Beranda Kesehatan Jangan Buang Biji Alpukat, Bisa Jadi Obat Diabetes dan Hipertensi

Jangan Buang Biji Alpukat, Bisa Jadi Obat Diabetes dan Hipertensi

Biji alpukat
Biji alpukat

Kebanyakan orang setelah makan buah alpukat pasti langsung membuang begitu saja isinya. Wajar saja karena mereka belum menyadari akan khasiat istimewa dari biji alpukat itu sendiri. Menurut para ahli kesehatan, biji alpukat mengandung 70% manfaat nutrisi buahnya. Namun, ada yang menarik: Anda harus tahu cara memakannya.

Biji alpukat bisa jadi obat penyakit mujarab jika diolah dengan benar. Seperti misalnya diabetes dan tekanan darah tinggi (hipertensi) sesuai judul artikel yang kita bahas kali ini.

Manfaat Biji Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah super lantaran kandungan nutrisi yang disediakannya. Tetapi belum banyak yang tahu bahwa biji buahnya sebenarnya lebih bergizi daripada kulit atau bahkan dagingnya sendiri. Berikut adalah fakta manfaat kesehatan utama dari biji alpukat:

Baca juga: 8 Manfaat Luar Biasa Biji Alpukat yang Jarang Diketahui

Antioksidan

Para peneliti dari Pennsylvania State University menemukan bahwa biji alpukat memiliki lebih dari 70% antioksidan fenolik yang ditemukan dalam keseluruhan buahnya. Antioksidan ini dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol. Tak hanya itu, mengonsumsi biji alpukat juga dapat mengurangi masalahi peradangan, tekanan darah tinggi, dan risiko diabetes. Antioksidan juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Baik untuk Jantung

Biji alpukat baik untuk kesehatan jantung karena memiliki manfaat anti-inflamasi. Seperti telah dijelaskan, khasiatnya bisa menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah. Mengonsumsi biji alpukat dapat mengurangi kemungkinan seseorang mengalami penumpukan plak di arteri dan melindungi kesehatan jantung.

Anti-Peradangan dan Lainnya

Biji alpilat juga baik untuk penderita arthritis karena membantu meredakan nyeri sendi. Selain itu juga berguna dalam menurunkan risiko stroke, kanker, dan radang sendi. Terlebih lagi, bijinya mengandung sifat insektisida, anti-mikroba, dan fungisida.

Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Banyak orang di Amerika Selatan menggunakan biji alpukat untuk mengobati berbagai masalah sistem pencernaan, seperti tukak lambung dan disentri.

Serat

Biji alpukat juga memiliki serat larut dan bahkan sebenarnya lebih kaya nutrisi dibanding sayuran di sekitarnya. Serat larut memiliki banyak manfaat, termasuk menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Baca juga: Avocatin B, Senyawa Biji Alpukat yang Bikin Kanker Mati Seketika

Berikut ini cara mengolah biji alpukat menjadi obat yang mujarab untuk membantu menyembuhkan penyakit dan sekaligus sebagai suplemen kesehatan tubuh.

Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan, diantaranya:

  • ½ biji alpukat
  • Empat buah apel
  • Satu buah pisang
  • Dua buah lemon, kupas kulitnya
  • Secangkir bayam
  • Segenggam peterseli
  • ¼ jahe
  • Satu tangkai seledri

Dengan bahan yang sudah dipersiapkan, ikuti langkah-langkah cara pembuatannya di bawah ini:

  • Masukkan biji ke dalam food processor. Proses sampai berubah menjadi halus dan lembut.
  • Bagilah adonan bijinya menjadi dua bagian yang sama rata.
  • Proses semua bahan lainnya dalam blender atau food processor sampai halus, dan tambahkan setengah bagian biji alpukat. Dalam hal ini, kita hanya perlu menggunakan setengahnya untuk satu porsi.
  • Saring minuman smoothie yang sudah jadi sebelum mengonsumsinya.

Smoothie alpukat ini memiliki rasa asam manis alami yang penuh dengan antioksidan dan manfaat kesehatan untuk tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here