Beranda Lokal Jakarta Membuka Program Mudik Gratis, Ini Cara Pendaftarannya

Jakarta Membuka Program Mudik Gratis, Ini Cara Pendaftarannya

Dinas Perhubungan Jakarta kini telah mulai membuka pendaftaran perjalanan mudik gratis (eksodus) untuk lebih dari 15.000 warga Jakarta menjelang Idul Fitri.

Mudik gratis
Mudik gratis, pulang ke kampung halaman

Idul Fitri menandai berakhirnya bulan Ramadhan, yang akan ditentukan dalam pertemuan sidang isbat yang diadakan oleh Kementerian Agama pada 5 Mei nanti.

Akhir bulan suci Ramadhan diperkirakan jatuh pada tanggal 5 Juni, meskipun tanggalnya masih dapat berubah tergantung pada keputusan pertemuan isbat lain yang biasanya diadakan sehari sebelum Lebaran.

“Kami ingin membantu orang-orang yang hendak kembali ke kampung halaman mereka untuk merayakan Idul Fitri,” kata kepala dinas Perhubungan DKI Sigit Wijatmiko pada hari Minggu seperti diberitakan kompas.com.

Program ini terbuka untuk orang yang memegang kartu ID atau kartu keluarga yang dikeluarkan di Jakarta. Sepuluh kota telah ditetapkan sebagai tujuan bagi peserta program, yaitu Ciamis dan Kuningan di Jawa Barat; Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Surakarta, Wonogiri di Jawa Tengah; Jombang di Jawa Timur dan Yogyakarta.

Untuk berpartisipasi dalam program mudik gratis ini, pelamar diharuskan mengisi formulir pendaftaran di alamat websitemudikgratis.jakarta.go.id. Setelah mendapatkan kode pemesanan, mereka perlu memverifikasi pendaftaran dengan mengunjungi Dinas Perhubungan Jakarta atau agen transportasi setempat pada hari kerja.

“Kami telah menyiapkan 307 bus untuk 16.578 penumpang, serta 139 truk untuk mengangkut 6.255 sepeda motor untuk program ini,” kata Sigit.

Bus akan mulai berangkat dari Monumen Nasional pada 30 Mei. Rombongan mudik dijadwalkan untuk meninggalkan tujuan masing-masing dan kembali ke Jakarta pada 8 Juni 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here