xiaomi untuk mendengarkan lagu-lagu kesukaan, pasti pernah melihat adanya iklan berbeda-beda yang tiba-tiba muncul. Kita dapat menonaktifkannya dengan masuk ke area pengaturan, lalu kemudian klik pada pengaturan lanjutan.

Di area pengaturan lanjutan, kita akan menemukan opsi ‘Recieve recommendations’ atau ‘Terima Rekomendasi’. Nah di bagian ini kita harus mematikannya.

Setelah mematikan opsi ini, kamu tidak akan lagi melihat dan menerima Iklan apa pun di aplikasi musik default pada ponsel Xiaomi milikmu.

Menonaktifkan Iklan di aplikasi File Manager di ponsel Xiaomi

Buka File Manager atau Pengaturan File, ketuk di sisi kiri bagian atas, lalu ketuk lagi pada ‘Turn off recommendations option’ atau ‘Nonaktifkan opsi rekomendasi’.

Menonaktifkan Iklan di aplikasi keamanan Smartphone Xiaomi

Demikian pula, di aplikasi keamanan Smartphone, kamu perlu mengetuk ikon pengaturan, gulir ke bawah untuk menemukan opsi ‘Terima rekomendasi’, cukup matikan ini untuk menonaktifkan Iklan.

Dengan cara yang sama, kamu dapat menonaktifkan Iklan dari aplikasi Kalender, aplikasi Mi Store, aplikasi Video Player, dll.

Jadi di atas adalah cara mudah bagaimana menonaktifkan iklan di mana saja pada aplikasi default Xiaomi Smartphone. Ada hal lain yang bikin kita agak sebel tentang Smartphone Xiaomi, tak lain adalah ‘pembaruan Otomatis’ dari aplikasi.

Fitur pembaruan otomatis secara default tersedia di aplikasi Play Store, sehingga model ponsel lain selain Xiaomi bisa pula mengalami hal ini.

Tetapi khusus di Smartphone Xiaomi, selain menonaktifkan dari Play Store, kamu perlu mematikan pembaruan otomatis lewat aplikasi Mi store juga.

Kamu perlu membuka aplikasi Mi store, lalu buka ‘Tools/Alat’ di sisi kanan bawah lalu kemudian matikan tombol sakelar untuk ‘Pembaruan Otomatis’.

Menonaktifkan iklan di Ponsel Xiaomi
Menonaktifkan iklan di Ponsel Xiaomi

Setelah melakukan semua ini jika kamu masih melihat adanya iklan yang mengganggu di area notifikasi pada ponsel cerdas milikmu, kemungkinan hal itu dipicu oleh sebuah aplikasi lain, yang dikirim lewat notofikasi.

Kamu dapat menonaktifkan iklan notifikasi ini dengan menemukan aplikasi mana yang menjadi penyebabnya sehingga iklan tidak lagi muncul secara tiba-tiba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here