Beranda Psikologi Jawab 7 Pertanyaan Singkat Ini, Jangan Kaget Rahasiamu Kebongkar

Jawab 7 Pertanyaan Singkat Ini, Jangan Kaget Rahasiamu Kebongkar

Tes Kepribadian
Emoticon suasana hati perasaan

Studi ilmu psikologi menunjukkan bahwa tidak ada dua orang di dunia ini yang memiliki kepribadian sama persis. Kepribadian adalah apa yang kita gunakan untuk menggambarkan perilaku seseorang. Perilaku tersebut bisa saja memiliki kecenderungan introvert atau ekstrovert. Tes kepribadian dirancang untuk mengumpulkan data utama tentang perilaku seseorang yang dapat diamati.

Tes kepribadian pertama kali muncul pada tahun 1920-an, awalnya dimaksudkan untuk membantu dalam pemilihan personil, terutama di bidang militer. Sejak itu, sejumlah tes kepribadian telah dikembangkan dan dioptimalkan untuk tujuan yang berbeda. Beberapa di antaranya — seperti MBTI dan Keirsey Temperament Sorter, yang memang benar-benar dibuat untuk membantu orang memahami dirinya secara lebih baik. Tetapi ada pula yang lain dibuat hanya untuk lucu-lucuan.

Meski tujuan tes kepribadian awalnya dikembangkan sebagai alat diagnostik, sebagian besar tes kepribadian saat ini justru hanya dipandang sebagai tes lucu-lucuan saja. Di bawah ini adalah tes kepribadian sederhana yang dapat membantu menggali rahasia karakter terdalam dalam dirimu. Sering kali orang bingung dengan permasalahan yang dihadapi lantaran belum mengenal secara lebih dalam dirinya sendiri. Menilai orang lain itu mudah, tapi menilai diri sendiri, kamu bisa?.

Tes Kepribadian Kubus

Untuk hasil yang terbaik, harap ikuti semua instruksi yang diberikan. Jangan egois, jangan merasa yang paling hebat sendiri, harus bersikap netral. Apa pun yang muncul di kepala pertama kali dari setiap pertanyaan yang diajukan, itulah jawabannya, jangan berubah-ubah.

Ada baiknya juga disediakan kertas dan pulpen untuk menulis jawabannya, agar nantinya lebih mudah untuk mengetahui hasil di akhir. Juga agar lebih konsisten dengan satu jawaban atau mengubah-ubah jawaban seenaknya sendiri agar hasilnya bagus.

Harap ikuti instruksi berikut secara kronologis dan cobalah untuk bersikap jujur. Oke siap!

  1. Pikirkan sebuah ladang yang terbuka. Seberapa besar ladang ini? Ada apa saja di dalamnya? Seperti apa lingkungannya?
  2. Pikirkan tentang kubus. Seberapa besar ukuran kubus tersebut? Terbuat dari apa bahannya? Jika kubus ini ada di ladang, bayangkan di mana letaknya? Seperti apa permukaannya? Apa warna kubus ini? Di mana letaknya (mis. Di tanah, mengambang, dll.) Apakah kubusnya transparan? Jika iya, dapatkah kamu melihat ke dalam (tembus pandang)?
  3. Pikirkan tentang tangga. Seberapa panjang tangga ini? Di mana letak tangganya di ladang? Berapa jarak antara tangga dan kubus?
  4. Pikirkan seekor kuda. Apa warna kuda itu? Apa yang dilakukan kuda itu? Seberapa jauh posisi kudanya dengan kubus?
  5. Pikirkan tentang bunga. Di mana letak bunga-bunga tersebut di ladang?, Berapa banyak jumlahnya?
  6. Pikirkan seperti apa kondisi cuaca di ladang tersebut. Apakah sedang hujan? Cerah? Atau mungkin sedang mendung?
  7. Pikirkan tentang badai (petir). Berapa jarak antara badai dengan kubus? Apakah ini badai besar? Ataukah hanya lewat saja?

Sebelum beralih ke hasil penjelasan, harap bayangkan kembali seluruh skenario di atas sekali lagi. Pastikan gambar di kepala kamu sudah jelas, atau bisa ditulis di kertas saja agar hasilnya lebih jujur.

Hasil Penjelasan Tes Psikologi

Sekarang kamu telah memiliki gambaran yang jelas tentang ladang imajinasi tersebut beserta dengan semua yang ada di dalamnya, saatnya untuk membongkar rahasia terdalam dirimu yang mungkin bahkan belum pernah kamu sadari.

Catatan: Jika tidak ada pilihan jawaban di bawah ini yang sama persis, boleh dipilih yang paling mendekati.

1. Ladang

Ladang mewakili pikiran kamu. Ukurannya adalah representasi dari pengetahuan kamu tentang dunia, dan seberapa luas kepribadianmu. Kondisi ladang (kering, berumput, atau terpangkas rapi) adalah seperti apa kepribadianmu pada pandangan pertama.

