Beranda Pendidikan Ke Mana Perginya Matahari Saat di Malam Hari? Jawabannya

Ke Mana Perginya Matahari Saat di Malam Hari? Jawabannya

Gambar bumi
Gambar bumi

Malam telah tiba, matahari tiada bersinar lagi. Ke manakah perginya sang matahari yang senantiasa menyinari bumi?. Jika teman-teman sekalian merasa penasaran dengan fenomena alam ini, sebenarnya matahari tidaklah bergerak ke mana pun alias diam di tempat.

Matahari menghilang begitu saja karena kita hidup di planet yang selalu berputar tanpa henti. Setiap malam, bagian dari planet bumi tempat kita tinggal ini berpaling dari Matahari sehingga yang nampak oleh kita hanyalah kegelapan ruang angkasa. Bumi terus berputar sepanjang malam. Hingga pada siang harinya, sinarnya akan kembali memancar ketika bagian bumi (tempat kita tinggal) menghadap lagi ke Matahari.

Sinar matahari konstan (tidak berkurang)

Matahari adalah bintang terdekat kita yang terletak di pusat tata surya. Sinar matahari memberi planet kita panas dan cahaya konstan alias tetap selama milyaran tahun hingga saat ini, manfaatnya sangat penting bagi keberlangsungan semua kehidupan di bumi.

Matahari di siang hari

Setengah dari planet bumi pada saat ini menghadap ke arah Matahari. jadi di siang hari tersebut, matahari dapat kita amati memancar sangat terang di langit.

Bumi yang selalu berputar

Bumi kita berputar dari barat ke timur atau kiri ke kanan seperti terlihat pada ilustrasi gambar ilustrasi di atas. Karena bagian Bumi ini bergerak ke kanan (timur), Matahari akan terbenam dan malam pun akan dimulai.

Malam yang gelap

Separuh planet bumi menghadap jauh dari Matahari dan tertutup dalam bayangan, sehingga jadilah gelap. Di dunia yang sudah maju seperti sekarang ini, di setiap sudut tempat sudah dipasangi lampu sehingga malam pun tetap terang oleh cahaya lampu.

Meski kita tidak dapat merasakannya, Bumi sebenarnya berputar sangat cepat pada kecepatan 1.040 mph (1,675 kilometer per jam). Jadi pergerakannya sekitar 17 mil (28 km) setiap menitnya.

Cahaya Bulan

Bulan sejatinya adalah bola batu tanpa cahaya. Ia dapat bersinar karena memantulkan sinar matahari, bahkan pada malam hari sekalipun.

Pertanyaan kuis buat kalian jawab:

  1. Apa nama bintang terdekat kita?
  2. Kapan siang hari terjadi di Bumi?
  3. Mengapa Bulan bersinar di langit?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here