Beranda Kesehatan Ketahui 5 Jenis Olahraga yang Justru Bikin Orang Cepat Tua

Ketahui 5 Jenis Olahraga yang Justru Bikin Orang Cepat Tua

Seorang wanita sedang berolahraga
Seorang wanita sedang berolahraga

Melakukan aktivitas fisik dan tetap aktif memang telah terbukti dapat membantu tubuh tetap sehat. Tetapi ada beberapa jenis latihan atau olahraga yang sejatinya malah memberikan tekanan yang tidak perlu pada otot, tulang, dan bahkan sistem kardiovaskular kita.

Stres ini dapat menyebabkan komplikasi dan cedera yang justru berefek pada penampilan fisik seseorang. Berikut adalah beberapa jenis olahraga yang justru dapat membuat seseorang jadi lebih cepat tua (jika dilakukan secara tidak efisien).

Latihan Perut

Sebagian besar latihan perut, seperti crunch, twists dan sit-up tidak akan memberikan efek apa pun selain tekanan yang tidak semestinya pada tulang belakang dan leher. Latihan ini juga dapat meningkatkan risiko cedera tulang belakang, postur yang buruk dan peradangan otot. Intinya, kalau melakukan latihan keras ini tidak boleh berlebihan apalagi sampai mencederai otot dan tulang.

Latihan Kardio

Cardio dapat membantu, jika dilakukan dengan benar, tetapi tidak memperlambat proses penuaan. Jika melakukan sesi kardio dengan durasi yang cukup lama, hal itu justru akan memecah otot dan meningkatkan produksi radikal bebas. Radikal bebas ini merusak sel-sel di tubuh dan mempercepat penuaan.

Sit-up

Sit-up juga termasuk dalam latihan yang dapat membuat seseorang bertambah tua lebih cepat. Sebenarnya kita tidak harus terlalu bergantung pada sit-up untuk menghilangkan lemak perut atau menjaga perut tetap rata.

Alih-alih ‘menganiaya’ tubuh sendiri secara berlebihan, baiknya Anda harus lebih memperhatikan bagai mana diet atau pola makan. Apa yang kita konsumsi itu yang sebenarnya lebih penting diperhatikan.

Yoga

Yoga telah ada sejak lama selama ribuan tahun dan masih ada hingga kini karena sangat efektif dalam meningkatkan koneksi pikiran-tubuh, kesadaran batin dan kesehatan spiritual seseorang. Tapi, tidak semua jenis gerakan yoga selalu efektif.

Fungsi yoga utamanya adalah untuk membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan fleksibilitas tubuh, tetapi hal itu tidak akan merangsang hormon “awet muda” kita.

Angkat Beban Berat

Olahraga angkat beban berat memang baik untuk banyak hal, tetapi itu bukan cara terbaik untuk menjaga diri tetap awet muda. Beban yang berat tersebut akan menyebabkan otot mengalami tekanan serius, yang dapat memicu cedera, dan penuaan fisik lebih cepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here