Beranda Dunia 7 Keajaiban Dunia Menakjubkan yang Masih Terpelihara Hingga Kini

7 Keajaiban Dunia Menakjubkan yang Masih Terpelihara Hingga Kini

Dunia yang kita tempati ini dipenuhi dengan berbagai keajaiban mengangumkan nan menakjubkan. Dunia dan segala keajaibannya tentu menjadi sebuah topik yang sangat menarik untuk disimak oleh kita semua sebagai makhluk penghuni bumi. Ya, kita sebagai manusia pasti akan terkesima dengan keajaiban-keajaiban yang ada di bumi ini. Nah, berikut ini pembahasan seputar keajaiban-keajaiban di bumi.

Keajaiban-keajaiban Dunia yang Sangat Menakjubkan

Inilah info lengkap tentang keajaiban-keajaiban di bumi yang mungkin belum diketahui oleh kita semua. Keajaiban-keajaiban yang masih tersisi hingga saat ini haruslah dijaga baik-baik kelestariannya. Berikut ini daftar-daftar keajaiban dunia yang merupakan warisan bagi penduduk bumi.

Banaue Rice Terraces di Filipina

Banaue Rice Terraces
Banaue Rice Terraces di Filipina

Banaue Rice Terraces adalah sebuah sawah irigasi kuno berumur sekitar 2000 tahun yang terletak di Gunung Ifugao, Filipina. Sebuah keinginan yang tak muluk-muluk dan wajar jika Filipina merasa sangat puas bila Banaue Rice Terraces dijadikan sebagai keajaiban kedelapan di bumi ini.

Sawah yang “diukir” di Gunung Ifugao diperkirakan dibuat oleh nenek moyang bangsa Filipina dengan menggunakan alat-alat yang sangat sederhana dan tradisional. Sawah ini terletak di ketinggian sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut dan bentuknya mengelilingi lereng gunung sejauh 10.360 kilometer persegi.

Hal yang menakjubkan dari sawah ini adalah nenek moyang mereka yang hidup ribuan tahun lalu sudah mampu mengatur pengairan sawah yang berasal dari hutan sedemikian rupa. Hingga saat ini, para penduduk sekitar masih menanan sayuran dan padi di area persawahan tersebut.

Sementara itu, erosi adalah sebuah ancaman bagi sawah kuno ini. Oleh sebab itulah, pemerintah Filipina bersama penduduk setempat sangat peduli akan hal tersebut. Mereka bersama-sama melakukan perawatan dan rekonstruksi secara berkesinambungan untuk tetap menjaga kelestariannya.

Sigiriya di Sri Lanka

Sirigiya di Sri Lanka
Sirigiya di Sri Lanka

Sigiriya atau dalam bahasa Indonesianya Batu Singa merupakan sisa-sisa peninggalan istana kuno yang berada di atas bukit batu. Istana kuno yang berada di Matale District, Sri Lanka, ini dikelilingi oleh hutan, kebun, dan waduk. Letaknya yang cukup tak biasa atau aneh dan sajian pemandangan di sekitar yang menakjubkan membuat Batu Singa banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Jika dilihat dari udara, istana ini menyerupai lukisan kuno sehingga mengingatkan kita pada Ajanta Caves di India. Sirigiya dibangun pertama kali pada masa pemerintahan Raja Kassapa I yang memerintah sejak 477 sampai 495 AD. Istana kuno ini merupakan salah satu dari tujuh peninggalan kuno di Sri Langka. Sirigiya diperkirakan dihuni sejak masa prasejarah. Pada abad ke-5 BC, tempat ini kemudian dijadikan sebagai biara.

Tower of Hercules di Spanyol

Tower of Hercules di Spanyol
Tower of Hercules di Spanyol

Menara Hercules atau Tower of Hercules merupakan mercusuar kuno peninggalan dari Romawi yang berada di Semenanjung atau sekitar 2,4 kilometer (1,5 mil) dari pusat Corunna, Galicia, sebelah barat laut Spanyol.

Nama Corunna ini berasal dari kolom kuno. Sementara itu, tinggi towernya mencapai 55 meter mengahadap ke pantai Atlantik Utara, Spanyol. Mercusuar Hercules yang merupakan peninggalan Romawi yang hingga kini masih beroperasi ini usianya sekitar 1900 tahun dan direhabilitasi pada 1791. Ini merupakan mercusuar peninggalan Romawi yang masih difungsikan sampai saat ini.

Torun, Kota Kuno di Polandia Utara

Kota Kuno Torun
Kota Kuno Torun

Torun merupakan sebuah kota yang terletak di Polandia Utara, tepatnya berada di Vistula River. Toru dikenal sebagai kota kuno yang sudah ada sejak 1100 BC dan masih eksis sampai saat ini. Torun merupakan kota kelahiran Nicolaus Copernicus, seorang matematikawan, astronom, dan ekonom.

