Beranda Sains Ilmuwan Jepang Akan Cangkok Pankreas Manusia ke Tubuh Babi

Ilmuwan Jepang Akan Cangkok Pankreas Manusia ke Tubuh Babi

University of Tokyo berencana memulai percobaan pencangkokan pankreas manusia pada babi untuk transplantasi menggunakan sel induk berpotensi majemuk, kata seorang profesor yang memimpin proyek tersebut baru-baru ini.

organ tubuh manusia dari babi
Ilustrasi organ tubuh manusia dari babi

Profesor Hiromitsu Nakauchi mengatakan dia berharap bisa meluncurkan proyek pertama di negara itu untuk menumbuhkan organ manusia pada hewan dalam waktu kurang lebih satu tahun, setelah lulus screening dari komite pemerintah dan universitas. Mereka akan menggunakan pankreas rekayasa genetika dalam pengobatan gangguan seperti diabetes serius dalam 10 tahun.

Keputusan tim peneliti Nakauchi muncul setelah pemerintah Jepang mencabut larangan memproduksi hewan dengan embrio yang mengandung sel manusia, karena pasokan organ yang disumbangkan terus berkurang dari jumlah permintaan pasien yang menunggu transplantasi.

Tim Nakauchi akan menyuntikkan sel iPS manusia, yang dapat tumbuh menjadi segala jenis sel, ke dalam embrio babi yang dimodifikasi secara genetis sehingga tidak memiliki kemampuan untuk mengembangkan pankreas. Embrio kemudian akan ditempatkan di rahim induk babi pengganti.

Janin akan diangkat sebelum persalinan untuk memeriksa jumlah jaringan pankreas yang berasal dari sel iPS manusia dan seberapa baik fungsinya.

Pemerintah Jepang masih melarang penempatan telur hewan dibuahi yang mengandung sel manusia dalam rahim manusia serta penggunaan hewan yang diproduksi melalui rekayasa genetika tersebut untuk berkembang biak. Eksperimen serupa yang menggunakan babi telah dilakukan di luar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here