Beranda Kesehatan Kepala Pusing Karena Anemia, Konsumsi Ini Darah Normal Kembali

Kepala Pusing Karena Anemia, Konsumsi Ini Darah Normal Kembali

buah delima
Buah delima

Kekurangan darah atau anemia memengaruhi sekitar 25% populasi dunia dengan sebagian besar penderitanya tidak benar-benar menyadari bahwa mereka sebenarnya mengalami kondisi ini. Meskipun anemia efeknya tidak terlalu fatal, dampaknya bisa sangat mengganggu dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka yang cenderung menderita anemia biasanya adalah orang yang suka pilih-pilih soal makanan atau tidak makan makanan yang sehat. Wanita lebih rentan terkena anemia, tetapi ini bukan berarti bahwa pria juga tidak bisa mengalami kondisi ini. Meskipun ada kasus anemia berat yang disebabkan oleh masalah genetik, sebagian besar kondisi anemia sebenarnya dapat dengan mudah diobati.

Salah satu gejala yang lumrah dialami oleh orang yang mengalami kekurangan darah (anemia) adalah kepala sering tiba-tiba pusing atau setelah duduk lama, kemudian bangun, pandangan mata langsung gelap berkunang-kunang. Penderitanya seringkali juga lemah tak berdaya, gampang capek dan tenaganya tidak maksimal. Jika Anda mengalami anemia dan ingin sembuh dengan menormalkan kembali jumlah darah, cobalah untuk mengonsumsi secara teratur beberapa makanan di bawah ini:

Buah delima

Buah delima diperkaya dengan zat besi serta mineral lain yang penting untuk menghasilkan lebih banyak darah dalam sistem tubuh. Kelebihan lainnya dari buah ini adalah kaya akan vitamin C yang terbukti dapat meningkatkan kemampuan tubuh menyerap zat besi. Anda bisa memakan buahnya secara langsung dari pohonnya atau diblender dan dibuat jus delima.

Sayuran hijau berdaun

Obat ralami lain yang bisa dikonsumsi guna membantu meningkatkan asam folat dan zat besi dalam tubuh adalah makan sayuran hijau berdaun. Makan kangkung dan bayam dapat meningkatkan jumlah darah dalam tubuh, pastikan pula sayuran yang hendak dikonsumsi adalah organik dan bebas dari pengaruh obat-obatan kimia buatan.

Hati

Daging hati sebenarnya adalah salah satu makanan paling bergizi yang bisa kita makan karena mengandung banyak zat besi termasuk vitamin dan mineral lainnya. Jika Anda menderita anemia, cobalah konsumsi daging hati untuk membantu meningkatkan jumlah darah dalam tubuh. Namun begitu jangan berlebihan ya, jika sudah sembuah, asupan makanan harus dikurangi.

Coklat hitam

Cokelat hitam telah ditemukan mengandung banyak zat besi serta probiotik yang baik untuk usus. Jika Anda ingin mengonsumsi cokelat jenis ini sebagai obat untuk anemia, pastikan untuk memilih cokelat hitam yang mengandung 70% kakao (cokelat asli).

Daging

Makanan lain yang dapat membantu meningkatkan jumlah zat besi dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi daging. Daging domba dan juga daging merah adalah salah satu sumber zat besi terbaik. Mengonsumsi daging dicampur dengan sayuran hijau serta suplemen lainnya sangat ampuh dalam mengatasi masalah anemia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here