Kondisi LadangMakna Kepribadian
Kering dan MatiKamu saat ini merasa pesimis
Berumput dan SehatKamu saat ini merasa optimis
Dipangkas dengan rapiKamu sangat analitis dan hati-hati

2. Kubus

Kubus mewakili Kamu. Ukuran kubus adalah egomu. Permukaan kubus mewakili apa yang tampak dapat diamati tentang kepribadianmu, atau mungkin hal yang kamu ingin orang lain pikirkan tentang dirimu. Tekstur kubus (misalnya halus, kasar, bergelombang, dll.) Mewakili sifat kamu sesungguhnya.

Tekstur KubusMakna Kepribadian
HalusKamu adalah orang yang lemah lembut, berhati-hati agar tidak menyakiti hati orang lain atau membuat mereka merasa tidak nyaman.
Kasarkamu adalah orang yang apa adanya. Kamu cenderung jujur ​​dalam semua hal yang kamu katakan, tidak peduli bagaimana hal itu memengaruhi orang yang kamu ajak bicara.
Tidak Rata atau BergelombangKamu memiliki kecenderungan suka mengkritik orang lain dalam upaya untuk membuat mereka merasa rendah diri terhadapmu.

Warna kubus adalah analisis diri kamu yang lebih mendalam. Setiap warna dapat mewakili emosi, atau keseluruhan kepribadian secara menyeluruh. Namun, warna-warna di bawah ini adalah yang paling umum:

Warna KubusMakna Kepribadian
Merah Kamu aktif secara fisik dan menikmati banyak pengalaman sensorik.
Biru Kamu mudah bergaul dan menghargai kepribadian diri sendiri.
Kuning Kamu cerdas dan menghormati cita-cita orang lain.
UnguKamu cerdas dan sedikit perfeksionis. Kamu juga sedikit misterius.
Abu-abu Kamu percaya diri, mandiri, dan tidak mudah terguncang.
Hitam Kamu memiliki rasa individualitas dan kemandirian yang kuat, serta lebih suka menikmati waktu sendirian.
Putih Kamu baik, mandiri, dan sangat percaya diri.

Karakteristik Kubus Lainnya

Dalam beberapa kasus, karakteristik fisik kubus bisa saja unik;

  • Sebuah kubus dengan permukaan transparan berarti kamu cenderung membiarkan orang lain tahu bagaimana perasaanmu yang sebenarnya. Kamu cukup percaya diri untuk menunjukkan pikiran batinmu yang sesungguhnya, dan juga sangat tulus. Kamu tahu bahwa kamu baik di dalam, dan terlihat apa adanya. Itu pula yang kebanyakan orang lihat tentang dirimu.
  • Sebuah kubus yang terbuat dari air atau es menunjukkan bahwa kamu membiarkan elemen eksternal memengaruhimu sepenuhnya. Kepribadian kamu sensitif terhadap tekanan sosial, hubungan, dan faktor lingkungan lainnya.
  • Sebuah kubus yang berongga, berarti kamu adalah orang yang sangat memerhatikan penampilan luar, namun kurang atau lebih sedikit perhatian terhadap apa yang di dalam. Namun, ini tidak berarti bahwa kamu tidak memiliki apa pun untuk ditawarkan di dalam.
  • Sebuah kubus yang terbuat dari logam atau batu menunjukkan bahwa kamu memiliki integritas yang kuat. Kepribadian kamu begitu kuat sehingga tidak dapat ditekuk atau dipengaruhi oleh kekuatan eksternal apa pun. Kamu dominan dan konsisten.

3. Tangga

Tangga mewakili dua aspek berbeda dalam hidupmu, tujuan dan persahabatan. Pertama, mari kita lihat makna tangga yang kamu bayangkan tentang tujuanmu.

Panjang TanggaMakna KepribadianJarak TanggaMakna Kepribadian
PendekTujuanmu realistis dan sederhanaDekatKamu berupaya maksimal dan fokus dalam mencapai tujuan
PanjangTujuanmu masih jauh diraih dan sulit dicapaiJauhKamu tidak menaruh banyak pemikiran dan upaya untuk mencapai tujuan

Sekarang, lokasi dan bahan tangga juga dapat memberi tahu seberapa dekat kamu dengan teman-temanmu. Sederhananya, semakin dekat tangga ke kubus dan semakin kuat tangga, semakin baik pula kondisi persahabatanmu.

Jarak TanggaMakna KepribadianBahan TanggaMakna Kepribadian
DekatJika tangga imajinasimu dekat demgam kubus, itu artinya kamu sangat dekat dengan teman-temanmu. Semakin dekat atau bahkan mungkin berdempetan, itu berarti teman-temanmu sangat dekat untuk selalu memberi dukungan.KuatSemakin kuat material (mis. Batu, logam, dll.), Semakin kuat ikatannya!
JauhKamu mengalami kesulitan membuka diri terhadap orang lain namun membiarkan mereka mendekati kamu.Lemah Tangga yang lemah menunjukkan ikatan yang lemah antara kamu dan orang-orang di sekitar kamu.