Sementara itu, teori dari Nicolaus yang cukup terkenal yaitu matahari sebagai pusat tata surya. Teori ini mematahkan teori geosentris tradisional yang mengatakan bahwa bumi adalah pusat tata alam semesta. Ini adalah salah satu penemuan paling penting sepanjang zaman sekaligus dianggap sebagai titik awal fundamental bagi astronomi modern dan juga sains modern.

Torun semakin berkembang pesat setalah dibangunnya kota baru di dekatnya. Kedua kota ini pun pada akhirnya berkembang menjadi sebuah pusat perdagangan terpenting pada abad pertengahan. Tempat ini sangat-sangat menarik. Sejak zaman dulu hingga sekarang, Torun banyak dikunjungi. Dulu, Torun dikenal sebagai kota dagang, kini menjadi kota wisata yang identik dengan sejarah masa lalu.

Ajanta Caves di India

Ajanta Caves di India
Ajanta Caves di India

Salah satu dari sekian banyak peninggalan kuno di India adalah Gua Ajanta di Maharashtra. Hal yang cukup menakjubkan dari gua ini adalah banyaknya lukisan dan paung Buddha bernilai senia sangat tinggi. Diduga, monument-monumen yang ada di dalam Gua Ajanta ini mulai dibuat pada abad ke-2 BC. Namun, gua di Ajanta ini lalu ditinggalkan begitu saja.

Hamir selama 1300 tahun gua Ajanta dibiarkan terbengkalai. Di bagian luar, semak belukar tumbuh cukup tinggi dan pada akhirnya menjadi hutan yang secara otomatis menyembunyikan keberadaan gua tersebut. Tak ada satu pun yang pernah tahu bahwa di tempat itu tersimpan warisan kuno yang sangat luar biasa.

Akhirnya, pada 1819, saat musim semi, seorang perwira Inggris tidak sengaja memasuki ngarai yang sangat curam. Semakin dalam masuk, perwira tersebut sangat kaget sebab menemukan sebuah pintu yang tersembunyi di salah satu gua. Inilah kunjungan pertama setelah ribuan tahun tak dikunjungi.

Saat ditemukan, gua tersebut hanyalah berupa rumah bagi burung, kelelawar, dan hewan-hewan lainnya. Perwira yang bernama Kapten Smith ini lalu melakukan eksplorasi pertamanya untuk mengetahui isi dari gua ini. Nama perwira ini diketahui, sebab dirinya menulis nama dan tahun kedatangannya di dinding gua, yaitu “Kapten Smith, April 1819”.

Lembah Bunga di Himalaya

Lembah Bunga di Himalaya
Lembah Bunga di Himalaya

Lembah Bunga ini terletak di ketinggian Himalaya. Para pendaki dan juga kalangan ahli botani menggambarkan bahwa lemah ini sangat indah luar biasa. Lembah Bunga ini diperkirakan telah ada sejak lebih seabad yang lalu. Bahkan, di dalam mitologi Hindu, visualisasi keberadaan Lembah Bunga telah ada sejak zaman dahulu kala.

Hamparan luas yang lembut dan padang rumput dengan bunga-bungaan berwarna-warni terlihat begitu indah serta nyaris menyesakkan napas melihatnya. Lembah bunga yang begitu indah semakin sempurna dengan tambahan background gunung dan juga hutan. Lembah Bunga ini ditetapkan sebagai taman nasional atau bernama Nanda Devi National Park pada 1982. Penduduk setempat yang mengetahui keberadaan lembah ini sangat yakin bahwa tempat tersebut dihuni kawanan peri.

Meteora – Bangunan di Puncak Gunung Athos, Yunani

Meteora Yunani
Meteora Yunani

Meteora adalah sebuah bangunan di puncak Gunung Athos, Yunani, yang sangat menakjubkan. Bagaimana mungkin sebauh kastel mampu berdiri kokoh di puncak gunung batu? Sangat terbayang bagaimana sulitnya membangun bangunan yang usianya sudah ratusan tahun tersebut di puncak gunung.

Bangunan ini merupakan kompleks-kompleks biara ortodoks Timur terbesar dan terpenting di Yunani. Biara-biara ini tepatnya dibangun di puncak gunung batu Athos. Terdapat enam biara di kompleks bangunan ini. Meteora terletak di kawasan Thessaly, berdekatan dengan Pineios, pinggir barat laut Yunani Tengah.

Hal yang cukup unik yaitu akses menuju ke tempat ini cukup sulit. Pada zaman dulu, untuk menuju ke biara konon digunakan tangga panjang atau seperti jala. Alat ini digunakan untuk menaikkan dan menurunkan barang, termasuk juga manusia. Selain itu, diperlukan juga kekuatan iman untuk mencapainya.

Itulah 7 keajaiban dunia yang hingga kini masih terpelihara dengan baik. Mudah-mudahan informasi ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan Anda dan kita semua tentunya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here