Beranda Dunia Inilah Kebun Paling Mematikan di Dunia, Isinya Tanaman Racun Semua

Inilah Kebun Paling Mematikan di Dunia, Isinya Tanaman Racun Semua

Pintu masuk Kebun Racun
Pintu masuk Kebun Racun

Seperti namanya, Poison Garden atau Kebun Racun memang bukan taman kebun yang tampak menyegarkan seperti pada umumnya. Di sini terdapat lebih dari 100 spesies tanaman beracun, yang sebagian besar sangat mematikan. Meskipun sudah ada larangan untuk menyentuh, mencium, apalagi sampai mencicipi tanaman-tanaman ini, beberapa pengunjung ada yang pingsan karena hanya menghirup asapnya.

Terletak tepat di sebelah Kastil Alnwick di Northumberland, Inggris, Taman Alnwick pada awalnya didirikan oleh Hugh Percy, Kepala daerah (Duchess) pertama Northumberland, pada tahun 1750. Pada akhir abad ke-19, berkat upaya kepala daerah berikutnya (ke-4), kebun tersebut dibangun lebih layak lagi dengan ditanamnya berhektar bunga, jeruk lemon dan yew topiary.

Namun, selama masa kampanye “Dig for Victory” Perang Dunia II, Alnwick Garden digunakan untuk menanam tanaman dan menyediakan bahan makanan. Pada abad ke-20, karena penghematan pasca-perang, taman kebun itu rusak dan ditutup pada tahun 1950.

Kebangkitan Taman Alnwick dimulai pada tahun 1997 berkat tangan Jane Percy, Duchess ke-12 Northumberland. Dengan bantuan arsitek lanskap terkenal di dunia Jacques dan Peter Wirtz, Jane Percy mengembalikan taman itu ke kejayaannya sebelumnya. Hari ini, Taman Alnwick adalah kompleks taman kontemporer menakjubkan yang menampilkan air terjun, labirin terowongan bambu, kebun ceri, bar, restoran, dan salah satu rumah pohon terbesar di dunia. Dengan total biaya pengembangan £42 juta, Taman Alnwick menjadi taman paling ambisius yang dibangun di Inggris sejak Perang Dunia II.

Tanaman Beracun Baru Ada pada tahun 2005

Taman Alnwick
Taman Alnwick

Terinspirasi oleh Orto Botanico di Padova di Italia, Lady Percy memutuskan untuk menambahkan bagian ke kompleks taman yang akan didedikasikan sepenuhnya untuk tanaman beracun. The Poison Garden ditambahkan pertama kali pada tahun 2005. Meskipun ini hanya bagian kecil dari Taman Alnwick yang sangat luas, nyatanya banyak pengunjung yang hanya memilih berkunjung area tersebut.

Jane Percy percaya bahwa belajar tentang sifat penyembuhan tanaman tidak cukup. Orang-orang, terutama anak-anak, perlu belajar tentang bagaimana tanaman juga dapat membunuh. Membiasakan dan mendidik diri sendiri dengan tanaman mematikan. Banyak yang tumbuh secara alami di halaman belakang kita namun tidak disadari, tidak hanya penting tetapi juga menarik, kata Jane Percy.

Poison Garden saat ini memiliki koleksi tanaman mematikan yang luas, banyak di antaranya telah diimpor dari berbagai penjuru dunia. Spesies yang paling terkenal dalam daftar termasuk Strychnos nux-vomica (umumnya dikenal sebagai “pohon strychnine,” sumber utama strychnine), Ricinus communis (sumber minyak jarak dan juga racun mematikan yang disebut “risin”), hemlock (yang mengandung alkaloid beracun dan fatal bahkan dalam dosis kecil), Laburnum (juga dikenal sebagai “pohon rantai emas”), Brugmansia Amerika Selatan (afrodisiak luar biasa yang juga dapat membunuh manusia), Atropa belladonna (umumnya dikenal sebagai “belladonna” atau “deadly nightshade”), Foxglove (tanaman cantik namun mematikan), dan banyak lainnya.

Pengunjung tidak diizinkan memasuki Kebun Racun tanpa Dampingan

Setelah mencapai pintu masuk Kebun Racun, Pengunjung akan disambut oleh sepasang gerbang hitam besar dengan tanda yang mengatakan “Tanaman Ini Bisa Membunuh.” Meskipun sudah terpampang begitu jelas dengan dibumbuhi gambar tengkorak dan tulang bersilang, nampaknya masih tidak cukup untuk menghalangi pengunjung masuk.

Meskipun begitu, Pengunjung tetap tidak akan diizinkan masuk tanpa adanya petugas pemandu, keamanan di sana selalu siap sedia 24 jam untuk memastikannya. Di dalam, kita akan menemukan informasi terperinci tentang setiap tanaman dan toksisitasnya.

Beberapa tanaman juga disimpan di dalam sangkar karena saking beracunnya. Pengunjung tidak diperbolehkan menyentuh, mencium, apalagi mencicipi tanaman apa pun. Bahkan, pada 2014, tujuh pengunjung pingsan hanya karena menghirup asap beracun.

Sebagai salah satu atraksi paling populer di Northumberland, Taman Alnwick menerima sekitar 800.000 pengunjung setiap tahunnya. Jadi jika Anda kebetulan mungkin di Inggris, jangan lupa berkunjung ke Taman Alnwick ya?. Namun tetap harus hati-hati jika memasuki Kebun Racun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here