4. Kuda

Kuda mewakili pasangan ideal dalam kehidupanmu. Perilakunya bisa saja sedang bermain, berlarian, atau merumput tepat di sebelah kubus atau menjauh melintasi lapangan.

Aktivitas KudaMaknaWarna KudaMakna
BermainPasangan idealmu tidak menganggap hidup terlalu serius dan terjebak oleh hal-hal kecil.CoklatKamu menghargai kenyamanan dan kesetiaan di atas segalanya. Sebaliknya, kamu tidak memiliki suatu harapan khusus untuk pasangan kamu.
LariPasangan idealmu akan menghargai ruang dan memberi kamu waktu sendirian untuk menenangkan diri.HitamPendapat dari pasanganmu cenderung lebih dominan, menggoda, dan menarik.
Tidur atau MerumputPasangan idealmu tenang dan berkomitmen penuh untuk dirimu.PutihKamu menghargai kesetiaan dan kepercayaan lebih dari apa pun dalam suatu hubungan.

Jika kuda yang kamu pilih memiliki warna yang sama sekali berbeda dari yang tercantum di atas, itu berarti kamu sangat menghargai orisinalitas dan kemandirian pasangan. Kamu ingin bersama seseorang yang mempesona dan menantang.

Satu lagi faktor yang perlu dipertimbangkan tentang kuda adalah jaraknya dari kubus. Jika posisinya sangat dekat dengan kubus, itu menunjukkan bahwa kamu lebih suka hubungan di mana kamu bisa menghabiskan sebagian besar waktu dengan pasanganmu. Jika kuda sedikit lebih jauh dari kubus, itu menunjukkan perlunya pasangan yang akan memahami dan mengakomodasi keinginan kamu untuk waktu sendirian.

5. Bunga-Bunga

Bunga-bunga mewakili keluarga dan teman. Jumlah bunga mencerminkan popularitas kamu, dan lokasinya menunjukkan seberapa dekat kamu dengan kelompok sosial tersebut.

Jumlah BungaMakna
Hanya sedikitKamu dekat dengan keluarga dan memiliki sekelompok kecil teman yang akrab
Banyak Di mana-manaKamu adalah kupu-kupu sosial. Dengan keluarga dan teman yang terlalu banyak untuk dihitung, Kamu tidak akan pernah kesepian.

6. Kondisi Cuaca

Cuaca di Ladang mencerminkan pandangan umum kamu tentang kehidupan. Cuaca yang kamu pilih mencerminkan makna keadaan bawah sadarmu.

CuacaMakna
HujanHujan melambangkan masalah dalam hidupmu. Semakin deras hujan, semakin besar masalahnya.
MendungKamu merasakan ketidakpastian dalam hidup dan mungkin tengah memerjuangkan identitasmu sendiri.
AnginMeskipun kamu cenderung khawatir tentang masalah di masa depan, kamu biasanya lebih bersikap netral dan tidak membiarkannya larut dalam kesedihan.
TerangKamu sangat optimis dan tanpa beban!

7. Badai

Kekuatan dan posisi badai mencerminkan stres yang kamu rasakan dalam hidup. Semakin kuat badai dan semakin dekat ke kubus, semakin tinggi tingkat stres yang kamu alami. Jika kamu membayangkan badai menyambar-nyambar keras tepat di atas kubus, mungkin ada baiknya untuk berupaya mengurangi stres dalam kehidupan sehari-hari kamu.

Intensitas BadaiMaknaLokasi BadaiMakna
Biasa (Hanya sekedar lewat)Meski kamu tidak kebal terhadap stres, Kamu percaya bahwa semua hal pasti akan berlalu.Di belakangHambatan apa pun yang mungkin menyebabkan kamu bersedih tidak terlalu dianggap serius. Kamu pandai mengelola kecemasan yang kamu alami.
Kuat (Menyambar-nyambar)Ketika kamu mengalami stres, kamu terperangkap di dalamnya dan merasa kesulitan untuk keluar lagi.Tepat di atas kubusKamu sangat dipengaruhi oleh stres dan kesulitan untuk melewati masa-masa yang sulit.

Salah satu hal hebat tentang tes kepribadian adalah kemampuannya dalam membuat kita berpikir. Jadi tidak perlu terlalu diambil pusing jika jawaban yang kamu dapatkan di sini tidak terasa super akurat. Intinya tes ini mengajak kita semua untuk berpikir dan introspeksi tentang keadaan diri sendiri. Memperbaiki kesalahan-kesalahan yang mungkin telah menghambat kemajuan kita dalam hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here